Mengapa Menggunakan Pipa stainless-steel? Berikut 5 Alasannya!

Distributor besi beton – Stainless steel sendiri atau yang sering disebut sebagai baja tahan karat merupakan salah satu jenis logam fabric yang tidak asing karena sering digunakan di pada kehidupan sehari-hari contohnya sebagai peralatan masak, namun bagaimana dengan Pipa stainless steel?

 

Pipa stainless steel adalah jenis pipa yang terbuat dari bahan logam terpilih yang terkenal mempunyai ketahanan tinggi terhadap serangan karat atau korosi. Pipa ini merupakan jenis pipa yang banyak dipakai untuk di berbagai sektor industri. Sebelum menilik lebih jauh mengenai pipa stainless mari kita simak penjelasan mengenai cloth stainless steel. 

 

stainless steel

Stainless-steel adalah material yang terbuat dari baja campuran yang mengandung besi sebagai bahan utama dan kemudian dicampurkan dengan kromium. Stainless steel berbeda dari baja biasa dari kandungan kromnya. Kromium adalah elemen paduan yang berpengaruh kuat dalam baja, krom ditambahkan pada campuran baja untuk meningkatkan kemampuan kerasan baja serta memperkuat sifat anti karat pada baja. Stainless steel memiliki persentase jumlah krom yang memadai sehingga akan membentuk suatu lapisan pasif kromium oksida yang akan mencegah terjadinya korosi lebih lanjut. 

 

Pada saat digunakan, stainless steel memiliki biaya perawatan yang cenderung rendah dibandingkan jenis baja yang lainnya, hal ini dikarenakan sifat dari stainless-steel sendiri yang tahan oksidasi dan tak mempengaruhi logam jenis lain apabila bersentuhan dengannya. Dengan sifatnya yang memiliki daya tahan yang kuat serta anti karat, tidak salah lagi banyak penggunaan unsur stainless steel pada beberapa industri. Contoh penggunaan Pipa stainless steel dalam berbagai sektor industri adalah sebagai fabric warmness exchanger, material general engineering, cloth industri otomotif, industri makanan, industri minyak dan fuel, serta industri kimia dan farmasi. 

 

 

Tipe Pipa stainless-steel

Apabila Anda hendak membeli pipa jenis stainless-steel untuk berbagai keperluan Anda, sebaiknya simak terlebih dahulu tipe-tipe pipanya, supaya Anda tidak salah dalam mengaplikasikan. Terdapat 2 tipe pipa stainless-steel yang umum digunakan dalam aneka bidang industri, yaitu:

 

1. Tipe 304

Pipa stainless steel 304 (SS304) memiliki komposisi bahan dengan kode 18/eight, yang artinya bahwa pipa tersebut mengandung kromium sebesar 18% dan nikel 8%.  Kandungan kromium tersebut berguna untuk menyatukan unsur oksigen pada permukaan pipa dan melindungi pipa dari proses oksidasi (menahan karat). 

 

2. Tipe 316

Pipa stainless-steel 316  (SS316) memiliki kandungan kromium yang memiliki kandungan kromium sebesar 16% dan nikel 10% dengan tambahan senyawa molibdenum. Pipa SS316 sering digunakan pada industri yang berhubungan dengan proses kimia seperti, industri pengolahan makanan dan minuman, industri kertas dan pulp, dan juga industri yang bergerak di kelautan karena sifatnya yang lebih tahan proses korosi di wilayah laut. 

 

Fun fact: Dua tipe ini masuk ke dalam golongan pipa stainless steel three hundred. Yang membedakan hanyalah kandungan kromium dan nikel di dalamnya yang berbeda. 

 

Alasan Mengapa Menggunakan stainless steel 

Selain memiliki kelebihan yang membuat banyak pelaku industri menggunakannya, terdapat 5 alasan mengapa pipa stainless steel cocok digunakan untuk aneka kebutuhan berbagai industri. Adapun alasan tersebut adalah:

 

1. Anti Korosi atau Karat

Pada konstruksi perpipaan dikenal masalah utama yakni adanya korosi atau karat, salah satu material dalam perpipaan yang cepat mengalami korosi adalah berbahan besi dan baja apalagi jika terkena paparan sinar UV dari matahari. Permasalahan karat  tersebut akan teratasi apabila menggunakan pipa stainless steel yang memang dirancang untuk segala kondisi cuaca dan alam.

