Kumpulan Artikel Product Management dari Binar Academy

Perusahaan sering meminta kandidat pekerja dengan pengalaman lama, tapi sebenarnya pengalaman seorang kandidat tanpa pekerjaan tetap mampu bersaing atau mereka yang fresh graduate tetap bisa percaya diri melamar pekerjaan pertama. Dengan product management certification misal yang menjadi cara untuk lebih sukses mendapat pekerjaan pada lingkup posisi product management tersebut pastinya.

Ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika mengikuti kelas product management

Dapat merasakan pengalaman praktik product management secara langsung

Lewat program kelas Product Manager, tak hanya bisa mendapatkan kesempatan belajar teori seputar product management saja, kelas ini membuat kamu mendapatkan pengalaman praktik langsung. Materi kelas product management umumnya sudah didesain agar menerapkan teori sekaligus pengembangan teori tersebut mulai dari seputar konsep produk, perencanaan produk, riset pasar, produksi dan konsep.

 

Kesempatan belajar dari ahli product management

Jika mentor menjadi pertimbangan utama sebelum menentukan kelas manajemen produk, maka sebenarnya wajar saja. Tentu kamu ingin mendapat bimbingan dari mentor kredibel, dan berpengalaman pada bidangnya.

Biasanya kelas product management memberikan kesempatan seperti ini sehingga bisa belajar baik itu teori, praktik materi langsung, dan sekaligus insight terkait practice terbaik dari pembelajaran product management lewat ahlinya.

 

Meningkatkan kepercayaan diri

Untuk pemula atau baru ingin memulai karier product management, maka kemungkinan besar merasa insecure pada saat melamar atau ikut wawancara kerja. Kalau kamu sukses mendapat pekerjaan product management berdasarkan keinginan, terkadang insecure masih ada.

Lewat kursus product management, maka kamu bisa lebih meningkatkan kepercayaan dirimu terhadap skill-skill yang dipunya, termasuk mengurangi insecure bahkan menghilangkan insecure tersebut.

Kursus atau kelas manajemen produk menawarkan kesempatan praktik langsung. Pengalaman menggarap project dengan bimbingan mentor ahli bisa membantu mengangkat keyakinan terhadap diri sendiri.

Lalu hal tersebut dapat juga meningkatkan performa bekerja nantinya.

 

Menunjukkan pengalaman untuk calon perusahaan

Saat menyelesaikan pelatihan management ini, maka kamu bisa mendapatkan sertifikat. Walau sertifikat tersebut tidak menjadi jaminan utama mendapatkan pekerjaan, hal yang lebih ditekankan yaitu seluruh pengalaman, kepercayaan diri dan pengetahuan yang diperoleh selama ikut kelas manajemen produk.

Selama program, kamu mendapatkan pengalaman rancangan produk mulai hulu hingga hilir. Lewat pengalaman mengerjakan mini project, bisa diceritakan proses tersebut dengan lancar di hadapan tim rekruter.

Kamu dapat memamerkan keahlian dan pengalaman selama ikut kelas manajemen produk.

 

Kesempatan untuk maju lebih besar

Karyawan baru juga mengemban ekspektasi atasan. Maka dari itu, wajar kamu merasa terbebani atau gugup ketika hari-hari pertamamu menjadi Product Manager. Program kelas manajemen produk yang tepat dapat membantu kamu mendapat gambaran lebih jelas mengenai rutinitas pekerjaan manajer produk termasuk yang utama adalah mengelola seperti apa prioritas yang tepat dipilih.

 

Menyegarkan pengetahuan dasar product management

Jika kamu sudah pernah ikut dalam lingkup product management, besar kemungkinan sudah mengembangkan langkah dan proses bagi perusahaan. Tetapi seperti apa hal yang cocok bagi perusahaanmu tidak mesti tentu cocok dengan industri lain.

Maka dari itu, tidak ada salahnya kembali ke dalam basic ilmu product management tersebut dan mengenali apa saja tanggung jawab manajer produk secara lebih luas. Manfaat lainnya dari kelas manajemen produk yaitu mendapatkan pendekatan atau ide-ide baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya dan berbagai manfaat baik lainnya.

Demikian saja informasi kali ini dan semoga dapat bermanfaat.

By Drajad