Berlian merupakan bentuk padat dari unsur karbon dengan atom-atomnya yang nantinya tersusun dalam struktur kristal. Batu berlian ini bisa digunakan untuk membuat perhiasan yang harganya sangat mahal seperti cincin hingga kalung berlian mewah.

Berapa Harga Kalung Berlian Di Indonesia?

Untuk orang awam pasti melihat harga berlian yang sangat mahal dan mempertanyakan benar tidaknya harga berlian asli tersebut.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Berlian

Meski saat ini berlian banyak digunakan untuk investasi, namun masih banyak orang yang mempertanyakan kok bisa harga berlian semahal itu. Nah, maka dari itu Anda harus mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi harga berlian, berikut diantaranya:

1. Berat Karat

Karat merupakan ukuran berat berlian, dimana satu karat setara dengan 200 miligram. Berat karat inilah yang sangat mempengaruhi harga berlian. Hal ini dikarenakan terlihat sederhana dan objektif.

Umumnya ukuran berlian itu yakni 0,5 karat, 0,75 karat, dan 1 karat. Ukuran tersebut sering disebut sebagai bobot Ajaib. Karena pada ukuran ini harga berlian nantinya akan meningkat secara eksponensial.

Dirankan jika membeli berlian belilah yang di bawah bobot Ajaib, meski berat ini sangat sulit ditemukan. Hal ini dikarenakan harga berlian dengan bobot Ajaib akan mencapai 50% lebih mahal dibandingkan dengan berlian yang bobotnya sedikit lebih kecil.

2. Warna Berlian

Warna berlian yang berbeda meski sedikit pun akan mempengaruhi harga berlian tersebut. hal ini disebabkan berlian ditemukan dalam banyak warna dan setiap warna memiliki harganya sendiri.

Banyak orang yang lebih sukan berlian dengan kejernihan tinggi walau harus mengorbankan factor warna untuk faktor kemurnian karena terlihat lebih mewah. Namun tak sedikit juga yang lebih mementingkan factor warna dibanding faktor yang lainnya.

3. Potongan Berlian

Faktor ini menjadi hal yang berpengaruh pada keindahan, kilauan, kecemerlangan, dan api. Jika Anda menemukan berlian yang dijual di pasaran, berlian itu tidak memiliki kualitas potongan yang bagus.

Berlian yang memiliki model potongan yang baik akan terlihat lebih berkilau dan indah. Hal ini dikarenakan potongan berlian dengan proporsi yang tepat cahayanya akan Kembali ke bagian atas berlian.

Tentu potongan berlian yang bagus akan meningkatkan harga daripada potongan yang buruk. Maka dari itu pilihlah berlian dengan nilai pemotongan yang tinggi.

4. Bentuk Berlian

Faktor yang terakhir yang mempengaruhi harga berlian yakni bentuk berlian. Harga berlian yang berbentuk bulat akan lebih mahal dibanding dengan bentuk berlian yang oval, cushion cut, hingga princess cut.

Hal ini dikarenakan bentuk bulat memiliki tingkat kesulitan yang tinggi serta memiliki bentuk yang simple dan elegan. Harga bentuk bulat ini mencapai 2 kali lipat dengan bentuk berlian cushion cut atau princess cut.

Penutup

Itulah tadi faktor-faktor yang mempengaruhi harga berlian. Semoga kini Anda tidak bingung lagi kenapa harga berlian sangatlah mahal. Pelajari lebih lanjut tentang cara memilih berlian yang baik, agar mendapatkan berlian yang benar-benar bagus.

Berlian yang bagus juga akan menghasilkan perhiasan seperti cincin atau kalung berlian mewah. Semoga bermanfaat.