Alat listrik yang tidak bekerja pada kapasitas maksimum menghasilkan kinerja yang kurang ideal dan tagihan listrik yang lebih tinggi. Itulah mengapa yang terbaik adalah menghemat listrik untuk menghemat lebih banyak uang.

Inilah cara Anda bisa menghemat semuanya:

 

1. Jaga agar peralatan Anda tetap bersih dan terawat. Pembersihan dan perawatan rutin menjaga peralatan Anda dalam kondisi prima, sehingga kinerjanya akan lebih baik dan mengkonsumsi lebih sedikit energi. Energi yang dihemat adalah uang yang dihemat. les privat smp cikarang pusat

2. Lakukan pemeriksaan tahunan oleh teknisi servis yang berkualifikasi. Hal ini dapat mengurangi biaya pengoperasian alat hingga 20%, memperpanjang umur sistem, dan meningkatkan keamanan dan kualitas udaranya.

3. Saat menggunakan AC, yang terbaik adalah menetapkan suhu kenyamanan Anda, dan kemudian menyetel termostat Anda pada tingkat itu secara permanen. Ini pasti akan menghemat tagihan listrik karena unit pendingin udara membutuhkan lebih sedikit energi untuk mendinginkan udara empat sampai lima derajat daripada untuk mendinginkan udara delapan sampai sepuluh derajat.

4. Ganti item apa pun yang mungkin sudah berusia 10 tahun atau lebih. Peralatan lama kemungkinan besar tidak pada efisiensi optimalnya. Dengan menggantinya, tagihan listrik Anda bisa terpotong setengahnya.

5. Jika Anda mengalami pemadaman listrik, pastikan Anda mematikan sakelar pada peralatan Anda dan membiarkan waktu berlalu sebelum menyalakan kembali peralatan saat listrik kembali.

6. Di lemari es, jangan mengisi kompartemen dengan botol dan wadah plastik. Udara dingin harus bersirkulasi dengan bebas untuk menghindari kerja kondensor yang berlebihan.

Juga, cobalah untuk tidak membiarkan pintu lemari es Anda terbuka atau terbuka lebih lama dari yang dibutuhkan. Ini akan cenderung membiarkan udara dingin keluar.

7. Selalu cari logo atau catatan “hemat energi” setiap kali Anda membeli peralatan baru. Membeli alat dengan logo yang menyatakan mengkonsumsi energi lebih rendah, pasti akan membuat Anda menghemat lebih banyak uang untuk listrik Anda.

8. Selalu gunakan lampu atau bohlam hemat energi. Lampu atau bohlam hemat energi ini biasanya bertahan hingga 12 kali lebih lama. Plus, bola lampu hemat energi mengkonsumsi lebih sedikit energi. Oleh karena itu, Anda akan dapat menghemat lebih banyak uang hanya dengan menghemat listrik. les privat smp cikarang timur

9. Gunakan fasilitas hemat energi di rumah seperti jendela hemat energi atau peralatan hemat energi. Ini akan mengurangi konsumsi energi dan, dengan demikian, akan membuat Anda menghemat uang.

Misalnya, gunakan jendela “berkaca ganda” alih-alih jendela biasa.

10. Gunakan isolator di rumah. Ini tidak akan membiarkan udara hangat atau dingin keluar, dan sebaliknya.

Memang, menghemat listrik pasti akan lebih menghemat uang.