Bitcoin Is the Next Big Thing in Tech | Fortune

Pernahkah atau bahkan Anda sudah sering mendengar istilah dari teknologi Blockchain? Ternyata belakangan ini teknologi Blockchain populer di Indonesia.  Tingginya juga pencarian mengenai teknologi blockchain. Hal ini mulai terjadi saat tinggi keingintahuan dari masyarakat akan dunia cryptocurrency yang juga membuat pencarian mengenai Blockhain. Tidak hanya orang kalangan komunitas IT, namun juga masyarakat pada umumnya juga ingin tahu.

Lalu apa itu Blockchain, dan bagaimana cara kerjanya serta karakteristik dari Blockchain itu sendiri. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Blockchain?

Pertama mari mengenal apa itu teknologi Blockchain. Blockchain terdiri dari dua kata yaitu block yang artinya kelompok dan chain yang memiliki arti rantai. Jika dilihat dari arti dua kata tersebut maka dapat lah pengertian blockchain adalah sebuah kelompok yang saling terhubung seperti rantai. Teknologi Blockchain sendiri yaitu merupakan teknologi penyimpanan data digital yang media penyimpanannya akan saling terhubung sama lain. Data yang tersimpan bisa bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya.

Cara Kerja Blockchain

Sebelum ke penjelasan yang detail tentang cara kerja dari Blockchain ini, ada penjelasan singkatnya terlebih dahulu. Singkatnya dari cara kerja Blockchain adalah di mana satu perangkat akan terkoneksi dengan perangkat lain untuk saling merekam dan memeriksa data yang ada. Kripto melakukan pemanfaatan tadi paling sering dan populer untuk teknologi ini.

Untuk penjelasan lengkapnya silahkan anda baca alur dan jug acara kerja dari teknologi Blockchain ini.

  • Seseorang ingin melakukan transaksi dengan orang yang lainnya
  • Permintaan transaksi tersebut nantinya akan disiarkan pada jaringan P2P atau/yang disebut juga Nodes
  • Transaksi akan di validasi oleh Nodes
  • Selanjutnya setelah terverifikasi makan transaksi akan dikombinasikan dengan traksaksi yang lain untuk membuat blok data baru bagi kas induk
  • Nantinya blok data baru kemudian ditambahkan ke Blockchain dan akan disimpan secara permanen (Bisa diakses oleh siapa pun)
  • Transaksi pun sudah selesai

Karakteristik Dari Blockchain

  • Blockchain Bersifat Open Source atau Terbuka

Maksud dari Blockchain bersifat open source atau terbuka adalah semua orang bisa melakukan bahkan terlibat dalam Blockchain ini alias tidak ada batasan. Selama orang yang atau akan terlibat dalam Blockchain mengerti tentang sistem dan developernya maka bisa ikut terlibat dalam pemanfaatan teknologi ini.

  • Data Terjadinya Inflasi Menjadi Lebih Akurat

Dengan adanya pemanfaatan teknologi Blockchain ini, data tentang tingkat inflasi nantinya akan menjadi lebih jelas. Hal tersebut karena Anda bisa menjadi tahu dengan jelas ada berapa banyak supply, dan juga berapa banyak permintaannya.

  • Blockchain Sistem Tidak Terpusat (Menyebar)

Jika Anda belum tau, Blockchain ini merupakan sistem yang tidak terpusat alias menyebar. Sehingga, tidak ada satu orang atau pun lembaga yang bisa memegang kendali terhadap Blockchain ini. Hal tersebut terjadi karena adanya kode-kode yang digunakan pada teknologi ini tidak tersimpan pada satu server saja melainkan tersebar pada banyak perangkat yang tentunya terkoneksi dengan jaringan Blockchain ini.

  • Transaksi di Blockchain Tidak Bisa Terhapus

Setiap transaksi yang Anda lakukan di Blockchain tidak akan bisa Anda hapus lagi. Hal ini terjadi karena sistem yang dimiliki oleh Blockchain yang hanya paham atau mampu menambahkan data dan bukan menghapus atau bahkan melakukan edit pada data rersebut.

Itu tadi penjelasan tentang apa itu Blockchain, cara kerjanya bahkan karakteristik dari Blockchain itu sendiri. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membaca artikel ini.

By sartika