IDN Media Hadirkan Media Bisnis Global FORTUNE ke Indonesia, Buat Apa?

Majalah Fortune Indonesia: Berita Bisnis Terbaru edisi kedua yang terbit pada 14 September 2021 lalu merilis pemeringkatan Fortune Indonesia 100. Daftar ini berisi 100 perusahaan terbesar di Indonesia, yang disusun setelah Tim Fortune Indonesia menelaah lebih dari 600 laporan finansial perusahaan baik yang terbuka atau tertutup di Indonesia pada tahun fiskal 2020.

Pemeringkatan Fortune Indonesia 100 ini berbeda dari pemeringkatan lain, sebab dibuat berdasarkan atas bagaimana suatu perusahaan menorehkan kinerja pada periode tertentu. Daftar pemeringkatan dibuat tanpa melekatkan subjektivitas data dari Fortune Indonesia, namun sepenuhnya bersandar pada performa suatu perusahaan yang dilaporkan kepada regulator.

Sekedar informasi, total pendapatan perusahaan – perusahaan yang tergabung dalam Fortune Indonesia 100 mencapai Rp. 3.632,14 triliun. Jika perekonomian Indonesia tahun 2020 diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku yang mencapai Rp. 15.434,2 triliun, maka keluarga besar Fortune Indonesia 100 mewakili 23,5 persen perekonomian Indonesia.

Berikut dibawah ini fakta – fakta tentang Pemeringkatan Fortune Indonesia 100 yang ditampilkan oleh Majalah Fortune Indonesia dalam edisi kedua, diantaranya yaitu :

  1. Apresiasi Untuk Jerih Payah Terbaik Suatu Perusahaan

Pandemi virus corona menyita banyak pikiran dan energi. Pilihan yang tersedia untuk melakukan manuver sangat terbatas. Oleh karena itu, adaptasi dengan perubahan yang disebabkannya menjadi harga mati. Jalan keluar dari efek pandemi harus dicari sehingga kendaraan besar yang mereka kemudikan tidak akan mengalami selip hingga terbalik. Selain adaptasi, ternyata ada hal penting lain yang masuk dalam koridor kebijakan yaitu efisiensi dan transformasi.

Untuk bisa mengambil langkah yang berani, pemantik terutama adalah nyali. Perusahaan yang mengusung keberanian dipundaknya tentu bisa lebih tegas menentukan jalan. Pengakuan niscaya patut ditujukan kepada mereka. Salah satu bentuk apresiasi itu adalah saat perusahaan yang mereka pimpin berhasil masuk pemeringkatan Fortune Indonesia 100.

  1. Pertamina Menjadi Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Pada edisi kedua, Majalah Fortune Indonesia menyuguhkan cerita sejumlah perusahaan terbesar di Indonesia. Contohnya, dikisahkan Pertamina yang menduduki peringkat 1 dalam daftar Fortune Indonesia Indonesia, dan menjadiknnya sebagai perusahaan terbesar di Indonesia.

Sang Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, membagikan informasi tentang rahasia perusahaan terbesar ke-287 di dunia ini dalam menghadapi badai pandemi sehingga tetap bisa mencatatkan laba bersih saat para pesaingnya seperti BP, Shell, Chevron, dan Exxon justru menderita kerugian.

  1. SMART Mencatatkan Rekor Pendapatan

Kisah menarik juga datang dari Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk atau SMART. Direktur Utama SMART, Jo Daud Dharsono, berbagi kisah tentang apa yang dilakukan oleh perusahaan Crude Palm Oil (CPO) terbesar dalam daftar Fortune Indonesia 100 ini, sehingga mereka tetap berhasil mencatatkan pertumbuhan, bahkan sukses membukukan pendapatan terbesar dalam sejarahnya.

  1. Kisah – Kisah Lainnya

Sebenarnya masih ada banyak ulasan menarik lainnya terkait Fortune Indonesia 100 dalam menghadapi kondisi sulit saat ini. Mulai dari cerita Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Adaro Energy, Erajaya Swasembada, Prudential Indonesia, dan lain sebagainya.

Satu hal yang membuat Fortune Indonesia 100 optimistis adalah banyaknya perusahaan di Indonesia yang berani berubah dan beradaptasi dengan cepat ditengah pandemi.

Persaingan untuk bisa masuk dalam daftar Fortune Indonesia 100 selanjutnya tentu akan semakin layak diperhatikan seiring membaiknya perekonomian. Nah, jika ditahun 2021 ini perusahaan Anda belum mampu menjadi bagian Fortune Indonesia 100, semoga ditahun depan bisa memperoleh giliran.

 

 

 

By sartika