Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah

Rayap seringkali menjadi masalah utama perusakan furnitur di rumah Anda. Rayap tidak dapat kembali ke koloninya hanya sekali. Berikut ini daftar cara menghilangkan rayap dari furnitur rumah yang bisa Anda coba. Cek informasinya!

Rayap merupakan salah satu jenis serangga yang masih satu urutan dengan kecoa. Hewan dengan nama ilmiah Isoptera hidup berkoloni atau berkelompok.

Rayap hidup seperti semut dengan induk atau ratu besar yang bertelur dalam jumlah besar sementara anggota lainnya mencari dan membangun sarang.

Hama ini sangat berbahaya karena sering menyerang furnitur kayu dan benda lain (seperti buku, kursi, meja, dll).

Pada dasarnya habitat rayap ada di dalam tanah dan di tempat yang lembab. Mereka sangat tidak suka berada di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Ketika koloni rayap menemukan tempat bersarang yang sesuai, mis. B. furnitur kayu busuk atau inferior, mereka menggerogoti sampai rusak parah.

Tidak hanya itu, furnitur yang dipenuhi rayap juga berbau tidak sedap dan dapat terbentuk jamur yang dapat semakin merusak furnitur. Jika sudah begini, Anda perlu tahu cara membasmi rayap dan melakukannya segera.

Bagaimana cara membasmi rayap

Ada beberapa cara membasmi rayap, diantaranya sebagai berikut:

1. Buka semua ventilasi di dalam rumah

Cara pertama untuk membasmi rayap adalah dengan membuka ventilasi apa pun di rumah Anda. Jangan biarkan ventilasi tertutup untuk menghalangi sirkulasi udara. Jika tidak, sinar matahari yang seharusnya masuk melalui ventilasi akan terhalang oleh tirai yang menutupinya.

Jika ternyata ventilasi di rumah tidak cukup untuk banyak furnitur, maka pertimbangkan untuk meningkatkan ventilasi rumah.

2. Jemur furnitur di bawah sinar matahari langsung

Pernahkah Anda menangkap rayap yang sedang menghancurkan furnitur Anda? Segera keringkan furnitur di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung.

Waktu terbaik untuk mempraktikkan metode pengendalian rayap ini adalah pada siang hari saat suhu matahari sedang mencapai puncaknya. Rayap dijamin akan segera kabur dan meninggalkan furnitur.

Kemudian bersihkan furnitur dengan tisu atau cairan, keringkan dan masukkan kembali.

3. Semprot dengan air cucian beras

Siapa sangka air cucian beras juga bermanfaat untuk membasmi rayap. Anda bisa menyimpan air cucian beras dalam botol semprot dan kemudian menyemprotkan cairan tersebut ke furnitur atau area yang terkena rayap.

Jangan lupa untuk menyemprotkannya di tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Ini adalah cara terbaik untuk membasmi rayap lebih cepat.

4. Semprot dengan asam borat

Cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan menggunakan senyawa kimia yang disebut asam borat. Zat ini juga dikenal dengan hidrogen borat, yang banyak digunakan sebagai insektisida atau insektisida.

Asam borat tersedia tanpa resep di toko bahan kimia dan pasar online. Ini digunakan dengan melarutkan asam borat dalam air atau alkohol dan kemudian menuangkannya ke dalam botol semprot. Anda kemudian dapat langsung menyemprot rayap yang mencurigakan.

5. Gunakan kapur barus

Kapur barus, biasanya digunakan sebagai penyegar lemari atau untuk menghilangkan jamur, juga merupakan pembunuh rayap yang hebat. Ini karena kamper mengandung naftalen sebagai pengusir serangga.

Setelah rayap hilang, sebaiknya kamper diletakkan di dekat benda yang sensitif terhadap kelembapan. Kamper menyerap kelembapan dan mencegah pembentukan jamur, sehingga rayap tidak pernah kembali.

6. Memperbaiki keramik yang rusak

Keramik pecah pada lantai dan dinding, membuat lubang yang memudahkan rayap masuk ke rumah Anda. Rayap yang sebelumnya berada di tanah akan segera masuk dan mencari titik terbasah untuk dijadikan sarang.

Oleh karena itu, disarankan untuk membasmi rayap dengan segera memperbaiki gerabah yang rusak dengan gerabah baru. Tutupi lubang untuk mencegah rayap masuk ke rumah Anda.

7. Memperbaiki pipa yang rusak

Selain masalah lubang, pipa air yang rusak juga bisa mengundang rayap untuk masuk ke rumah Anda. Hal ini terjadi karena kelembaban yang dihasilkan semakin tinggi saat tetesan air mengalir.

Lagi butuh jasa anti rayap batam? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.