buis beton sumur resapan

Manfaat dan penggunaan Buis beton untuk sumur serapan

Banjir merupakan salah satu probelum umum yang dihadapi pemerintah kota dari period eke periode berikutnya. Masalahnya terbilang sangat komplek.

Sehingga dibutuhkan tindakan bersama untuk mengantisipasi banjir secara bersama-sama dengan masyarakat perkotaan.

Mulai dari menggalakan penggunaan paving block daripada semenisasi serta pencanangan penggunaan sumur serapan pada setiap kelurahan.

Untuk memudahkan proses pembuatan sumur serapan ini. Kita bisa menggunakan salah satu produk konstuksi sipil yakni buis beton.

Buis beton sendiri merupakan material campuran antara semen dan pasir yang dibuat dengan perbandingan tertentu.  Manfaat utama buis beton dalam pembuatan sumur resapan adalah untuk menahan dinding sumur agar tidak longsor dan roboh.

Penggunaan buis beton sebenarnya banyak sekali keunganan. Beberapa keuntungan langsung penggunakan buis beton untuk sumur resapan adalah:

Praktis dan Efisien

Kelebihan pertama penggunakan buis beton dalam pembuatan sumur resapan adalah lebih efektif dan efisien dalam pemasangan.

Kita tidak tergantung pada cuaca dan lokasi. Karena, buis beton merupakan produk beton pra-cetak yang sudah jadi dan siap digunakan sebagai sumur resapan.

Ini jauh lebih efektif dibandingkan kita harus membuat sumur resapan menggunakan teknik pengecoran. Selain tenaga kerja yang banyak, hasilnya juga akan lebih sulit untuk dikontrol. Itulah mengapa kita sangat merekomendasikan penggunakan buis beton.

Kualitas terkontrol

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, pemakaian  buis beton jauh lebih bagus karena kualitas beton yang dihasilkan jauh lebih terkontrol. Karena dibuat sebelum dimasukan ke dalam sumur, selain itu juga tidak ada pengaruh eksternal terhadap kualitasnya.

Misalnya, kadar air, cuaca dan lokasi pemasangan.

Dengan cara ini maka kualitas sumur resapan yang dibuat akan sesuai dengan harapan kita semua.

Harga lebih murah

Jika dibandingkan dengan cara dan teknik lain, sebenarnya penggunakan buis beton jauh lebih murah dan hemat dari sisi biaya.

Karena sebenarnya harga buis beton tidak terlalu mahal dibandingkan dengan biaya pengecoran secara manual yang melibatkan banyak tenaga untuk membuat sumur resapan.

Ini belum termasuk kebutuhan peralatan dan perangkat tambahan untuk membuat sumur. Sehingga sangat tepat jika menggunakan buis beton saat membuat sumur resapan.

Kelebihan lain yang tidak kalah penting adalah lebih hemat waktu dalam proses pemasangannya. KArena kita tidak dipengaruhi oleh cuaca dan faktos eksternal lainnya.