1. Pemberian Pakan Berserat Tinggi untuk Pemenuhan Nutrisi

Pakan memainkan peran penting dalam penciptaan dan produksi domba Dorper. Sumber makanan hijau seperti rumput adalah suatu keharusan. Serat dalam rumput domba dibutuhkan sebagai pakan alami di lingkungan alam.

 

Terutama rumput yang ukurannya lebih kecil dan lembut. Untuk memprediksi hal ini, Anda bisa menggunakan chopper atau mesin tato untuk memastikan ukuran rumput tepat.

 

Selain pakan hijau, pakan daging domba yang tidak kalah pentingnya adalah protein. Anda bisa mendapatkan nutrisi protein ini dengan menawarkan konsentrat tertentu. Konsentrat cukup mahal, sehingga tidak jarang peternak menggantinya dengan pakan yang lebih terjangkau.

 

Jika Anda mengadopsi model peternakan terbuka yang membiarkan domba pergi, beri mereka waktu antara 6 dan 8 jam untuk mencari rumput hijau secara mandiri (tergantung seberapa banyak rumput yang tumbuh di area tersebut).

 

Pada hari-hari berikutnya, Anda dapat memberikan rumput kering (0,2 1- 1,4 kilogram) serta rumput kering (0,9 – 2,2 kg) untuk setiap domba, berdasarkan umur hari itu.

 

2. Vitamin dan Pakan Alternatif

Selain itu, selama proses pembuatan lemak domba, mereka sering membutuhkan suplemen tambahan seperti vitamin. Pakan alternatif membutuhkan pembiasaan pada awalnya, sehingga tidak mungkin memberikannya secara langsung sebagai pengganti sumber makanan utama (rumput). Penyesuaian pakan alternatif tergantung pada kondisi domba itu sendiri.

 

Dalam penerapan metode sapi potong di atas, potensi peningkatan produksi daging akan sangat banyak kemungkinannya. Khususnya, setelah proses pemuliaan untuk menghasilkan Fullblood Dorper dan F1. Kuncinya terletak pada jantan fullblood yang meningkatkan kualitas dan kondisi domba lokal secara keseluruhan.

 

3. Distribusi Domba Dorper yang Tepat

Mendapatkan daging domba yang melimpah memang berasal dari peternakan, namun tidak berhenti sampai di situ. Namun, perlu diikuti dengan prosedur pendistribusian yang menyasar kolektor yang tepat. Anda dapat membungkus daging segar dan kemudian mengolahnya menjadi makanan olahan atau menjualnya setiap hari ke toko kelontong.

 

Pasar Daging Sapi

Di sisi lain, ekspor daging Dorper ke luar negeri masih memiliki potensi yang besar. Sebab, daging Dorper merupakan bahan utama domba selain kambing Boer.

 

Daging domba memiliki jumlah nutrisi yang tinggi, dengan kalsium dan lemak, protein dan serat. Khususnya hasil daging Dorper yang teksturnya sudah dikenal sangat baik sejak dulu.

 

4. Pembibitan Domba Jangka Panjang

Cara menaikkan Dorper selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah terkait dengan perawatan. Berbeda dengan kambing, bulu domba yang tumbuh lebih cepat, sehingga Anda bisa menguranginya agar tidak terlalu menggumpal.

 

Trah Dorper memiliki bulu pendek Namun, ekornya bisa sangat besar dan tebal. Di luar negeri, ekor Dorper diperlakukan dengan sangat hati-hati dengan memotongnya. Di Indonesia cukup dengan memangkas bulu ekor agar tidak menggumpal.

 

5. Memeriksa Gudang Pakan

Setiap peternak membutuhkan fasilitas untuk menyimpan pakan ternak. Kadang-kadang dua kali sebulan, penting untuk memeriksa kondisi pakan dan pasokan Anda.

 

Bisakah pasokan pakan cukup untuk kebutuhan Dorper yang sangat besar? Apakah pakan terpelihara dengan baik dan tidak dihinggapi jamur? Inilah sebabnya mengapa peternakan modern menggunakan teknologi dalam pengelolaan pakan untuk domba.

 

Membawa Domba Dorper Asli Fullblood Sanad Clear

Waspadai nilai investasi yang kemungkinan akan meningkat jika Anda mendapatkan Dorper fullblood. Untuk mendapatkan Dorper murni, peternakan baru yang berlokasi di Australia adalah sumber utama.

 

Pemesanan fullblood Dorper Lamb

Kami telah membawa Fullblood Dorper, yang tidak bercampur dengan genetika domba lain. Ini dikonfirmasi oleh keaslian sertifikat asli Australia. Juga domba-domba yang akan dijamin bebas dari penyakit dalam kesehatan dan bebas dari cacat.

 

#hargadombadorper #dombadorperf1 #hargaanakandombadorper #hargadorperfullblood #hargadombadorperf1 #hargadombadorperf2 #dorper #dombadorper #dombadorpergibasbarokah

By roket