Cara Buang Sampah yang Tepat dan Ramah Lingkungan

Cara Buang Sampah yang Tepat dan Ramah Lingkungan

Kebersihan adalah kunci kesehatan yang khusus. Sayang, ada banyak orang yang lupa jaga kebersihan diri dan lingkungannya dengan buang sampah asal-asalan. Walau sebenarnya, tanpa diakui, ada beragam bahaya yang mengincar karena asal-asalan buang sampah. Lantas, bagaimanakah cara buang sampah yang pas dan ramah lingkungan?

Langkah buang sampah yang betul

Mencuplik dari Tubuh Litbang Kemendagri, kesadaran warga akan keutamaan jaga kebersihan masih termasuk rendah dan harus ditekankan manfaat sampah bagi lingkungan.

Cuman 20 % dari keseluruhan warga Indonesia yang perduli pada kebersihan sekitar lingkungan dan efeknya pada kesehatan.

Maknanya, dari sekitaran 262 juta orang Indonesia, lebih kurang cuman 52 juta orang yang betul-betul perduli dan mengaplikasikan langkah buang sampah yang betul.

Walau sebenarnya, mengurus sampah dengan benar dan baik tidak sesusah yang dipikirkan, lho! Lihat langkah-langkah berikut untuk tahu langkahnya:

1. Ketahui tipe sampah
buang sampah asal-asalan

Tidak seluruhnya sampah yang hendak Anda buang itu sama. Sampah terdiri jadi beberapa macam, yakni organik, anorganik, dan B3.

Sampah organik
Sampah organik ialah sampah yang gampang membusuk dan tergerai, seperti yang dari tanaman atau makhluk hidup.

Sampah tipe ini akan lewat proses biodegradasi alias penguraian oleh mikroorganisme. Contoh-contoh sampah organik ialah:

tersisa makanan,
kertas pembungkus makanan (terkecuali styrofoam),
kayu,
tisu, dan
daun-daun.
Sampah anorganik
Sesuai namanya, sampah anorganik tidak bisa tergerai dengan alami seperti sampah organik. Nama lain dari sampah tipe ini ialah sampah kering.

Sampah-sampah itu umumnya terbagi dalam:

plastik,
besi,
barang pecah iris (kaca, keramik, dan tembikar), dan
perlengkapan electronic.
Sampah B3
B3 ialah ringkasan dari “bahan beresiko dan beracun”. Sampah tipe ini umumnya datang dari elemen yang bisa mencemarkan lingkungan hingga tidak dapat Anda buang asal-asalan.

Contoh-contoh sampah B3 mencakup:

detergen,
produk pencuci rumah,
semir sepatu,
toksin tikus, dan
zat kimia yang lain (amonia, asam asetat, formalin, dan yang lain).
2. Pisah sampah sama sesuai macamnya
Kantong sampah khusus

Saat sebelum buang sampah di dalam rumah, seharusnya golongkan sampah sesuai macamnya. Misalkan, tidak boleh menyatukan sampah organik dengan anorganik.

Karenanya, tidak ada kelirunya sediakan beberapa tempah sampah untuk memuat sampah yang lain.

Langkah ini akan menolong tentukan ke mana sampah akan Anda buang. Misalnya, apa sampah akan didaur ulangi, dipendam, atau dibuang ke arah tempat pembuangan khusus?

3. Buang sampah pada lokasi yang sama sesuai

Sesudah dipisah-pilah, saat ini Anda dapat semakin gampang untuk putuskan apa ingin mendaur ulangi atau buang sampah itu.

Kebingungan bagaimanakah cara salurkan sampah sama sesuai macamnya? Berikut tips-nya:

Langkah buang sampah organik
Untuk sampah organik seperti tersisa makanan dan dedaunan, Anda dapat memprosesnya jadi pupuk kompos.

Dengan langkah ini, Anda jadikan sampah-sampah di dalam rumah lebih berguna untuk sekitar lingkungan.

Berhati-hati, tidak seluruhnya sampah organik dapat didaur ulangi jadi pupuk. Menurut situs Environmental Protection Agen, berikut beberapa sampah yang seharusnya tidak jadi pupuk:

produk buatan susu (mentega, susu, yoghurt),
telur,
lemak dan minyak,
daging dan tulang, dan
kotoran hewan.
Seharusnya, pisah sampah-sampah di atas dari sampah yang hendak Anda menjadikan pupuk. Buanglah pada tempat khusus atau kontak jasa pemrosesan sampah paling dekat.

Langkah buang sampah anorganik
Saat sebelum sampah anorganik cepat-cepat Anda buang, seharusnya coba pikirkan mendaur ulangi jadi barang yang bermanfaat, bahkan juga mempunyai harga jual.

Mengambil misalnya, sampah botol plastik dapat Anda membersihkan dan jadi pot tanaman.

Tetapi, jika Anda tidak punyai beberapa waktu, sekarang ini telah banyak komune yang terima pembuangan sampah anorganik untuk didaur ulangi.

Lihat apa sampah-sampah anorganik yang tidak kepakai masih pantas untuk didaur ulangi atau mungkin tidak. Yakinkan sampah itu masih juga dalam keadaan lumayan baik.

Langkah buang sampah B3
Sampah B3 jangan Anda buang bertepatan dengan sampah organik atau anorganik. Umumnya, sampah tipe ini dibuang ke arah tempat pembuangan khusus sampah beresiko.

Karena buang sampah asal-asalan
Selainnya membuat lingkungan rumah terlihat kotor dan kotor, buang sampah asal-asalan dapat memunculkan bermacam bahaya untuk kesehatan.

Berikut beberapa resiko yang perlu ditemui bila Anda kerap buang sampah asal-asalan tidak pada tempatnya.