Cara Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Baik Dan Benar Dilakukan

Diet merupakan menjaga pola dan nafsu makan yang dikonsumsi sehari – hari. Diet bukan berarti mengurangi berat badan dan menjadikan tubuh langsing sempurna. Diet dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan seseorang. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kesehatan seseorang tersebut. Bahkan pada masa menyusui pun dapat dilakukan kegiatan diet tersebut.

Dalam menjalani diet sehat ibu menyusui, dibutuhkan konsumsi nutrisi yang penting. Salah satunya adalah karena sang ibu masih melakukan kegiatan menyusui. Sehingga tidak sembarang diet yang dapat dilakukan oleh ibu. Sebab apabila sembarangan dilakukan maka akan mempengaruhi produksi ASI untuk anak. Oleh karena itu, beragam diet sehat ibu menyusui diberikan dan disarankan.

Diet sehat ibu menyusui dapat dilakukan asal konsumsi pangan selama kegiatan tersebut berlangsung tidak mengganggu proses menyusui. Diet sehat ibu menyusui dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pembentukan ASI. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai salah satu bahan atau komponen sumber energy selama diet. Sehingga mengonsumsi makanan kaya protein selama program diet sehat ibu menyusui dianjurkan.

Selain mengonsumsi protein, diet sehat ibu menyusui juga dilakukan dengan mengonsumsi air yang cukup. Sebab, selama melakukan diet sehat ibu menyusui asupan air diperlukan dan cukup untuk menghindari dehidrasi. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kandungan ASI yang diberikan oleh buah hati. Sehingga konsumsi harian sang ibu dapat terjaga. Sebab itu, penting bagi ibu mendapatkan cairan yang cukup selama masa diet sehat ibu menyusui.

Diet sehat ibu menyusui dimulai dengan konsumsi buah dan sayur yang cukup. Dimana kondisi tersebut akan mendukung asupan nutrisi dan vitamin serta mineral selama diet sehat ibu menyusui. Selain itu, konsumsi makanan ini juga baik untuk imunitas si kecil. Konsumsi buah dan sayur juga mendukung kebutuhan serat sang ibu. Disamping itu, makanan kaya protein seperti daging dan juga susu diperbolehkan selama diet sehat ibu menyusui. Sumber protein juga berasal dari konsumsi kacang – kacangan serta telur.

Selama menjalani diet sehat ibu menyusui, diusahakan sang ibu menghindari makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Salah satu contohnya adalah biscuit, ataupun coklat. Beragam makanan tersebut dapat diganti dengan konsumsi makanan seperti biji- bijian yakni kismis dan biji bunga matahari. Selain itu, konsumsi kue manis juga dapat diganti dengan konsumsi salad. Sehingga beragam nutrisi yang masuk sesuai dengan kebutuhan tubuh dan juga mendukung produksi ASI.

Dalam menjalankan diet sehat ibu menyusui, perlu memastikan makanan yang dikonsumsi mendukung imunitas bayi. Selain itu, beragam makanan yng dikonsumsi mendukung terbentuknya ASI. Penting memperhatikan kebutuhan cairan tubuh ibu selama menjalani proses diet sehat ibu menyusui. 

 

By Nerissa