Siapa sih, yang tidak mengenal YouTube? Platform yang berpotensi besar sebagai sumber penghasilan banyak orang. YouTube menyediakan banyak format untuk digunakan oleh para content creator. Anda bisa membuat video pendek menggunakan fitur Short, live streaming, atau video berdurasi panjang.

Bukan rahasia lagi, YouTube memberi reward bagi para content creator melalui YouTube Partner Program. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat konten berkualitas dan menarik dan memenuhi persyaratan yang diberikan YouTube untuk bisa menghasilkan uang. Selain menjadi partner, masih ada beberapa cara menghasilkan uang dari YouTube lain yang bisa Anda lakukan

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Menjadi content creator dan menghasilkan uang dari YouTube bisa dibilang susah-susah gampang. Anda harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dan melakukan beberapa cara khusus agar konten mendapat banyak pengunjung.

Jumlah pengunjung juga dipengaruhi dengan kualitas konten yang menarik dan menghibur, menginspirasi, dan mengedukasi. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari YouTube.

1. Membuat YouTube Channel

Cara menghasilkan uang dari YouTube yang pertama adalah dengan membuat channel lebih dulu. Anda bisa sign in ke YouTube menggunakan akun Google untuk membuat channel dan mengisi data yang dibutuhkan. Setelah channel berhasil dibuat, mulailah mengunggah konten yang Anda ingin bagikan. Nantinya, Anda bisa mengajukan monetisasi channel untuk mendapatkan uang dari YouTube.

Caranya dengan menekan tombol “Creator Studio” yang tersedia pada menu “Channel” di sebelah kiri. Lalu klik “Status anda Feature” dan klik “Enable Monetisation” dan setujui perjanjian yang ditampilkan. Setelah fitur monetisasi channel Anda sudah aktif, langkah selanjutnya adalah menyambungkan channel ke akun AdSense. Lakukan “Associate and Approved AdSense Account” melalui menu yang tersedia. Setelah selesai, Anda bisa menggunakan YouTube Analytic untuk memeriksa penghasilan yang Anda dapatkan dari pemasangan iklan pada channel Anda.

2. Promosi Toko Online di Channel

Selain penghasilan dari iklan, cara menghasilkan uang dari YouTube bisa dengan melakukan promosi toko online Anda di channel Anda. Buat video menarik terkait toko online dengan cara story telling dan soft selling. Kemudian letakkan link toko online Anda di kolom deskripsi video. Menggiring pengunjung suatu platform ke media atau platform lain berarti meningkatkan conversion rate bisnis Anda.

3. Promosi Video Teaser

Channel YouTube bisa Anda jadikan sarana promosi video atau film panjang yang Anda buat. Unggah video pendek berisi teaser untuk mengarahkan pengunjung agar menonton versi lengkapnya di website komersial, platform lain, atau bioskop. Pengunjung wajib membeli paket menonton untuk bisa menonton film atau video versi lengkap yang Anda tawarkan.

4. Menjadi Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan peluang penghasilan online yang sangat populer. Channel YouTube bisa Anda gunakan sebagai katalis untuk mengarahkan pengunjung menuju link afiliasi. Peluang penghasilan dari sini lebih besar dibanding menggunakan platform lain. Sehingga bisnis afiliasi Anda bisa berkembang lebih pesat dan lebih cepat.

5. YouTube Live Streaming

Jika Anda rajin mengunggah konten berkualitas dan sudah memiliki fanbase, Anda bisa mengadakan meet and greet online melalui live streaming. Buatlah jadwal rutin agar fanbase semakin kuat dan terus bertumbuh.

Kegiatan ini juga bisa Anda gunakan untuk menawarkan produk dan konten lain secara langsung pada fans setia Anda. selain digunakan sebagai cara menghasilkan uang dari YouTube, fitur live streaming juga bertujuan menjaga kedekatan Anda dengan fans yang menjadi target market Anda.

6. YouTube Premium

Pastikan channel YouTube Anda sudah terdaftar di YouTube Partner Program sehingga berkesempatan dibayar oleh YouTube melalui layanan premium berbayar. Penonton bisa melihat video atau konten yang Anda unggah tanpa terjeda iklan jika menggunakan layanan premium. Anda akan memperoleh uang berdasarkan jumlah pengunjung yang menonton video atau konten yang diunggah.

7. Lisensi Konten

Jika Anda termasuk content creator yang sering menghasilkan video viral yang ditonton banyak orang, maka Anda wajib melisensikan konten yang Anda unggah. Hal ini juga merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube yang bisa Anda lakukan.

Media lain mungkin akan menghubungi untuk bisa mendapat hak menggunakan konten Anda dan Anda berhak menerima sejumlah pembayaran sebagai bentuk pertukaran hak penggunaan atau penayangan ulang video di media lain.

Untuk menjadi seorang content creator sukses, Anda wajib memiliki sejumlah perangkat khusus untuk membuat video konten. Anda juga wajib melakukan strategi pemasaran digital agar konten Anda dikenal masyarakat luas dan mendatangkan pengunjung yang banyak.

Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membuat konten berkualitas. Jika Anda mengalami kendala modal dan membutuhkan pinjaman dana yang cepat cair, Anda bisa memilih produk BFI Finance sebagai solusinya.

Tersedia berbagai macam keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengajukan pinjaman dana sesuai kebutuhan Anda. Pengajuan dana pinjaman bisa Anda dapatkan hingga 85% dari nilai agunan dengan tenor hingga 7 tahun dan bunga mulai dari 0,9%. Segera wujudkan impian Anda menjadi content creator sukses dan menghasilkan uang banyak dari YouTube bersama BFI Finance.

By Nerissa