Resep Sambal Matah Enak dari Chef Yummy
source gambar : yummy.co.id

Bali tidak hanya terkenal dengan keindahan pulaunya saja, Bali juga terkenal karena ragam kulinernya yang cukup beragam. Biasanya saat kita mengunjungi daerah atau tempat wisata selain tempatnya yang kita tuju, kuliner setempatnya pun seringkali menjadi incaran untuk dicoba.

Sebenarnya di setia daerah di Bali memiliki makanan khasnya tersendiri, tetapi makanan khas Bali yang sudah seperti menjadi ciri khas Bali adalah sambal matahnya. Ya, meskipun sambal matah ini bukan merupakan makanan utama tetapi tetap saja rasanya kurang lengkap jika menyantap kuliner Bali tanpa menggunakan sambal matah sebagai cocolan sambalnya.

Saat ini untuk bisa merasakan nikmatnya sambal matah ini kita sudah tidak perlu berkunjung langsung ke Bali. Karena saat ini sudah banyak sekali restoran maupun rumah makan yang menyajikan menu sambal matah ini sebagai salah satu pilihan menu ragam sambalnya.

Keunikan sambal matah dibanding sambal – sambal lain adalah sambal ini dibuat dengan menggunakan bahan – bahan mentah. Belum lagi sambal ini juga menggunakan sereh yang membuat rasa dan aroma sambal ini menjadi sangat berbeda dari sambal lain. Selain itu sambal ini juga sangat cocok dimakan dengan jenis makanan apapun.

Untuk bisa mencicipi nikmatnya nikmatnya rasa sambal matah ini, anda juga bisa coba untuk membuatnya dirumah dengan mengikuti resep dan cara membuat sambal matah berikut ini.

Bahan – bahan yang harus dipersiapkan :

  • 10 cabai rawit merah
  • 7 buah bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 10 lemba daun jeruk
  • 3 batang serai
  • 25 gram daun kecombrang
  • 2 sdt air perasan jeruk
  • 5 gram terasi
  • Gula, garam, dan penyedap secukupnya
  • Minyak kelapa panas secukupnya

Selanjutnya ikuti langkah – langkah pembuatan sambal matah berikut ini :

  1. Pertama tumis terasi menggunakan minyak kelapa sampai harus lalu angkat dan sisihkan.
  2. Selanjutnya iris – iris tipis semua bahan membuat sambal seperti cabai rawit, bawang merah, serai, daun kecomrang, dan daun jeruk. Sedangkan untuk bawang putih diiris kasar saja.
  3. Setelah itu goreng bawang putih dengan menggunakan api kecil sampai tercium aroma harum, lalu angkat dan sisihkan.
  4. Setelah itu masukan semua bahan – bahan yang sudah diiris kedalam satu wadah, masukan juga bawang putih yang sudah ditumis dan masukan juga terasi yang sudah digoreng sebelumnya. Aduk – aduk sampai semuanya merata.
  5. Setelah semua tercampur rata tambahkan air perasan jeruk lalu tambahkan garam, gula, dan penyedap lalu aduk – aduk kembali.
  6. Setelah semua bahan tercampur rata siram minyak kelapa yang sudah dipanaskan ke mangkuk tersebut, lalu aduk – aduk.
  7. Sambal matah spesial pun siap untuk disajikan.

Bagaimana ? apakah anda tertarik untuk membuat sambal matah ini. Rasanya yang pedas dan juga segar sangat cocok disantap bersama dengan masakan – masakan Indonesia yang juga kaya akan bumbu. Penambahan sambal matah ini akan membuat makanan yang anda makan semakin kaya rasa.

Sambal matah ini juga sangat mudah untuk dibuat oleh siapapun karena bahan – bahan yang digunakan pun sangat muadh dibeli di warung – warung sayur ataupun pasar. Biasanya satu resep sambal matah diatas bisa dimakan oleh 4 -5 orang jadi jika orangnya lebih banyak maka anda bisa menyesuaikan kembali bahan – bahan sambal matah yang akan digunakan.

By sartika