Saat ini, ada banyak produk kulkas di pasar elektronik. Setiap produsen berlomba-lomba menghadirkan kesan kualifikasi, desain, inovasi teknologi, bahkan kemewahan pada produk kulkasnya.

Persaingan dari produsen lemari es ini tentunya memberikan keuntungan bagi kita dari sisi konsumen karena memiliki begitu banyak pilihan. Tapi bagaimana Anda memilih kulkas yang tepat?

Bagaimana memilih kulkas yang tahan lama

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar permintaan konsumen akan barang elektronik rumah tangga dipengaruhi oleh kualitas produk. Banyak peralatan lemari es berumur pendek dan pada akhirnya merugikan konsumen.

Melihat hal tersebut tentunya kita harus lebih jeli dan cerdas dalam memilih lemari es yang sesuai dengan kebutuhan kita. Hindari faktor yang membuat Anda memilih kulkas hanya karena tren dan gengsi, yang seringkali tidak diperhatikan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli kulkas.

  1. Kapasitas ruang lemari es

Yang pertama adalah kapasitas atau volume ruang lemari es. Setiap rumah membutuhkan kulkas yang berbeda. Misalnya, jika Anda memiliki keluarga besar dan melakukan banyak belanja setiap bulan, tentu lebih baik memilih kulkas berkapasitas besar.

Dilansir dari laman laciusang.com, Di sisi lain, jika Anda memiliki kurang dari empat orang dalam keluarga Anda dan Anda jarang membeli makanan dalam jumlah besar, Anda mungkin disarankan untuk membeli kulkas berkapasitas kecil hingga sedang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyesuaikan kapasitas lemari es sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Dimensi

Ruang untuk lemari es juga perlu diperhatikan. Anda bisa membeli kulkas berkapasitas besar atau besar.

Namun, Anda perlu memperhitungkan bahwa semakin besar kapasitas lemari es, semakin besar ukuran keseluruhan lemari es. Kulkas bervariasi dalam ukuran, dari kulkas besar hingga kulkas mini kecil.

Jangan membuat ruangan sempit, lalu taruh kulkas besar. Hal ini pasti akan mengganggu tata ruang interior rumah Anda dan lebih parahnya lagi, membuat rumah Anda semakin ramai.

  1. Desain

Nah, tentang cara memilih lemari es yang bagus di stand ini, bisa dibilang semuanya kembali kepada Anda. Mengapa? Hal ini dikarenakan desain eksterior kulkas dapat dipilih sesuai dengan selera dan kepuasan pribadi.

Anda bisa memilih kulkas dengan desain dan warna yang sesuai dengan gaya interior dapur Anda. Eksterior lemari es yang menarik dapat membuat suasana dapur Anda menyenangkan.

  1. Kualitas dan kualitas

Dari segi kualitas dan kualitas, tentu tidak ada yang akan mengatakan tidak, yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih kulkas yang baik. Anda tentu tidak ingin memiliki lemari es yang bagus, tetapi bodinya rentan terhadap karat atau engsel pintu atau kerusakan mesin.

Oleh karena itu, periksa bahan dan bahan yang digunakan dalam lemari es secara keseluruhan. Anda bisa memilih lemari es yang kokoh dan terbuat dari bahan pre-coated material (PCM).

Kemudian, jangan lupa untuk memperhatikan apakah pintu lemari es kencang atau longgar, kaki-kaki yang menopang lemari es, dan engsel pintu. Oleh karena itu, Anda harus jeli melihat dan mempertimbangkan masalah bahan dan bahan, agar kulkas yang Anda beli tidak mudah rusak.

  1. Teknologi pendinginan

Saat memilih kulkas yang bagus, Anda juga perlu mempertimbangkan masalah teknologi pendinginan. Setiap orang membutuhkan lemari es dengan berbagai kapasitas pendinginan.

Sebagai informasi tambahan, kebanyakan lemari es yang bagus memiliki label berupa gambar bintang di kanan atas pintu lemari es.

Kulkas dengan gambar bintang 3, hingga 5. Nomor ini memiliki definisi khusus untuk teknologi pendinginan yang dibawa oleh lemari es yang bersangkutan.

Untuk lemari es dengan label bintang 3 menunjukkan kapasitas pendinginan yang disediakan sebesar -150°C. Sedangkan untuk lemari es bertanda bintang 5 berarti suhu produksi maksimal mencapai -210 °C.

Oleh karena itu, pilihlah kulkas dengan fungsi pendinginan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Karakteristik pendinginan

Setiap merek kulkas memiliki fungsi pendinginan yang berbeda. Fitur utama yang harus ada adalah aliran udara multi. Kulkas yang menawarkan fitur ini mampu mendinginkan suhu seluruh ruang kulkas secara merata.

Artinya tidak ada bagian yang dingin dan bagian lainnya tidak terlalu dingin. Pelajari tentang setiap merek kulkas yang menarik dan kemungkinan pilihan Anda, lalu pelajari tentang kemampuan pendinginannya.

  1. Fitur Kontainer

Anda juga perlu mempertimbangkan fungsionalitas wadah yang dipasang di semua bagian ruang lemari es. Misalnya, rak telur harus memiliki lubang, dan wadah daging dan ikan harus dipisahkan dari wadah makanan lainnya.

Selain itu, wadah buah tidak memiliki lubang agar tetap segar, dan wadah penyimpanan sayuran harus memiliki lubang untuk sirkulasi udara dan suhu agar tetap segar.

Rak makanan dan minuman di dalam lemari es harus dapat diatur agar mudah digunakan.

Pada saat yang sama, wadah pembuangan di bagian belakang badan lemari es harus memiliki sirkulasi udara yang baik untuk memudahkan uap air cepat menguap.

  1. Konsumsi Listrik

Biasanya banyak keluhan tentang masalah listrik, terutama ibu rumah tangga. Eits, tapi tenang sekarang, kamu bisa memilih lemari es yang menawarkan teknologi pendinginan hemat energi.

Hal ini sangat penting untuk kesehatan ekonomi keluarga Anda sehingga bisa lebih hemat dan terjangkau. Oleh karena itu, mempertimbangkan masalah kelistrikan mungkin menjadi salah satu tolok ukur prioritas Anda.

  1. Jenis lemari es

Secara umum, ada dua jenis lemari es, freezer (freezer) dan non-freezer (model lemari es penuh), yang lebih unggul dalam hal kapasitas penyimpanan.

Lemari es dua pintu memiliki kapasitas lemari es dan freezer yang lebih besar daripada lemari es satu pintu, sehingga dapat menyimpan makanan dengan lebih leluasa.

Namun, lemari es multi-pintu memiliki kapasitas yang lebih besar. Kulkas ini juga memungkinkan kita untuk menyimpan berbagai makanan dalam kondisi yang optimal.

Pasalnya, lemari es multi pintu memiliki kompartemen khusus untuk kebutuhan tertentu. Misalnya, zona pembekuan lunak sangat ideal untuk menyimpan daging dan ikan.

Fitur soft-freeze ini membuat makanan hanya sedikit beku, sehingga mudah untuk langsung diproses. Nah, hal ini tentunya perlu diperhatikan saat memilih kulkas, karena apa saja kebutuhan Anda?