Apa Itu Smart TV? Apa Itu TV Pintar?

Apa itu smart tv? Smart tv ,ebih dikenal oleh masyarakat dengan nama TV yang terhubung (CTV) adalah TV tradisional yang telah terintegrasi dengan sambungan internet yang mana didalamnya sudah dilengkapi dengan fitur web 2.0.dengan adanya fitur ini pengguna akan dapat dengan mudah untuk streaming video dan berbagai musik, melihat foto-foto, serta menjelajah internet. Smart TV adalah terobosan teknologi baru yang telah terkonvergensi dengan komputer, set top box, serta televisi. Selain sebagai televisi dengan kemampuan televisi pada umumnya, pada smart tv juga terdapat set top box yang akan memiliki fungsi untuk mengakses media penyiaran tradisional. Selain itu di smart TV juga tersedia media interaktif online, konten over the top (OTT), TV internet, serta media masa streaming sesuai permintaan dan juga akses jaringan rumah.

Smart TV atau sebuah perangkat TV pintar atau lebih sering kita sebut smart tv adalah suatu perangkat televisi yang menawarkan kepada kita berbagai kemampuan komputasi serta konektivitas yang lebih maju jika dibandingkan dengan perangkat TV dengan standart dasar kontemporer, smart tv ini juga memiliki kemampuan internet yang telah terintegrasi dengan set top box. Selain itu Smart TV ini juga adalah salah satu alat teknologi informasi serta sistem komputer yang berasal dari komputer genggam yang telah terintegrasi dengan unit televisi. Dengan desain teknologi tersebut membuat smart tv ini dapat digunakan oleh para penggunanya untuk menginstal dan memasukkan serta menjalankan berbagai aplikasi. Lebih dari pada itu smart tv ini juga dalat menjalankan aplikasi atau plugins atau addon yang sudah lebih berkembang dan terdepan dibandingkan dengan platform televisi yang lain. Smart tv juga didesain dapat menjalankan berbagai sistem operasi secara lengkap dan terpadu sehingga smart tv dapat disebut sebagai suatu sistem operasi seluler yang telah menyediakan platform untuk mengembangan dan menjalankan berbagai aplikasi. 

Sekarang ini Smart tv ini telah menyediakan berbagai macam konten yang akan membuat anda dapat menyambungkan ke berbagai konten yang telah dibuat oleh para pengguna baik yang disimpan dalam hard drive eksternal ataupun yang disimpan dalam penyimpanan cloud. Lebih dari pada itu smart tv juga telah mampu mengoneksikan hidup kita dengan berbagai aplikasi internet seperti youtube dan juga menyambungkan hidup kita ke berbagai layanan interaktif yang lain, yang mana hal tersebut tidak kalah menarik. Beberapa perangkat smart tv menggunakan streaming adaptif yaitu HTT live streaming yang biasa kita kenal dengan nama HLS. Smart tv juga akan memfasilitasi pembuatan konten tradisional yang menggabungkan berbagai informasi yang berasal dari konten penyedia TV dan juga dari internet. Smart tv juga menawarkan kepada pengguna bagaimana cara untuk melacak serta menerima pengingat tentang suatu acara seperti acara olahraga dan juga bagaimana cara memberikan layanan untuk mengubah saluran menjadi saluran siaran TV langsung. Beberapa diantaranya juga menawarkan penampilan tambahan yang berupa tatap muka pengguna untuk melihat navigasi dan juga interaksi yang lain di smart tv. Input gerakan spasial seperi xbox kinect atau pengenalan suara atau antarmuka pengguna bahasa alami . smart tv juga mengembangkan fitur-fitur baru yang digadang-gadang akan dapat memuaskan para konsumen dan perusahaannya. Proses pembayaran baru bisa dengan LG atau paymenrwall yang saat ini  telah berkolaborasi untuk memberikan akses kepada konsumen mengenai aplikasi yang dapat dibeli, film, game, dan juga yang lain. Dapat menggunakan tablet, remote control, laptop, dan smartphone lainnya. Hal ini diperuntukkan untuk memudahkan konsumen untuk check out.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *