Mengenal Peralatan Musik Drumband

Drumband berasal dari dua kata dasar yaitu “drumb” dan “band”. Drumb adalah alat musik perkusi yang berbentuk tabung. Tersusun dari kulit membran yang dibentangkan pada ujung tabung. Kulit  atau membrane yang digunakan ini biasanya terbuat dari bahan kulit hewan, plastik, atau mika. Alat drumb dimainkan dengan dipukul atau ditabuh menggunakan stick yang terbuat dari kayu atau alumunium. Selanjutnya “band” adalah sekelompok orang yang memainkan alat musik untuk menghasilkan sebuah alunan musik tertentu. Umumnya alat musik yang dimainkan dalam pertunjukan drumband berupa perkusi drumb, alat musik melodis, dan alat musik tiup.

Dari beberapa alat drumband yang dimainkan dapat kita rincikan sebagai berikut :

Kategori perkusi drumb, disini biasanya berupa snare, tenor, tom tom, dan bass drumb

Kategori melodis, berupa ballyra atau marchingbell dan pianika

Kategori alat musik tiup, bisa menggunakan terompet, tuba, mellophone, trombhone, baritone dan lain lain.

Selain itu musik drumband juga bisa dilengkapi dengan cymball dan alat musik khas daerah. Seiring berkembangnya kreatifitas para pemain drumband saat ini alat musik drumband bisa dipadu padankan dengan musik khas daerah sebagai contoh angklung alat musik khas jawa barat.

Permainan musik drumband biasanya dipandu oleh gitapati dan mayoret. Mereka bertugas untuk mengatur berjalannya pertunjukan musik drumband. Baik dari segi alunan musik yang disajikan maupun baris berbaris dan koreogrfi yang ditampilkan. Gitapati dan mayoret mempunyai peran penting dikarenakan merekalah yang mengatur dan memberi komando jika permainan drumband sudah dimulai.

Dalam pertunjukan drumband bisa juga dilengkapi dengan barisan colour guard. Barisan ini merupakan sekelompok orang yang membawa bendera, riffle, atau senapan untuk mendukung penampilan. Mereka bertugas untuk mengambil perhatian penonton dengan menari dan menyajikan pertunjukan yang menarik.

Pertunjukan drumband dapat kita saksikan dalam pawai, kirap, festival dan event event tertentu yang diadakan dilingkungan kita masing masing. Biasanya drumband banyak dimainkan ketika ada hari ulang tahun atau peringatan hari besar di Indonesia. Sampai saat ini ada grup drumband yang dijadikan role mode nya drumband yakni permainan musik drumband yang dimainkan oleh para taruna,  akmil maupun akpol. Animo masyarakat sangat tinggi meyambut penampilan mereka. Hal ini dikarenakan semua yang ditampilkan terlihat mewah dan berwibawa. Baik dari pemain, musik yang dimainkan, pakaian yang dikenakan, dan atraksi atraksi memukau yang tentunya sangat dinantikan.