Tips Pintar yang Bisa Diterapkan untuk Menghindari Beli Mobil Bekas Banjir

Ketika beli mobil bekas ada beberapa kondisi mobil yang harus dihindari. Sebelum membelinya penting untuk mengetahui sejarah dari mobil tersebut sehingga nantinya bisa untuk menghindari kondisi mobil bekas yang kurang baik dan juga bahkan akan mengalami kerusakan dengan cepat ketika digunakan. Salah satu hal yang harus dihindari ketika membeli mobil bekas adalah mobil bekas banjir. Hal tersebut penting untuk dihindari sehingga nantinya Anda mendapatkan mobil yang mempunyai kondisi yang masih bagus. Selain dengan menayangkan sejarah dari mobil bekas tersebut apakah pernah terkena banjir atau tidak, beberapa tips lainnya yang dapat untuk mengetahui mobil tersebut pernah terkena banjir atau tidak adalah sebagai berikut ini:

Lokasi mobil

Tips pertama untuk mengetahui apakah mobil tersebut pernah terkena banjir adalah dengan mengecek mobil tersebut adalah dari lokasinya. Anda bisa untuk mengeceknya pada peta apakah daerah mobil yang akan dibeli rawan terhadap banjir. Anda bisa untuk melihat dan memeriksa STNK mobil tersebut sehingga mendapatkan alamat dari pemilik mobil bekas tersebut. Sangat penting untuk mengetahui lokasi mobil tersebut dengan pasti sehingga nantinya Anda mengetahui apakah lokasi mobil selama ini rawan banjir, karena apabila berada di daerah tersebut maka hal tersebut mempunyai kemungkinan mobil pernah mengalami kebanjiran sehingga akan membuat kualitasnya menurun.

Aroma mobil

Hal selanjutnya untuk mengetahui kondisi mobil bekas yang akan dibeli apakah pernah terkena banjir atau tidak adalah dari aroma interior mobil tersebut. Periksa dengan teliti mengenai kondisi ini dan dapat diketahui dengan lebih mudah. Apabila mobil mempunyai aroma yang tidak sedap biasanya hal tersebut disebabkan oleh bekas banjir. Karena mobil yang pernah terendam banjir akan mempunyai bau yang sama dengan air banjir sehingga membuat baunya apek dan tidak sedap. Oleh karena itulah periksalah kabin mobil sehingga Anda mengetahui dengan pasti aroma mobil tersebut. Curigalah juga apabila mobil tersebut mempunyai bau semerbak yang tidak wajar karena bisa jadi cara untuk menghilangkan bau dari bekas banjir.

Memeriksa bagasi mobil

Pertimbangan selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan memeriksa bagasi mobil. Periksalah dengan detail interior dan juga bagasi mobil yang akan dibeli. Seperti dengan melihat karpet, di bawah jok, dan juga di jok itu sendiri. Mobil yang pernah terendam banjir akan mempunyai noda lumpur yang tidak sepenuhnya hilang. Oleh karena itulah perhatikan dengan detail apabila masih ada bekas tersebut. Selain itu apabila karpet dan jok telah diganti dengan yang baru maka juga tanyakan mengapa mereka diganti.

Memperhatikan embun pada kaca

Tips selanjutnya adalah dengan memperhatikan embun yang ada pada kaca mobil. Biasanya untuk kaca mobil yang berembun tetapi mempunyai kondisi yang masih bagus hal tersebut juga bisa sebagai penanda bahwa mobil tersebut pernah terkena air atau terendam banjir. Oleh karena itulah Anda bisa untuk melakukan pengecekan pada kondisi kaca mobil. Periksa juga pada lampu apakah meninggalkan bekas embun atau tidak.

Cek karat mobil

Tips selanjutnya untuk mengetahui apakah mobil bekas yang akan beli pernah terendam banjir atau tidak adalah dengan mengecek bagian mobil yang berkarat. Hal ini penting ketika akan beli mobil bekas sehingga terhindarkan dari mobil yang pernah terendam banjir. Cek karat dan juga apakah ada bekas noda lumpur yang masih bisa ditemukan pada mobil yang akan dibeli seperti pada bagian interior, bemper, dan bagian bawah mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *