Cari Jual Kaos Polos Untuk Sablon? Simak Langkah Sablon Kaos Dengan Teknik Emulsi

Usaha sablon kaos tidak bisa dipisahkan dari yang namanya bahan utama berupa kaos polos. Nah teknik sablon kaos ada bermacam-macam salah satunya disebut sebagai teknik emulsi. Teknik ini merupakan salah satu teknik sablon yang rumit tapi bisa menghasilkan kaos sablon berkualitas. Bahkan bisa dikatakan hasil dari sablon dengan teknik emulsi ini paling sempurna dan sangat detail.

Di tengah meningkatnya minat sablon kaos, usaha jual kaos polos juga semakin marak di mana-mana. Nah disini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah penyablonan kaos dengan teknik emulsi.

  • Persiapan Bahan

Yang pertama sekali dilakukan sebelum menyablon adalah menyiapkan bahan nya terlebih dahulu. Ada beberapa bahan yang harus disiapkan seperti screen untuk pencetakan, tinta screen printing, kaca ukuran screen, penjepit dan meja sablon. Tentunya tidak ketinggalan adalah kaos polos untuk di sablon.

  • Buat Desain

Kemudian Anda harus menentukan desain gambar yang akan dicetak. Desain gambar bisa dibuat dengan program grafis menggunakan komputer. Buat desain yang sesuai dengan bentuk konsep kaos agar hasilnya lebih baik. Usahakan agar mendapatkan bahan kaos yang berkualitas. Jual kaos polos ada dimana-mana, Anda tinggal memilih kaos untuk sablon sesuai dengan budget yang dimiliki.

  • Cetak Desain

Kini saatnya melakukan pencetakan desain pada lembar transparan. pencetakan ini nantinya akan digunakan untuk proses sablon emulsi. Pencetakan desain pada lembar transparan menggunakan printer laser.

  • Pencampuran

Selanjutnya adalah proses pencampuran foto emulsi dan sensitizer. foto emulsi menjadi bahan utama yang digunakan dalam sablon kaos harus dicampur kan dulu dengan sensitizer. Pencampurannya dengan perbandingan 1:1 lalu ditambah dengan sedikit air. Kemudian campuran secara merata menggunakan kuas lukis yang halus dengan ukuran kecil.

  • Siapkan Screen

Kini saatnya menyiapkan screen. persiapan dilakukan dengan cara mengembalikan screen agar bagian bawahnya menghadap ke atas. Lalu pada masing-masing ujung  menggunakan penjepit agar screen tidak bergerak dan merusak desain sablon.

Nah setelah itu paparkan cahaya alami untuk hasil sablon yang lebih maksimal dari matahari. Bawa screen ke bawah sinar matahari secara perlahan tapi jangan terlalu lama. karena efek matahari yang terlalu lama bisa membuat desain jadi terbakar dan tidak dapat dicuci.

  • Pencucian Screen

Tahap ini adalah pencucian screen setelah proses membuka Lapisan kaca dan kertas transparan yang sudah disusun sebelumnya. Cuci screen hingga namun jangan sampai mengenai desain yang sudah anda buat di kertas transparan.

Setelahnya lakukan pemeriksaan pencetakan. Pertama sekali dikeringkan terlebih dahulu lalu diangkat ke arah cahaya. pastikan tidak ada lubang pada cetakan karena akan mengganggu proses selanjutnya.

  • Pemanasan Tinta

Sekarang saatnya proses pemanasan tinta. proses pemanasan ini dilakukan searah dengan cetakan tinta berada jangan terlalu lama hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Proses ini dilakukan untuk memastikan kualitas sablon lebih awet dan tidak mudah mengelupas.

Demikian langkah-langkah pembuatan kaos sablon dengan teknik emulsi. Meskipun rangkaian prosesnya cukup panjang tapi pastinya hasil sablon yang didapatkan sangat maksimal. Nah bagi Anda yang sedang mencari kaos polos untuk kebutuhan sablon, sangat tepat untuk memilih toko online terpercaya yaitu polos.co.id. Toko ini menyediakan kaos dengan motif polos dari berbagai warna dan ukuran. Menariknya lagi toko ini kaos dengan ukuran jumbo untuk  pemilik tubuh big size yang mungkin cukup kesusahan dalam memilih size baju. Jadi tunggu apalagi segera kunjungi polos.co.id dan temukan katalog kaos yang anda butuhkan.