Pengertian Actinic Keratosis dan Gejalanya

Actinic Keratosis  merupakan salah satu kondisi dimana kulit akan menjadi lebih kasar, menebal dan juga bersisik. Keadaan tersebut biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, keadaan tersebut bisa juga disebabkan oleh penggunaan alat tanning yang biasanya digunakan untuk menghitamkan kulit. Penyakit tersebut biasanya akan dialami oleh orang yang sudah berusia di atas 40 tahun. Keadaan ini juga bisa saja dialami oleh mereka yang biasanya berada terlalu lama di bawah paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama.

Biasanya penyakit ini akan berkembang dalam waktu yang sedikit lebih lama dan tidak disertai dengan gejala yang serius. Meskipun memang jarang terjadi, akan tetapi bila dibiarkan kondisi tersebut dapat memicu munculnya penyakit kanker kulit. Penyebab paling utama penyakit tersebut karena paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama atau bisa juga disebabkan oleh mereka yang menggunakan alat tanning kulit atau penghitaman kulit.

Ada banyak sekali faktor-faktor yang menjadi penyebab kenapa seseorang terkena penyakit tersebut. Selain paparan sinar matahari secara langsung dan pengaruh usia, biasanya juga bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab seperti kulit yang sensitif, imun dalam tubuh lemah yang disebabkan oleh beberapa penyakit seperti kanker atau HIV. Berikut ini adalah beberapa gejala yang timbul saat terkena penyakit tersebut:

  1. Gejala pertama yang muncul biasanya akan ditandai dengan kulit yang akan menjadi kasar dan menebal. Untuk kondisi yang lebih parah biasanya kulit akan menebal seperti kutil. Selain itu juga bisa ditandai dengan kulit yang mulai bersisik dan sangat kering. Warna kulit juga akan menjadi berubah yakni kemerahan atau bahkan juga bisa berubah menjadi coklat.
  2. Pada area yang mengalami penyakit tersebut biasanya memiliki ukuran kurang lebih2,5 cm atau bisa juga lebih kecil. Untuk kondisi yang sudah parah biasanya akan ditandai dengan rasa sakit yang muncul akibat dari adanya rasa gatal atau panas yang pada area sekitar kulit yang terinfeksi penyakit tersebut. Kondisi tersebut biasanya akan terjadi di beberapa bagian tubuh seperti di pelipis, dahi, bibir, telinga, leher dan juga punggung tangan.

Apabila Anda saat ini menemukan beberapa gejala di atas ada pada tubuh Anda. Segera pergi ke dokter untuk memeriksa pemeriksaan yang lebih lanjut sehingga penyakit tidak semakin parah keadaannya. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk segera bertemu dan melakukan konsultasi dengan dokter apabila mendapati adanya pertumbuhan jaringan yang muncul dan tidak biasa pada permukaan kulit. Selai itu, untuk gejala yang sudah parah biasanya juga akan muncul beberapa benjolan atau munculnya jaringan kulit yang baru dan permukaan kulit berubah menjadi sangat kasar.

Orang yang menderita penyakit Actinic Keratosis biasanya akan mengalami gejala yang muncul secara perlahan yakni perubahan warna kulit. Apabila sudah mendapati gejala tersebut dokter akan segera melakukan pemeriksaan pada permukaan kulit untuk mendapatkan diagnosa yang lebih serius. Meskipun memang penyakit tersebut akan sembuh dengan sendirinya, tetapi Anda juga tidak boleh menganggap remeh hal tersebut. Tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan supaya terhindar dari penyakit tersebut adalah gunakan krim yang bisa melindungi kulit dari tabir surya secara langsung. Selain itu jikalau memang kegiatan mengharuskan Anda untuk bekerja di bawah terik panasnya sinar matahari pakailah masker dan payung sehingga kulit tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.