Apakah Anda berencana untuk pindah ke rumah baru? Anda perlu melakukan banyak persiapan. Salah satunya adalah dengan menyiapkan peralatan makan yang fungsinya tentu dapat memenuhi kebutuhan hidup utama Anda.

Agar makan di rumah lebih cocok, Kania merekomendasikan segala macam peralatan makan wajib yang harus Anda siapkan di rumah. Bagi yang masih bingung atau tidak tahu peralatan makan apa yang harus diletakkan di rumah, ini juga bisa menjadi petunjuk. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat komentar di bawah ini, ya!

  1. Piring

Piring adalah alat makan yang digunakan hampir setiap hari. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki set peralatan makan ini dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lebih mudah saat Anda membutuhkannya.

Anda dapat menggunakan piring dari berbagai bahan, bahkan menyesuaikan desain atau pola pada piring agar sesuai dengan tampilan meja makan atau restoran Anda. Jika digunakan untuk anak-anak, Anda bisa menggunakan peralatan makan yang terbuat dari bahan yang aman, seperti plastik dengan sertifikasi food grade.

2. Mangkuk

Selain piring, di rumah juga harus ada mangkuk. Fungsi utama peralatan makan jenis ini sama dengan piring, yaitu sebagai wadah makanan. Namun, mangkuk lebih cocok untuk sup, seperti bakso, mie ramen, dan mie. Oleh karena itu, tidak heran jika mangkuknya lebih tinggi dan bentuknya melengkung ke atas.

  1. Sendok, Garpu, dan Pisau

Sendok dan garpu adalah peralatan isi ulang yang Anda gunakan setiap hari. Selain itu, Anda juga membutuhkan pisau meja yang umumnya tidak setajam pisau dapur untuk menyantap steak dan makanan lain yang agak keras atau sulit dipotong. Anda juga bisa menggunakan pisau meja untuk memotong kue atau buah.

Pastikan Anda memilih sendok, garpu dan pisau yang terbuat dari bahan terbaik seperti stainless steel untuk memastikan tahan karat, kuat dan nyaman digunakan. Selain itu, peralatan makan harus disimpan dalam wadah kedap udara agar tidak mudah kotor. Saat ingin menggunakan sendok, garpu, dan pisau, Kania juga menyarankan agar Anda selalu menyekanya dengan tisu untuk menghindari debu.

  1. Gelas

Perkakas lainnya yang harus Anda miliki adalah gelas. Saat ini, kaca juga memiliki beragam bahan untuk dipilih, termasuk keramik, kaca, tanah liat, bahkan plastik. Namun, pastikan Anda memilih gelas yang aman untuk diisi dengan air panas atau dingin, dan menggunakan bahan yang aman, seperti plastik food grade yang lebih tahan lama, namun tetap aman untuk digunakan anak-anak.

  1. Cangkir dan Mug

Sama seperti gelas, cangkir dan mug adalah peralatan makan yang bisa digunakan untuk menampung minuman. Silakan pilih cangkir atau mug yang terbuat dari kaca atau tanah liat agar tahan lama.

Selain itu, pastikan untuk menyimpan cangkir atau gagang cangkir karena mudah pecah. Sebaiknya Anda selalu menjaga kedua peralatan ini terpisah satu sama lain untuk meminimalkan benturan.

  1. Teko

Sahabat yang suka minum teh, tentunya peralatan makan yang satu ini sangat diperlukan. Lebih penting lagi, teko sekarang tersedia dalam berbagai model untuk memenuhi kebutuhan Anda, termasuk teko yang sudah dipanaskan, jadi Anda hanya perlu mengisi air, mencolokkan sumber listrik dan menunggu air mendidih. Jika Anda memilih peralatan makan berupa ketel listrik, harap cuci dengan hati-hati agar kabel daya tidak rusak.

  1. Botol Minuman

Perkakas ini juga perlu karena bisa digunakan untuk menyimpan minuman di dalam lemari es atau kulkas, bahkan bisa dibawa-bawa saat bepergian. Untuk penggunaan di lemari es, Kania menyarankan Anda memilih botol plastik food grade 1 liter, yang dapat menampung lebih banyak minuman. Pada saat yang sama, silakan pilih botol kecil untuk keperluan lain, yang nyaman untuk dibawa.

Oleh karena itu, saat makan atau minum di rumah, Anda harus memiliki 7 jenis peralatan makan.

Sumber : rumahdokter.com