6 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Di masa yang cepat dan mudah ini, kartu kredit memudahkan kita untuk berbelanja dan bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup kita sehari-hari.

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan meningkatnya jumlah penduduk kelas menengah, hal ini menyebabkan kebutuhan akan kartu kredit publik semakin meningkat.

Kartu kredit memberikan berbagai kenyamanan dalam hidup. Mengapa Karena kartu ajaib ini dapat memungkinkan Anda untuk berbelanja tanpa harus memiliki uang di rekening atau dompet Anda.

Baca juga yuk mengenai microsoft word pada tautan tersebut.

Namun, tentunya Anda juga perlu tahu dan berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit. Pasalnya, segala kemudahan yang ditawarkan kartu kredit, bisa membuat Anda melupakan situasi keuangan yang sebenarnya. Kartu kredit dapat membuat hidup dan keuangan Anda lebih mudah selama Anda menggunakannya dengan bijak.

Tidak ada cara lain, jangan serakah, pelupa dan boros saat berbelanja dengan kartu kredit karena hal ini bisa berujung pada hutang, kebangkrutan dan kemiskinan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan penggunaan kartu kredit Anda, lihat cara menggunakan kartu kredit Anda pada tahun 2021.

1. Miliki Kartu Kredit Sesuai Dengan Kebutuhan

Kartu kredit sering kali berkolaborasi dengan pedagang, e-commerce, supermarket, restoran, hotel, dan atraksi. Akibat kerjasama ini, banyak terdapat potongan harga, harga promosi, potongan harga dan cicilan 0% yang bisa didapatkan saat pembayaran menggunakan transaksi kartu kredit.

Inilah salah satu keunggulan atau manfaat yang bisa dinikmati langsung oleh pengguna. Untuk memaksimalkan penggunaan kartu kredit, Anda perlu memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Misalnya, jika Anda hobi dan passion kuliner, maka pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak promo kuliner. Sebaliknya, jika Anda suka fashion, pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak promo belanja fashion.

2. Maksimal Punya 2 Kartu Kredit

Meski banyak kartu kredit yang memberikan kemudahan dan membuat Anda lebih hemat saat berbelanja, sebaiknya Anda hanya memiliki 2 kartu kredit. Nopo niku Ini hanya karena memiliki banyak kartu kredit dapat membuat keuangan Anda tidak aman dan tidak sehat. Kekhawatirannya adalah Anda akan memiliki banyak hutang, dan jika Anda tidak dapat membayar, hal ini dapat menyebabkan skor Bank Indonesia (BI) Cek buruk.

Pemeriksaan BI adalah Informasi Debitur Perorangan Historis (IDI) yang mencatat apakah suatu kredit telah dibayarkan atau belum. Kini nama BI Checking atau SID (Sistem Informasi Hutang) telah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK.

3. Atur Limit Kartu Kredit

Idealnya, hanya dengan dua kartu kredit, Anda harus dapat memenuhi semua kebutuhan hidup dan gaya hidup Anda selama Anda mengelola. Maklum, setiap kartu kredit memiliki limit kartu kredit yang bisa diatur sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda.

Cara cerdas untuk menghindari penggunaan kartu kredit terlalu jauh adalah dengan menyiapkan kartu kredit dengan limit kecil dan kartu lain dengan limit lebih besar. Anda bisa menggunakan kartu kredit dengan limit yang lebih besar untuk penggunaan darurat atau hal-hal yang membutuhkan biaya yang besar. Dengan cara ini diharapkan Anda dapat mengelola biaya dengan lebih efisien dan bijak.

4. Tentukan Budget Pemakaian Kartu Kredit

Setiap kartu kredit memiliki limitnya masing-masing, tentunya usahakan menggunakan kartu kredit di bawah limit yang telah ditentukan sebelumnya. Misal limit kartu kredit Anda adalah Rp 5 juta, akan lebih baik dan aman jika Anda tidak menggunakan hingga Rp 5 juta atau lebih. Karena besarnya batas tidak menunjukkan bahwa Anda harus menggunakannya secara maksimal.

Ingat, jangan menggunakan kartu kredit melebihi batas yang ditentukan, karena Anda akan didenda. Sadarilah kemampuan membayar dan membiayai, mulailah menggunakan kartu kredit dengan bijak. Untuk itu, buat anggaran belanja dengan kartu kredit.

Misalnya, dengan anggaran untuk membeli vitamin untuk meningkatkan kekebalan, Anda dapat mulai mendaftarkan vitamin dan nilainya. Jika Anda memiliki budget dan daftar belanjaan, hal ini akan membuat Anda lebih fokus berbelanja dan tidak tergoda untuk berbelanja barang lain yang tidak Anda butuhkan.

5. Berpikir Jauh Sebelum Berbelanja

Berbelanja bisa dilakukan karena kebutuhan atau keinginan. Tidak semua keinginan Anda sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sebaliknya.

Cobalah untuk berpikir jauh sebelum berbelanja. Ini dapat membantu Anda untuk tidak menjadi sempurna dan boros. Sebab, umumnya kita membeli sesuatu hanya karena keinginan atau keinginan sementara yang sama sekali tidak dibutuhkan atau diinginkan.

Jadi, sebelum menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan belanja Anda saat berbelanja online maupun offline, Anda perlu memikirkannya terlebih dahulu. Tanyakan pada diri Anda apakah barang yang akan Anda beli berguna, dibutuhkan dan penting, atau sebaliknya.

6. Pantau dan Gunakan Point Reward

Disadari atau tidak, setiap kali Anda berbelanja menggunakan kartu kredit, poin di kartu kredit Anda akan bertambah. Jumlah besar yang telah Anda kumpulkan dapat ditukar dengan barang atau promo yang bagus.

Menukar poin ini adalah salah satu keuntungan dari kartu kredit, tetapi Anda harus berhati-hati dan teliti saat memantau dan menggunakan poin reward Anda. Dengan poin reward, menggunakan kartu kredit lebih menguntungkan dan menyenangkan.

Cari info seputar m-bca bagi kamu yang ingin membaca sebuah tips perbankan.