museum anak kolong tangga

Museum Anak Kolong Tangga : Tempat Anak Bisa Mengenal Mainan Tradisional

Banyak wisatawan yang datang ke Jogja tapi belum tahu mengenai keberadaan museum anak bernama Museum Kolong Tangga. Nah, kalau Anda ingin tahu, liburan ke Jogja dulu dan ajak anak-anak Anda untuk berkunjung ke Museum Anak Kolong Tangga.

Sebenarnya, museum ini adalah museum anak yang isinya adalah permainan anak. Kedengarannya memang menarik ya. Jangan salah pendirinya adalah seorang warga asing dari Belgia lho. Katanya, permainan dan anak-anak adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Jadi, bagi Anda yang ingin berlibur ke Jogja dan mencari tempat wisata yang ramah anak serta bernilai edukasi, Anda bisa datang ke sini. Di dalam museum ini terdapat banyak permainan tradisional. Ada juga beberapa dari koleksi alat permainan lintasnegara.

Dengan adanya museum yang begitu unik dan menarik ini, Anda bisa membawa liburan si kecil ke Jogja dan mengenalkan mereka dengan berbagai macam alat permainan tradisional. Pastinya anak-anak Anda akan senang, karena ternyata selain ada permainan digital, masih ada juga permainan untuk anak-anak yang masih tradisional.Untuk ke sini bisa menggunakan sewa mobil Jogja lho.

Lokasi Museum dan Jam Operasional

Museum Anak Kolong Tangga ini berlokasi di Kompleks TBY, Jl. Sriwedari No.2. Museum ini juga tak jauh dari kawasan lapak buku lawas yang berada di dekat Taman Pintar Jogja. Jadi, saat Anda ingin menuju ke sini, Anda bisa sembari mampir ke ratusan kios buku bekas yang ada di sekitar Taman Budaya Yogyakarta atau yang sering disingkat menjadi TBY.

Anda bisa datang ke sini sesuai dengan jam operasional yang berlaku. Jam operasionalnya adalah dari Selasa sampai dengan Jumat. Buka dari jam 9 pagi hingga jam 1 siang. Sedangkan untuk hari weekend, pada hari Sabtu dan Minggu, buka dari pukul 9 pagi sampai dengan jam 4 sore.

Karena biasanya anak-anak libur sekolah pada weekend, Anda jadi bisa lebih leluasa berkunjung karena jam buka museum lebih panjang.

Harga Tiket Masuk Museum Anak Kolong Tangga

Saat Anda memutuskan untuk akhir pekan nanti mengajak si kecil berlibur ke sini, Anda hanya cukup membayar biaya sebesar 4.000 rupiah saja. Sangat murah. Nah, tapi kalau untuk anak yang berusia di bawah 14 tahun, tidak akan dikenakan biaya alias GRATIS.

Jika kunjungan Anda berupa group atau rombongan, Anda akan dikenai biaya masuk sebesar 15.000 per kelompok, dengan jumlah kelompok sebanyak 15 orang. Nah itungannya jauh lebih murah, kan? Sayang banget kalau ke Jogja tidak berkunjung ke Museum Kolong Tangga ini.

Workshop di Museum Anak Kolong Tangga

museum anak kolong tangga
sumber: wikipedia.org

Jika rombongan Anda 15 orang atau lebih, maka Anda bisa meminta kepada pihak pengelola museum untuk diadakan workshop permainan tradisional. Dengan adanya workshop ini, Anda bisa lebih mengajak anak-anak untuk terlibat dan bersentuhan langsung dengan berbagai jenis permainan tradisional.

Jika memang Anda menginginkan workshop, Anda bisa menghubungi pihak pengelola untuk menyiapkannya. Namun, Anda harus memberi kabar seminggu sebelum acara ya. Karena apa? Karena sebagain besar pengelola Museum Anak Kolong Tangga ini adalah volunteer yang masih mahasiswa. Jadi, harus jauh-jauh hari untuk mempersiapkannya.

Selain workshop, Anda juga bisa mengadakan berbagai kegiatan yang ramah anak dan mempunyai nilai edukasi. Kadang kala, di museum ini juga sering diadakan kegiatan anak diakhir pekan, semisal story telling, belajar membuat kerajinan tangan, menari, dan masih banyak lagi.

Kegiatannya sangat menarik, kan? Sangat inspiratif dan mudah diikuti untuk anak-anak. Anda bisa mengajak mereka untuk mengeksplor diri dengan berbagai kegiatan yang diadakan di sana. Dengan begitu, anak jadi lebih aktif dan mengenal dunia luar.

Selain mengikuti berbagai macam kegiatan, Anda juga bisa membeli mainan tradisional yang tersedia di museum ini. Bisa dibuat oleh-oleh, dan dimainkan saat berada di rumah. Seruuu.

Koleksi Mainan di Museum yang Lengkap

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke sana, pasti Anda juga penasaran apa saja sih koleksi yang ada di dalam museum. Jawabannya banyak. Mulai dari mainan sampai dengan komik lawas.

Mainannya berasal dari berbagai macam daerah. Ada sepeda trike roda tiga, kumpulan gasing. Ketapel, slingshoot, perahu minyak, angklung, dakon dan lain sebagainya. Koleksi mainan di sini juga ada banyak hampir sekitar 400 koleksi.

Anda sebagai orang dewasa yang mendampingi juga bisa sembari bernostalgia lho. Anda bisa melihat-lihat, memainkannya sembari mengingat masa lalu saat Anda masih anak-anak dan mengenak dekat permainan tradisional. Asik, kan?

Selain permainan juga terdapat banyak koleksi buku. Anda bisa mengajak anak Anda untuk berkunjung ke Perpustakaan Burung Biru. Perpustakaan ini terbuka bagi siapa saja. Setiap dua kali dalam seminggu juga sering diadakan berbagai kegiatan di perpustakaan. Seperti misalnya mendongeng, membacakan buku dan pemutaran film anak.

Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk membaca buku-buku cerita lama, komik, dari abad 20-an. Anda juga bisa sembari mengenalkan dunia literasi kan? Dan, ada juga koleksi poto dan poster lama yang bisa Anda perlihatkan kepada anak-anak Anda.

Semua sangat menyenangkan. Sembari memberi edukasi, Anda juga bisa bernostalgia, kan? Anda bisa menggunakan sewa mobil Jogja lepas kunci untuk menjelajahi semua tempat wisata di Jogja. Memang ya, liburan ke Jogja, tidak ada habisnya mengenal tempat-tempat yang seru dan mengasyikkan. Apalagi ramah anak seperti ini.