5 Tips Menjaga Hubungan Keluarga Tetap Harmonis

5 Tips Menjaga Hubungan Keluarga Tetap Harmonis

Keluarga adalah sebuah hubungan erat yang akan terjalin sampai akhir hayat. Semua kondisi dari senang, bahgia sampai dengan sedih ditanggung bersama apalagi bagi seorang kepala keluarga, menjaga hubungan baik dengan istri dan anak anak adalah tanggung jawab yang utama.

Selain memastikan kondisi kebahagiaan keluarga secara nurani, tentu juga dari sisi materi semua orang ingin melihat kondisi keluarganya bahagia.

Banyak hal yang harus dipastikan memang dari sisi pendidikan, kemudian sampai dengan kesehatan semua anggota keluarga menjadi prioritas utama yang harus di jaga. 

Sebagai kepala keluarga dari sisi perencanaan kesehatan dimasa yang akan datang bisa jadi anda sudah mempersiapkan asuransi kesehatan keluarga anda dengan matang.

Jikapun anda belum merencanakan ini semua, baik dari sisi asuransi pendidikan, jiwa, kesehatan dan yang lainya kami sarankan anda coba cek penawaran menarik dari perusahaan asuransi yang sangat terpercaya seperti asuransi super You disana dari sisi premi lengkap sekali sampai dengan polis juga dan anda bisa konsultasi gratis kapan saja.

Dengan cara ini setidaknya waktu anda akan semakin berharga dengan orang tersayang.

  • 1. Makan malam bersama keluarga

Orang tua lelah di tempat kerja, anak-anak menghasikan waktunya di sekolah. Sebagian besar hidup kita banyak kita habiskan di luar rumah: bekerja, belajar, pelatihan, dan sebagainya. 

Waktu untuk keluarga semakin berkurang, tetapi anda perlu mencoba menyediakan setidaknya satu jam untuk makan malam keluarga. 

Setiap anggota keluarga akan dapat membagikan pemikiran mereka, menceritakan bagaimana aktifitas keseharianya sehingga ini lebih membuat anda semakin dekat dengan semua anggota keluarga.

  • 2. Pembagian tanggung jawab pekerjaan rumah

Keputusan sukarela untuk membuang sampah atau mencuci piring memberikan pembagian kerja yang bisa jadi sangat dibutuhkan dalam sebuah keluarga dan untuk menumbuhkan rasa percaya pada pasangan, kemudian suami bisa memasak makan malam atau membersihkan rumah sebagai gantinya. 

Tetapi jauh lebih baik untuk menyetujui pada awalnya tentang pembagian pekerjaan rumah tangga apa yang dapat dilakukan suami, apa yang dapat dilakukan istri. 

Maka tidak akan ada pertanyaan dan pertengkaran yang tidak menyenangkan berdasarkan kemalasan dalam mengurus pekerjaan rumah ini jika anda tidak memiliki ART.

Dan jika seorang anak besar di rumah, dia perlu diajari untuk membantu. Mengajari mereka disiplin tanggung jawab sejak dini dengan cara mencontohkan bukan menggurui.

  • 3. Rekreasi bersama

Anda bisa pergi bersama keluarga ke alam atau sekedar bermain di rumah. Penting agar semua anggota keluarga terlibat. 

Ini adalah kesempatan yang baik untuk berbicara dari hati ke hati, berbagi pemikiran dan pengalaman anda. Jadi anda bisa melakukan proses belajar bersama untuk saling mendukung, bersimpati, mendengarkan.

  • 4. Tradisi dan hari raya keluarga

Tradisi adalah ciri khas setiap keluarga. Kepatuhan terhadap tradisi menumbuhkan rasa hormat satu sama lain dalam anggota keluarga, dan bisa memberikan efek untuk saling berbagi.

Dalam acara lebaran misalkan, anda harus kompak menggunakan busan couple mungkin, kemudian pergai ke rumah mertua, tetangga dan lain sebagainya.

  • 5. Percakapan rahasia

Sangat penting untuk berbagi perasaan anda dengan keluarga. Jika sangat buruk atau menyenangkan, bagikan perasaan ini dengan keluarga anda. Di saat-saat sedih, kamu tidak akan sendirian, tetapi di saat-saat bahagia kamu akan mampu menghibur orang-orang terdekat sendiri.

Setiap keluarga itu istimewa, dan jalan menuju persatuan dan keharmonisan dalam lingkungan keluarga dimulai dari anda sebagai orang tua. Jika anda baru saja menjadi seorang ayah dan tidak tahu bagaimana harus bersikap, jangan panik – selalu ada solusi sederhana untuk masalah ini.

Orang tua adalah orang tersayang yang perlu dilindungi setiap hari. Percayalah, tidak ada waktu untuk pertengkaran dan kekesalan, anda perlu segera memperbaiki hubungan dengan ibu anda, jika anda belum melakukannya.