Beberapa Manfaat Dari Daun Tanaman Pandan

Beberapa Manfaat Dari Duan Tanaman Pandan – Pandan merupakan tanaman pedek berdaun panjang sekitar 30-50 cm. Siapa masyarakat Indonesia yang tidak kenal dengan tanaman satu ini, bahkan diseluruh dunia mengenalinya.

Hal ini dikarenakan pandan kerap kali digunakan pada olahan makanan dan minuman. Penggunaan daun pandan pada makanan dikarenakan pandan mampu membuat makanan tersebut beraroma lebih wangi dan bisa menambah nafsu makan penikmatnya.

Selain itu pandan juga memiliki warna hijau yang pekat, sehingga hal ini kerap juga digunakan sebagai pewarna hijau alami yang menyehatkan dengan tanpa adanya campur zat kimia.

Selain penggunaanya pada penyedap dan pewarna pada makanan maupun minuman. Daun pandan juga memiliki beberapa khasiat yang tak kalah penting. Tentunya hal dapat berguna untuk kesehatan para pemakainya.

Untuk itu, simak dibawah ini beberapa manfaat kesehatan dari daun pandan untuk para penggunanya :

1. Mengatasi Demam Dan Panas Tubuh.

Manfaat yang pertama dari daun pandan ialah dapat digunakan untuk meredakan panas tubuh sekaligus mengatasi demam.

Demam merupakan reaksi dari tubuh terhadap serangan penyakit, baik itu dari virus, kuman dan parasit. Dampaknya suhu tubuh akan meningkat dari batas normal, demam juga terkadang disertai dengan nyeri dan lemas.

Untuk itu kamu bisa memanfaatkan daun pandan dalam meredakan demam sekaligus menurunkan panas tubuh. Cukup konsumsi air rebusan daun pandan secara teratur paling tidak tiga kali sehari hingga demam sembuh.

Baca juga : Tanaman herbal mencegah diabetes

2. Mengatasi Sakit Perut.

Nah jika kamu sedang mengalami sakit perut, akibat dari makan sembarangan. Jangan terlalu terburu-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan pencahar.

Cobalah untuk menggunakan bahan yang lebih alami, seperti halnya daun pandan. Cukup lakukan perebusan 5 lembar daun pandan dengan dua gelas air, masak hingga airnya menyisakan satu gelas, lalu konsumsi selagi hangat.

3. Mengatur Tekanan Darah Tinggi.

Manfaat mengkonsumsi air rebusan daun pandan ternyata juga dapat mengurangi sekaligus mengatasi tekanan darah tinggi loh, atau biasa dikenal dengan hipertensi.

Kamu dapat mencobanya sendiri dirumah, namun tentunya tidak bisa hanya dengan satu kali konsumsi. Cobalah untuk mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.

4. Detoks Tubuh.

Pada dasarnya tubuh kita sendiri mempunyai sistem detoksifikasi secara alami, namun kamu bisa menggunakan daun pandan guna membatu tubuh dalam melakukan penyaringan zat-zat berbahaya serta racun didalam tubuh.

Selain itu kandungan antioksidan dari daun pandan juga berguna dalam mencegah radikal bebas yang berasal dari lingkungan secara berlebihan.

5. Meredekan Nyeri.

Daun pandan diklaim dapat meredakan nyeri atau masalah rematik pada seseorang.

Jika kamu ingin mendapatkan khasiatnya cukup konsumsi air rebusan daun pandan secara teratur, namun ingat kamu harus tahu penyebab timbulnya nyeri sendi, guna supaya tidak muncul kembali.