4 Tips untuk Pelamar MBA Dari Latar Belakang Keuangan

Challenges Facing Older MBA Applicants | Stacy Blackman Consulting - MBA  Admissions Consulting

Siswa dengan latar belakang keuangan merupakan persentase terbesar dari kelas masuk di sekolah bisnis top. Banyak perusahaan membutuhkan gelar MBA untuk karir tingkat senior, industri keuangan terkemuka untuk memberi makan banyak ke sekolah yang paling kompetitif. Tingkat penerimaan bisa serendah 8 persen di 20 program MBA teratas.

Pelamar sering bertanya-tanya bagaimana cara menonjol dari rekan-rekan mereka yang sama-sama mengesankan. Tidak peduli seberapa luar biasa silsilah Anda, sekolah bisnis tidak ingin kelas diisi dengan individu dengan profil yang sama. Bekerja keras untuk menonjol dengan latar belakang karir yang sangat khas akan menjadi rintangan terbesar untuk masuk.

Ada beberapa cara untuk membedakan diri Anda.

1. Carilah peluang sukarela nontradisional: Pengejaran pribadi menambah dimensi lain pada aplikasi MBA Anda. Namun, kenyataan bagi para profesional keuangan adalah bahwa seminggu kerja 80 jam jarang memberikan waktu untuk ekstrakurikuler yang bermakna. Jika itu Anda, temukan peluang sukarelawan yang fleksibel.

Carilah aktivitas yang tidak berbasis waktu tatap muka. Fokus pada tindakan, atau sedikit waktu di akhir pekan. Anda dapat menggunakan jaringan profesional Anda untuk mengatur penggalangan dana untuk organisasi yang Anda yakini, atau membuat panggilan penggalangan dana untuk asosiasi alumni perguruan tinggi Anda. Anda dapat membuat perbedaan yang lebih besar dengan mengumpulkan uang daripada yang Anda lakukan melalui beberapa jam kerja manual setiap minggu.

Tidak semua ekstrakurikuler harus dilakukan di luar pekerjaan. Selidiki peluang untuk menjadi sukarelawan di luar tanggung jawab pekerjaan Anda. Apakah ada komite perekrutan, kelompok afinitas, atau klub sukarelawan yang memungkinkan Anda memberi kembali sebagai bagian dari pembangunan tim?

Luangkan waktu untuk mencari peluang kepemimpinan internal yang mungkin tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda sehari-hari.

2. Latih referensi aplikasi Anda: Pastikan pemberi rekomendasi Anda menunjukkan bahwa Anda luar biasa di antara rekan-rekan Anda, dan berikan informasi yang menunjukkan perbedaan Anda. Surat rekomendasi adalah salah satu senjata rahasia terbaik untuk keberhasilan aplikasi.

Meskipun merupakan bentuk yang buruk untuk menulis bahwa Anda lebih baik daripada rekan-rekan Anda, pemberi rekomendasi Anda memiliki lisensi untuk membandingkan sesuka hati dan menyatakan bahwa Anda lebih etis, kreatif, dan menarik.

Karena banyak rekan Anda juga mendaftar ke sekolah yang sama, Anda pasti menginginkan rekomendasi yang menunjukkan secara pasti bahwa Anda adalah karyawan peringkat teratas di wilayah mereka. Bukti status luar biasa Anda akan sangat penting.

Pastikan pemberi rekomendasi Anda memberikan contoh spesifik dari pekerjaan Anda yang luar biasa. Anda mungkin ingin memberikan daftar proyek yang Anda kerjakan bersama, terutama jika Anda dipuji atas hasilnya. Tinjauan kinerja atau rapat dapat menjadi sumber yang berguna untuk pujian tertentu jika Anda tidak yakin bagaimana mengarahkan pemberi rekomendasi Anda.

3. Soroti pencapaian kerja yang unik: Komite penerimaan MBA mengetahui bahwa Anda adalah junior dalam karir Anda dan mungkin memiliki wewenang terbatas untuk memimpin secara resmi di tempat kerja. Bahkan pencapaian skala kecil dapat menunjukkan bagaimana Anda memimpin, yang merupakan aspek terpenting yang dicari oleh program MBA.

Pastikan aplikasi Anda menyoroti pencapaian kerja di luar norma. Pikirkan tentang apa yang Anda lakukan di tempat kerja yang berada di luar kesepakatan biasa atau pekerjaan yang berfokus pada investasi – dan rekan kerja Anda. Alih-alih berbicara tentang analisis yang Anda lakukan atau uji tuntas yang Anda lakukan, pikirkan tentang waktu Anda melatih pekerja magang atau menyelenggarakan acara layanan masyarakat.

Klien kami Henry memamerkan aktivitas kepemimpinannya dalam esai Sekolah Manajemen Kellogg dengan menjelaskan bagaimana dia menyusun pedoman untuk perusahaannya yang menjadi bagian dari pelatihan karyawan baru. Mungkin Anda membuat proses baru atau memimpin upaya perekrutan – salah satu aktivitas kerja ini dapat membantu aplikasi Anda menonjol.

4. Jaringan dengan kontak khusus sekolah: Tugas penting lainnya bagi pelamar yang banyak jumlahnya adalah untuk menjalin ikatan khusus sekolah yang kuat. Ini mungkin terasa seperti semua orang di sekitar Anda juga mendaftar ke program MBA tahun ini. Sisi positifnya adalah orang-orang yang Anda kenal dari tempat kerja, dari perguruan tinggi atau bahkan sepupu ipar saudara perempuan Anda sekarang menjadi siswa atau alumni di sekolah target Anda.

Jangkau jaringan Anda secara mendalam dan bicarakan dengan semua orang tentang tujuan Anda. Memiliki titik kontak pribadi di sekolah target Anda akan memungkinkan Anda menyusun esai yang menarik. Di beberapa sekolah, Anda mungkin mendapat manfaat dari surat tambahan jika teman atau kontak sangat mendukung pencalonan Anda. Minimal, mahasiswa dan alumni saat ini lebih dari senang untuk berbicara tentang pengalaman mereka dan berbagi saran.

Jika Anda tidak memiliki jaringan yang kuat di sekolah target Anda, cobalah menghadiri sesi info, di mana alumni biasanya berbicara tentang pengalaman mereka dan Anda dapat mengobrol satu-satu setelah panel. Anda juga dapat mencoba, tergantung pada minat Anda, menghubungi presiden keuangan, ekuitas swasta, modal ventura atau klub dana lindung nilai di kampus dan mendiskusikan bagaimana sekolah dapat membantu Anda memanfaatkan latar belakang Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Keindahan proses aplikasi MBA adalah bahwa setiap pelamar adalah unik. Sementara banyak pelamar memiliki kredensial serupa, proses penerimaan memberi pelamar kesempatan untuk melampaui angka dan statistik dan menyajikan gambaran tentang siapa mereka sebenarnya.