Jenis Kopi yang Cocok Menggunakan Manual Brewing V60

Jenis Kopi yang Cocok Menggunakan Manual Brewing V60

Para penggemar kopi tentunya sudah tidak asing lagi dengan cara menyeduh kopi ini. V60 merupakan metode menyeduh kopi 100% menggunakan tangan yang biasa digunakan di kedai kopi ataupun di rumah.

Membuat kopi dengan metode V60 sangat sederhana. Untuk melakukan ini, Anda bisa menuangkan air panas secara perlahan dengan gerakan memutar di sekitar bubuk kopi. Setelah itu, tunggu saja kopi menetes ke dalam cangkir melalui saringan kertas khusus.

Keuntungan menggunakan teknologi V60 adalah kopi yang digunakan lebih bersih dan tidak terlalu berminyak. Kopi yang dihasilkan melalui teknologi V60 juga akan menunjukkan rasa dan aromanya yang khas

Namun, tidak semua kopi bisa diseduh dengan cara ini. Sivaraja, pemilik Amstirdam Coffee Malang yang juga merupakan juri teknis bersertifikat WBC dan WLAC 2019-2021 menjelaskan bahwa kopi cocok untuk diseduh menggunakan V60 adalah kopi arabika.

V60 Dengan Kopi Arabika

Kopi arabika cocok untuk diseduh menggunakan metode ini karena dibandingkan dengan kopi Robusta, kopi ini memiliki kandungan asam yang lebih tinggi dan aroma yang lebih kuat. Misalnya ada kopi sunda gulali, kita bisa menyeduhnya dengan air bersuhu 94 derajat celcius. Tapi seiring perubahan masa jenis kopinya maka suhu yang dibutuhkan juga akan berubah.

Tingkat Roasting Kopi Juga Berpengaruh

Biasanya dark roasting tidak cocok untuk metode V60, kopi yang lebih cocok untuk metode V60 adalah light roasting hingga medium roasted. light roasting itu sendiri adalah memanggang biji kopi hingga menjadi coklat tua. Sementara itu, medium roast mengacu pada pemanggangan kopi hingga berwarna coklat tua cenderung gelap.

Tekstur Kopi V60

Menggunakan metode V60 untuk menyeduh kopi membutuhkan kopi bubuk. Namun, kopi bubuk yang digunakan haruslah yang lebih kasar daripada kopi bubuk espresso. Hasil kalibrasi akan ditentukan oleh hasil gilingan kopi.

Raja menjelaskan: “Oleh karena itu, permintaan untuk penggilingan agak sulit.”

Kopi yang diseduh ini akan memiliki rasa yang seimbang. Ada rasa manis dengan keseimbangan keasaman dan kepahitan yang pas. Kombinasi yang tepat dari ketiganya akan mempengaruhi keseimbangan rasa kopi.

Cara menyeduh kopi V60 sebenarnya lahir dari penemuan alat brewing atau biasa disebut dripper pada tahun 2004 silam. Penciptanya adalah perusahaan bernama Hario dari Tokyo, Jepang. Nama V60 dipilih karena bentuknya yang mirip huruf “v” dengan sudut 60°. Cara menyeduh kopi ini berasal dari bubuk kopi yang diseduh perlahan setetes demi setetes. Untuk ini, V60 membutuhkan kertas saring atau filter khusus.

Karena metode pembuatan kopi V60 mengandalkan penyeduhan secara perlahan, gunakan ketel leher angsa agar anda dapat terus menuangkan air secara tepat dan tidak berlebihan. Jika Anda tidak memiliki ketel, Anda bisa menggunakan ketel lain asalkan lehernya sempit agar air bisa keluar secara perlahan. Namun apabila mengalami kesulitan, anda bisa menggunakan mesin kopi Nescafe Dolce Gusto.