Ini Empat Keutamaan Tahlil, yang Ketiga Buat Masuk Surga dari Pintu Mana  Saja | Bincang Syariah

Tahukah kamu bahwa membaca surat Yasin dan tahlil adalah suatu tradisi yang hanya dilakukan umat Muslim di Indonesia? Aktivitas keagamaan ini biasanya dilaksanakan ketika kerabat, tetangga, saudara telah berpulang ke Rahmatullah. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengirim doa bagi orang-orang yang telah meninggal dunia, terlebih lagi dapat menjadi suatu amalan. Sehingga kita akan mendapat pahala ketika membacanya.

Tahlil dan Yasin sendiri seolah telah menjadi satu kesatuan dalam kegiatan ini, namun surat Yasin sendiri merupakan “jantung” dari Al-Quran. Maka dari itu Rasulullah SAW menyarankan bagi umatnya agar memperbanyak membaca surat Yasin, tidak terbatas ketika hari Jumat. Selain itu terdapat satu hadist khusus yang menjelaskan tentang keutamaan membaca surat Yasin. Dari Anas, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya bagi setiap perkara ada intinya (hati) dan inti dari Alquran adalah surat Yasin. Dan barangsiapa membaca surat Yasin, Allah menuliskan dari bacaannya sebanyak 10 kali membaca Alquran”.

Terdapat penjelasan pula bahwa kalimat tahlil yang berbunyi Laa ilaaha illallaah (tiada Tuhan selain Allah) adalah suatu penegasan bagi seorang Muslim yaitu Allah Maha Esa dan tidak ada satupun yang mampu menandinginya. Untuk itulah kalimat laa ilaaha illallaah merupakan kalimat yang digunakan sebagai dzikir untuk mengagungkan Allah SWT.

 

Nah kali ini kami akan membahas seputar keutamaan membaca surat Yasin dan tahlil. Dari pada berlama-lama, langsung saja berikut keutamaan membaca surat Yasin dan tahlil.

 

Keutamaan Membaca Tahlil

Kali ini kita akan mengulas terkait keutamaan membaca tahlil, di mana bacaan tahlil pasti ada dalam setiap rangkaian tahlilan. Hal itu terjadi karena kalimat tauhid merupakan dzikir yang paling utama. Bahkan Nabi Muhammad SAW bersabda: “Dzikir yang paling utama adalah membaca Laa ilaaha illallaah” (HR at-Turmudzi).

Mengutip dari sumber buku berjudul Agar Terhindar dari Kemiskinan tulisan Atiqah Hamid (2018), berbagi keutamaan tahlil diantaranya:

  • Kalimat tahlil adalah dzikir yang paling baik.
  • Sebagai jaminan untuk keluar dari api neraka.
  • Mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW.
  • Kalimat tahlil merupakan shadaqah.
  • Kunci dari delapan pintu surga.
  • Merupakan amalan yang paling utama dan merupakan pelindung dari godaan setan.

 

Keutamaan Membaca Surat Yasin

Surat Yasin sendiri merupakan surat ke-36 di dalam Al-Quran yang memuat tiga hal utama antara lain;

  • Hari kebangkitan
  • Kisah penduduk desa
  • Kalimat-kalimat yang menunjukkan keagungan Allah SWT.

 

  1.  Diampuni dosanya dimasa lampau

Keutamaan membaca surat Yasin yang pertama ialah diampuni dosa-dosanya di masa lampau, hal tersebut dijelaskan dalam hadist dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Yasin pada satu hari satu malam dengan mengharap ridha Allah, ia akan diampuni (dosa-dosanya)”.

  1. Mempermudah urusan

Keutamaan membaca surat Yasin yang kedua yaitu dapat mempermudah segala urusan kita. maka dari itu sudah seharusnya umat Islam mulai mempertimbangkan untuk membaca surat Yasin agar selalu dilancarkan urusannya oleh Allah SWT.

  1. Meringankan siksa kubur

Keutamaan membaca surat Yasin selanjutnya yaitu ketika surat Yasin dibacakan kepada orang yang sudah tiada, niscaya akan diringankan siksa kuburnya. Hal tersebut terdapat dalam hadist, dari Anas berkata: Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang memasuki pekuburan, bacalah surat Yasin, Allah akan meringankan (siksa) dari mereka (penghuni kubur) dan ia akan mendapatkan sejumlah pahala kebaikan dari surat Yasin tersebut”.

Itulah beberapa informasi terkait keutamaan membaca tahlil dan surat Yasin, jangan lupa untuk mencari tahu informasi tentang bacaan tahlil lengkap.

By sartika