Kurikulum tahun awal internasional atau yang juga dikenal dengan IEYC (International Early Year Curriculum) merupakan salah satu dasar pendidikan terbaik untuk tingkat prasekolah. Salah satu sekolah yang menggunakan kurikulum tersebut adalah Global Sevilla. Namun apa itu kurikulum dan bagaimana sekolah menerapkannya? Berikut beberapa poin yang bisa dipelajari saat Anda memilih dan mempertimbangkan penawaran dan daya tarik Preschool Jakarta Barat’s dari Global Sevilla.

IEYC Sebagai Kurikulum Internasional

Kurikulum ini dibuat dan dikembangkan oleh pendidikan lapangan dari Inggris. Kurikulum ini merupakan dasar pembelajaran yang terkenal dan digunakan di banyak sekolah. Secara umum, kurikulum ini menyoroti pembelajaran yang menyenangkan, menarik, dan holistik untuk anak-anak. Dengan demikian, siswa dinilai melalui perkembangannya, bukan hanya nilainya saja. Hal itu membuat pembelajaran lebih bermakna dan dapat diterima oleh siswa yang lebih muda. 

Bagaimana Sekolah Menerapkan Kurikulum?

1. Program Kelas yang Berbeda

Untuk membuat sekolah sepenuhnya menekankan dan mengintegrasikan kurikulum, Global Sevilla menawarkan lima program kelas yang berbeda. Dimulai dengan kelas balita di mana siswa menggunakan waktu mereka untuk mempelajari keterampilan dasar. Di kelas yang lebih tinggi, pre-nursery, dan nursery, Preschool Jakarta Barat memperkenalkan pembelajaran mereka dengan kesenangan sensorik, permainan, dan kerajinan tangan.

Seiring bertambahnya usia siswa, pendidikan prasekolah mulai fokus pada pengembangan kesadaran diri dan kepercayaan diri anak. Dan pada tingkat Taman Kanak-kanak 1 (TK A) atau Taman Kanak-kanak 2 (TK B) siswa diberikan pendidikan yang lebih kompleks dan menantang. Hal ini untuk memicu lebih banyak pembelajaran sekaligus mempersiapkan diri untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu sekolah dasar.

2. Melalui Pendidikan Akademik atau Pembentukan Karakter

Mengikuti prinsip pendidikan pembelajaran yang berfokus pada pembangunan karakter dan pengembangan pribadi, sekolah menyoroti pentingnya enam bidang pembelajaran dan pengembangan. Hal ini mencakup pertumbuhan siswa dalam keterampilan dan aspek fundamental tertentu, seperti kemampuan kognitif, keterampilan sosial, pemikiran kreatif, pembelajaran emosional, pertumbuhan fisik, dan pemahaman tentang dunia.  

3. Pembelajaran yang Menyenangkan dan Menarik

Meskipun fokus dan unit pembelajaran dari IEYC sangat luas, semuanya memiliki cara yang sama dalam pelaksanaannya. Preschool Jakarta Barat menggunakan dasar IEYC untuk menyesuaikan kegiatan praktis dan menyenangkan bagi setiap siswa dan kelas. Sekolah menggunakan lagu, lirik, permainan, presentasi, drama, seni, dan kerajinan tangan, dalam cara-cara menghibur lainnya untuk kelas mereka. Hal ini menarik perhatian dan keingintahuan anak-anak, serta mendukung aktivitas otak mereka.

Global Sevilla tahu bahwa standar internasional dan pendidikan harus menjadi pertimbangan utama dalam industri. Siswa perlu mendapatkan pendidikan yang tepat di usia muda, yang memperkenalkan tantangan, panduan untuk siap ke tingkat yang lebih tinggi, dan mengajarkan mereka lebih dari sekedar hasil akademik. Ini menunjukkan alasan mengapa Anda harus memeriksa dan mempertimbangkan Global Sevilla.

 

By roket