Payment QRIS mendukung transaksi digital berbasis teknologi. Sederhananya, metode ini memudahkan proses transaksi ke dalam sistem yang terintegrasi. Sebelum adanya QRIS, tiap kanal pembayaran punya kode QR yang berbeda. Hal tersebut berubah ketika QRIS diluncurkan Bank Indonesia pada tahun 2019. Kini, semua kanal pembayaran yang berbeda bisa melakukan transaksi cepat menggunakan satu kode QR.

 

Selain itu, QRIS menawarkan segudang keuntungan yang lainnya, seperti:

1. Mempercepat Proses Transaksi

QRIS bersifat digital atau dikenal dengan pembayaran non-tunai. Metode ini menawarkan transaksi yang lebih cepat dengan sekali pindai pada QR code. Proses ini bisa selesai dalam beberapa detik dengan rincian perhitungan yang dilakukan secara otomatis. Melalui pindai QR code ini, kasir dan pembeli tidak perlu buang- buang waktu menghitung uang kembalian.

2. Mempermudah Proses Transaksi

Bagi pemilik bisnis, QRIS memudakan mereka untuk memiliki sistem secara efisien. Maksudnya, mereka tidak perlu daftar satu persatu ke aplikasi pembayaran seperti OVO ataupun GoPay. Cukup menggunakan layanan QRIS dan toko Anda pun sudah support dengan puluhan metode pembayaran yang berbeda.

3. Terjangkau

Payment QRIS memiliki biaya transaksi yang cukup terjangkau. BI sendiri menetapkan angka 0,7% sebagai batas maksimal dalam pembayaran QRIS. Angka ini bisa dikurangi lagi tergantung dengan kondisi dan juga situasi. Nah bagi pembeli, mereka tidak akan terkena charge sebab toko merchant-lah yang akan menanggungnya.

4. Transaksi Lebih Aman

Transaksi digital justru lebih aman dibandingkan transaksi konvensional. Penjual tidak perlu khawatir dengan potensi kejahatan berupa uang palsu. Uang digital sulit dipalsukan sebab memiliki sistem keamanan yang sangat canggih.

Ya, sistem ini menerapkan keamanan tingkat tinggi untuk menjamin kenyamanan penggunaannya. Contohnya saja, setiap kali pelanggan bertransaksi, maka mereka harus memasukkan kode PIN sebagai verifikasi.

5. Bersifat Handal 

QRIS memudahkan penjua dan pembeli untuk melihat semua riwayat transaksi. Sistem akan memprosesnya secara otomatis, cepat dan juga akurat. Dengan begitu, pengguna QRIS lebih mudah melakukan pemantauan dan menentukan strategi bisnis yang terbaik.

Intinya, hadirnya QRIS di masyarakat menjadi solusi tepat dalam mengatasi persoalan transaksi. QRIS menawarkan sistem yang cangging dan terintegrasi dengan berbagai aplikasi. Integrasi inilah yang memberi keuntungan kepada penjual dan juga konsumen/pelanggan.

Bagaimana cara memasang payment QRIS ke dalam bisnis? Anda bisa menghubungi  penyedia payment gateway untuk melakukan instalasi. Salah satu payment gateway yang kami rekomendasikan adalah Duitku. Mengapa harus Duitku? Pertama, Duitku sudah diakui Bank Indonesia dan memiliki standar tingkat internasional. Kedua, Duitku menawarkan harga yang kompetitif, jelas, dan juga transparan. Terakhir, Anda bisa bergabung dengan perusahaan multinasional lainnya yang sudah bekerja sama dengan Duitku. Adapun proses pendafataran bisa dilihat di website https://www.duitku.com/.