Pada tahun 2021, seri baru laptop ASUS akan mulai menggunakan teknologi layar ASUS OLED dan akan diadopsi oleh sebagian besar seri laptop ASUS mendatang. Melalui acara bertajuk “ASUS OLED Launch – See The DIFFERENCE with ASUS OLED”, ASUS memaparkan keunggulan ASUS OLED dan membahas lima laptop yang sudah menggunakan ASUS OLED.

“Inovasi ASUS tidak terbatas pada performa, ASUS OLED merupakan bukti komitmen kami terhadap inovasi teknologi visual untuk layar laptop. Teknologi ASUS OLED akan membawa pengalaman laptop ke level berikutnya dengan kualitas visual yang kaya, warna yang akurat, dan pendekatan yang lebih aman. untuk kesehatan mata,” kata Jimmy Lin, Regional Director ASUS untuk Asia Tenggara.

Pertama adalah ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) yang memulai debutnya awal tahun ini dan diluncurkan di Indonesia pada Juni lalu dengan harga mulai dari Rp42.999.000. Laptop dengan dua layar beresolusi tinggi ini dirancang untuk mendukung kebutuhan para pembuat konten.

Ini berisi layar sentuh 4K OLED HDR 15,6 inci utama dengan gamut warna 100% dalam ruang warna DCI-P3 dan panel sekunder 14-inci ScreenPad Plus 4K IPS-grade. Selain itu, ia dilengkapi dengan prosesor Intel Core Generasi ke-10 berperforma tinggi (hingga i9-10980HK) dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3070.

ZenBook Pro 15 OLED (UX535) mulai dari Rp23.999.000 dengan prosesor Intel Core hingga i7-10870H. Ini menampilkan layar sentuh HDR OLED 4K 15,6 inci dengan 100% DCI-P3 dan ScreenPad dengan ScreenXpert 2.0.

Selanjutnya ZenBook Flip S OLED (UX371) dibanderol dengan harga Rp 24.999.000, laptop convertible premium dengan desain mewah dan ringkas yang dilengkapi layar sentuh 100% DCI-P3 4K OLED HDR. Didukung oleh prosesor Intel Core Generasi ke-11 (hingga i7-1165G7) dan GPU Intel Iris Xe Graphics, dan telah divalidasi sebagai laptop Intel EVO.

Lalu ada versi baru ZenBook klasik 13,3 inci, ZenBook 13 OLED (UX325) juga memiliki opsi 100% DCI-P3 FHD OLED HDR dan hadir dengan NumberPad 2.0. Laptop ini menawarkan bodi yang ringkas, port penuh, dan masa pakai baterai yang hebat. Harga mulai dari Rp 15.799.000, dengan prosesor Intel Core Generasi ke-11 hingga i7-1165G7 dan GPU grafis Intel Iris Xe, serta tidak ketinggalan port Thunderbolt 4.0.

Terakhir, kejutan terbesar adalah VivoBook Ultra 15 OLED (K513) yang dijual mulai dari Rp8.599.000 dan memiliki opsi FHD OLED HDR dan 100% DCI-P3. Ini adalah laptop 15 inci dengan lebih banyak opsi peningkatan dan tetap mengutamakan portabilitas. Didukung oleh prosesor Intel Core i5-1135G7 dan GPU grafis Intel Iris Xe, RAM DDR4 4GB (dapat ditingkatkan hingga 12GB) dan drive penyimpanan ganda, yaitu NVMe PCIe SSD 256GB + slot SATA 2,5″.

5 Keunggulan ASUS OLED

Sekarang mari kita bahas keunggulan yang ditawarkan oleh layar OLED ASUS. Tidak seperti teknologi layar laptop lainnya, ASUS OLED yang di klaim sebagai Laptop Bisnis Terbaik ini tidak hanya memberikan kualitas visual terbaik, tetapi juga memberikan kenyamanan lebih sekaligus menjaga kesehatan mata pengguna.

  1. Warna yang lebih kaya dan lebih akurat

ASUS OLED dirancang untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan reproduksi warna dan akurasi tinggi, sesuai dengan standar industri film saat ini. Atas dasar ini, ASUS OLED mampu mereproduksi 100% ruang warna DCI-P3, yang setara dengan 133% ruang warna sRGB.

Setiap laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED telah dikalibrasi sebelumnya, sehingga setiap laptop yang menggunakan ASUS OLED menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan bersertifikat PANTONE Validated Display.

  1. Lebih aman untuk kesehatan mata

Radiasi cahaya biru dari layar laptop merupakan penyebab utama kelelahan mata dan bahkan dapat mempengaruhi kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED memiliki fitur Eye Care, yang mengurangi tingkat radiasi cahaya biru pada layar hingga 70%.

Fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya mengurangi emisi cahaya biru, tetapi juga menjaga kualitas reproduksi dan akurasi warna. Dengan menggeser spektrum biru, ASUS OLEDs dapat menekan emisi cahaya biru tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warna. Metode ini juga disertifikasi cahaya biru rendah dan bebas kedip oleh TÜV Rheinland.

  1. Hapus tampilan pada kecerahan rendah

Saat menurunkan tingkat kecerahan, tingkat akurasi warna pada layar biasanya menurun. Ini karena kebanyakan laptop menggunakan gamut warna 2D sebagai referensi. ASUS OLED menggunakan gamut warna 3D sebagai referensi. Gamut warna 3D menambahkan faktor pencahayaan untuk mengukur volume warna secara keseluruhan, dan Asus OLED memiliki peningkatan volume warna 60% dibandingkan layar laptop biasa.

  1. Warna dan detail visual terbaik

ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu LED kecil. Setiap LED dapat dimatikan sepenuhnya, menghasilkan warna hitam sempurna dengan kontras warna yang sangat tinggi. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki rasio kontras hingga 1.000.000:1.

ASUS OLED juga menerima sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black. Ini berarti Anda juga dapat menikmati berbagai konten multimedia yang dirender dengan sempurna dalam HDR. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan dari laptop dengan teknologi layar ASUS OLED.

  1. Penglihatan lebih jelas tanpa efek blur

Menikmati presentasi multimedia dengan gerakan visual yang cepat, seperti film aksi, seringkali menunjukkan efek buram yang merangsang mata. Untuk mengatasi masalah ini, ASUS OLED dilengkapi dengan waktu respons yang cepat hingga 0.2ms, memungkinkan tampilan visual yang bergerak cepat dirender dengan detail yang lebih tajam.