Dalam rangka membantu dan meningkatkan kesejahteraan nasional, lembaga pembiayaan seperti PT SMI hadir dengan dedikasi teguh untuk mencapai urbanisasi berkelanjutan. Hal ini tentunya dapat membuat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi bisa dilakukan dengan mudah tanpa ada hambatan apa pun. Semuanya tentu saja berkat adanya dukungan baik dari Kementerian Keuangan Indonesia dan setiap pemangku kepentingan dari PT SMI.

Salah satu program dari PT SMI adalah melakukan pembangunan berkelanjutan. Untuk mewujudkan hal tersebut bagi investor, pemerintah, dan masyarakat, lembaga pembiayaan ini menawarkan tiga pilar sinergis untuk menunjang perannya. Tiga pilar sinergis tersebut meliputi Pembiayaan & Investasi, Layanan Konsultasi, dan Pengembangan Proyek. 

Pengertian Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Perusahaan pembiayaan Infrastruktur dibentuk untuk menyediakan dana bagi proyek pembangunan sebuah infrastruktur. Aktivitas yang dimiliki oleh perusahaan ini meliputi direct lending (pin-jaman langsung untuk pembiayaan infrastruktur, refinancing, dan juga subordinated loans. Salah satu lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia adalah PT Sarana Multi Infrastruktur atau PT SMI.

Dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 100/PMK. 010/2009 tentang Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur, perusahaan ini dapat memberikan peran penting terhadap pembangunan proyek-proyek infrastruktur. PT SMI merupakan perusahaan pembiayaan yang berada di bawah Kementerian Keuangan Negara Republik Indonesia. kehadirannya dianggap sangat penting karena mampu memberikan kemudahan dalam hal pemberian modal untuk pembangunan.

Sebagai roda penggerak perekonomian, PT SMI hadir dengan memberikan ragam pembiayaan yang inovatif. Maka dari itu kini pemerintah mulai gencar melakukan pembangunan untuk pemerataan ekonomi di berbagai daerah.  Tugas PT SMI berfokus pada dua hal utama, seperti:

          Memberi manfaat langsung serta berkontribusi terhadap masyarakat Indonesia melalui tindakan sadar sosial dan ekonomi.

          Melakukan promosi berkelanjutan tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan mitigasi terdapat perubahan iklim. Maka dari itu setiap pembangunan yang dilakukan harus ramah lingkungan.

Fungsi Umum Lembaga Pembiayaan

Setelah mengetahui arti sesungguhnya dari lembaga pembiayaan, lalu apa saja fungsi dari lembaga keuangan satu ini? Selain mengemban tugas untuk mendukung perekonomian negara, lembaga pembiayaan seperti PT SMI ini tentunya dapat berfungsi sebagai roda penggerak dari pembangunan sebuah infrastruktur. Fungsi lainnya adalah sebagai berikut:

       Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan fasilitas penyediaan dana yang inovatif untuk pembangunan infrastruktur.

       Melindungi Pemerintah maupun swasta dari pin-jaman dengan bunga tinggi.

    Lembaga pembiayaan tentunya dapat mengembangkan infrastruktur menjadi bentuk dana talang atau dana proyek. Pasalnya, tidak setiap pengusaha infrastruktur memiliki modal yang cukup dalam hal pembiayaan proyek bernilai besar.

       Mempercepat proses pembangunan dengan memberikan pendanaan yang optimal terhadap berbagai proyek.

Dengan semua fungsi di atas, membuat perusahaan pembiayaan infrastruktur seperti PT SMI Sarana Multi Infrastruktur sangat berperan besar di Indonesia. Sebab PT SMI bisa memberikan pembiayaan pada proses pembangunan infrastruktur negara dengan mudah. Tak heran rasanya bila perusahaan ini sangat cocok dijadikan sebagai mitra kerja oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga swasta. Kerja sama pun bisa dilakukan secara optimal demi mencapai pembangunan yang baik dan juga cepat.

Melalui perluasan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah, PT SMI tentunya bisa memberikan solusi yang inovatif untuk mempercepat proses pembangunan Indonesia. Dengan demikian lembaga pembiayaan satu ini secara aktif turut berkontribusi dalam menekan angka kemiskinan, menyediakan akses kebersihan atau sanitasi, pendidikan, kesehatan, dan berbagai proyek infrastruktur lainnya yang terdapat dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)