 

2. Hemat Biaya

Apabila Anda menggunakan pipa jenis ini untuk penggunaan sistem pemipaan tentu saja akan menghemat biaya pengeluaran Anda. Bagaimana tidak? Karena memiliki sifat yang anti karat, tentu saja sangat sesuai untuk penggunaan jangka panjang. Maintenance pada sistem pemipaan yang menggunakan stainless-steel cenderung lebih murah selain karena sifat anti korosi namun fabric tersebut juga mudah untuk di las, sehingga dinilai apabila ada kebocoran atau kerusakan lainnya dapat dikontrol dengan mudah yang memungkinkan penghematan biaya. Dan tidak hanya itu saja, pipa stainless steel memiliki karakteristik pengelasan sangat baik yang memungkinkan fleksibilitas pada saat proses instalasi. 

 

 

Fun fact :  Informasinya apabila Anda menggunakan pipa jenis stainless steel, maka Anda tak perlu untuk menggantinya selama beberapa dekade. 

 

3. Kuat dan Serbaguna

Karena kandungan zat kimia yang ada di dalamnya seperti kromium, nikel dan molibdenum, membuat pipa jenis ini memiliki kekuatan dapat bertahan di segala kondisi alam dan tekanan ekstrim. Apabila dibandingkan dengan produk baja yang lain,  pipa stainless steel memiliki kekuatan yang jauh lebih tinggi. 

 

4 Tampilan yang Menarik

Pada pipa stainless-steel dengan completing replicate memiliki tampilan yang mengkilap, membuat pipa jenis ini lebih menarik untuk dilihat, serta memiliki nilai estetika. Hal itulah yang menjadi penyebab pipa stainless steel lebih banyak digunakan untuk peralatan di berbagai bidang industri. Perlu diketahui jika, kandungan kromium dikenal karena manfaatnya banyak digunakan sebagai pelapis pada ornamen konstruksi, kendaraan, knalpot sepeda motor, sebagai pelapis perhiasan emas yang dikenal dengan sebutan emas putih. 

 

5. Ramah Lingkungan

Pipa berbahan stainless steel dapat dengan mudah di daur ulang karena itulah pipa jenis ini aman dan ramah untuk lingkungan dan penggunaan untuk fasilitas lainnya seperti pipa air minum, tampungan air dan lain sebagainya. Apabila menggunakan pipa berjenis lainnya semisal PVC, tentu saja akan menimbulkan proses penguraian yang memakan waktu ribuan atau jutaan tahun lamanya. Tetapi apabila Anda menggunakan pipa jenis stainless steel, maka Anda akan membantu mengurangi dampak lingkungan yang buruk dengan limbah pembuangan pipa bekas. Sebab, pipa jenis ini 100% dapat didaur ulang. Dan perlu diketahui jika 50% dari produk stainless steel yang diproduksi di Amerika Serikat berasal dari daur ulang besi tua.  

 

Karena beberapa alasan di atas, pipa jenis ini harganya memang cenderung lebih mahal dari pipa lain. Tetapi jelas sekali apabila Anda menggunakan pipa dengan jenis stainless-steel, maka hal itu sangat worth it atau sesuai dengan kualitas dan keuntungan yang akan Anda akan dapatkan nantinya.

 

Demikianlah informasi mengenai 5 alasan mengapa pipa stainless-steel sesuai untuk aneka industri. Apabila Anda adalah pelaku usaha bidang konstruksi, otomotif dan juga manufaktur, tentunya penting untuk tahu dan paham alasan-alasan di atas. 

 

Apabila Anda membutuhkan pipa dengan jenis stainless steel untuk kebutuhan konstruksi maupun fabrikasi Anda, Distributor besi beton surabaya adalah jawaban yang tepat untuk Anda. Kami menyediakan berbagai macam pipa stainless steel atau plat lubang untuk konstruksi Anda dengan harga terbaik dan tentu berkualitas. Segera hubungi advertising kami untuk mendapatkan penawaran dengan harga yang terbaik.