Tuai Perdebatan, Ini Penjelasan dan Waktu Pelaksanaan Doa Qunut

            Umat Islam memiliki dua jenis cobaan yang dapat kita simpulkan yaitu: kita diuji dengan bentuk kenikmatan, dan kita diuji dalam bentuk kesengsaraan. Kedua ujian tersebut sama-sama memiliki peranan penting dan pahala yang berlipat jika kita mampu menjalaninya dengan baik. Terutama ketika kita mengalami kesulitan atau musibah yang menimpah kita, saudara kita, ataupun orang terdekat kita maka ada amalan doa yang kita panjatkan agar Allah SWT selalu melindungi kita. Sebagai contoh adalah Doa Qunut Nazila.

Doa Qunut Nazila biasa dibaca ketika kita mengalami musibah yang cukup berat seperti bencana alam, wabah penyakit mematikan, dan sebagiannya. Melalui doa Qunut Nazila ini, kita dapat meminta perlindungan agar terhindar dan dijauhakan dari segala macam marabahaya dan penyakit seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. dalam hadist Riwayat Bukhari dan Ahmad, dari Abu Hurairah RA mengatakan bahwa “Rasulullah SAW kalau hendak mendoakan untuk kebaikan seseorang atau doa atas kejahatan seseorang, maka beliau doa qunut setelah ruku’.” (HR. Bukhari dan Ahmad).

Rasulullah memerintahkan umatnya untuk membaca doa Qunut Nazila agar ketika kita tertimpa musibah maka Allah SWT akan selalu memberikan perindungan kepada kita.

Berikut ini doa Qunut Nazila beserta artinya.

للَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

 

اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَباَءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

 

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

 

Berikut ini bacaan latin doa Qunut Nazila:

Allahummahdiini fiiman hadait. Wa’aafini fiiman ‘afait. Watawallanii fiiman tawallait. Wabaarik lii fiima a’thait. Waqinii syarrama qadlait. Fainnaka taqdhi walaa yuqdho ‘alaik. Wainnahu laa yadzillu man waalait. Tabaarakta rabbana wata’aalait. Wastaghfiruka wa atuubu ilaik.

Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal balaa’a wabaa’a wal fahsyaa’a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa’ida wal mihana maadhahara minhaa wa maabaathana min balaadinaa haadhaaa khaassatan wa min buldaanil muslimiina. Innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi washahbihi wa shallam.

 

Artinya: Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang kamu beri petunjuk. Dan berilah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah kamu beri keselamatan, uruslah diriku di antara orang-orang yang telah kamu urus, berkahilah untukku apa yang telah kamu berikan kepadaku, lindungilah aku dari apa yang telah kamu tetapkan, sesungguhnya engkau Yang memutuskan dan tidak memutuskan saya, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Anda jaga dan Anda tolong. Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi. Aku mohon ampun kepada engkau dan aku bertaubat kepada engkau.

Ya Allah Tuhan kami. Hindarkan kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemunkaran, sengketa yang beraneka ragam, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Semoga Allah rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

 

Itulah bacaan doa Qunut Nazila agar kita terhindar dari musibah dan selalu dalam perlindungan Allah SWT. Semoga Allah SWT. selalu melimpahkan rahmat dan hidayah kepada kita. Amin.

By sartika