Penerapan sumber listrik energi terbarukan mulai banyak ditemukan di Indonesia. Pemerintah dan perusahaan profesional pun mulai turut andil dalam prosesnya, seperti Sun Energy Indonesia. Namun, apakah memasang PLTS Atap dapat dilakukan semudah itu? Nyatanya tidak. Terdapat beberapa prinsip yang wajib dikenali dan dipahami oleh peminat itu sendiri.

Beberapa Prinsip Yang Wajib Diketahui

1. Cara Kerja dari sistem solar panel

Prinsip yang pertama adalah cara kerja dari sistem solar panel. Pada dasarnya, sistem ini bekerja dengan cara menggunakan fotovoltaik. Fotovoltaik adalah prinsip kerja yang mana menekankan proses penyerapan energi cahaya matahari menjadi listrik secara langsung. Di proses ini terjadi Fotolistrik, yang diolah di dalam sistem solar panel.

Terdapat pula prinsip kerja pemusatan energi cahaya surya. Di prinsip yang satu ini, sistem solar memiliki kombinasi sistem pelacak cahaya matahari. Fungsinya adalah untuk menggerakkan lensa atau cermin untuk memantulkan serta mengarahkan panas pada satu titik. Dengan teknologi, pemusatan energi akan lebih baik dan kinerja sistem solar panel pun lebih maksimal.  

2. Pengaplikasian Sistem Solar Panel

Untuk pengaplikasiannya sendiri, sistem solar panel sudah masuk Permen ESDM No.49 tahun 2018, No. 16 tahun 2019, dan No. 13 tahun 2019. PLTS Atap sendiri digunakan sebagai sistem on grid, yang mana menjadi sumber alternatif dari PLN. Besar maksimal daya adalah 100% dari daya tersambung pelanggan.

Lokasi pemasangan modul panel surya pun harus diletakkan di tempat yang layak, seperti atap, dinding, atau daerah lain. PLTS tersebut pun tersedia untuk pelanggan PLN, baik untuk rumah tangga, industri, bisnis, sosial, atau pemerintah. Sedangkan peraturan berkaitan dengan peranti mencakup adanya inverter, modul, sistem pengaman, sambungan listrik, dan meter KWh ekspor impor. 

3. Keamanan Pemasangan yang baik dan benar

Prinsip selanjutnya adalah untuk pemasangan. Keamanan pemasangan hendaknya mencakup kondisi rumah dan bangunan. Struktur atap harus mampu menahan beban tambahan panel surya, begitu pula dengan orientasi, dan bayangannya. Peminat pun hendaknya memiliki lembaga atau perusahaan terdaftar, seperti Sun energy untuk menjamin mutu produk.

4. Perawatan sistem solar panel

Untuk perawatan, PLTS atap tidak membutuhkan biaya tinggi atau perawatan khusus. Umumnya, perawatan rutin dilakukan di awal pemasangan guna memastikan sistem berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu, pemilik perlu menjaga kebersihan dan kinerja atap. Selepasnya, pemilik dapat berpaku pada kontrak atau garansi yang diberikan vendor. 

Menengok prinsip yang diberikan mungkin terkesan ribet. Namun, dengan bantuan perusahaan berkualitas dan profesional semuanya dapat dilalui dengan mudah. Sebut saja Sun Energy yang memberikan DP 0% alias tanpa uang muka. Semua prinsip pun akan dipastikan berjalan maksimal. Yang mana tidak boleh Anda lewatkan, dan segera cek Sun energy untuk tawaran terbaiknya.

Informasi lengkap mengenai layanan kunjungi : https://sunenergy.id

By Drajad