Dalam sepuluh tahun terakhir, cryptocurrency atau mata uang kripto/digital telah menjadi topik bagi para pedagang di dunia. Mata uang ini sangat unik karena tidak memiliki bentuk, tetapi hanya digitalisasi.Di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, mengingat beberapa risiko penggunaan mata uang ini, belum diakui secara resmi sebagai alat tukar yang sah. Namun, transaksi transaksi mata uang ini, khususnya jenis Bitcoin, ternyata menunjukkan minat yang semakin besar di Tanah Air.

Namun, banyak pedagang pemula mungkin masih mempertanyakan bagaimana cara yang benar, efektif dan efisien melakukan perdagangan kripto di perusahaan pialang online yang menyediakan produk perdagangan tersebut. Pembaca harus diberi tahu bahwa kami juga membahas perdagangan Bitcoin dan perdagangan pembelajaran pemula di artikel sebelumnya.

Apa Itu Trading Crypto

Sebenarnya, jenis perdagangan cryptocurrency ini tidak mengharuskan Anda memiliki pengetahuan khusus, apalagi latar belakang pendidikan di bidang keuangan dan investasi.

Tidak demikian, karena cara memperdagangkan jenis instrumen unik ini sama dengan cara memperdagangkan jenis instrumen lainnya (seperti valas, komoditas, saham, dll). Harga dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu, yang dipengaruhi oleh banyak faktor eksternal di sekitarnya.

Anda mungkin sudah tahu bahwa mata uang digital diperdagangkan 24/7, yang berarti Anda dapat memperdagangkan uang kapan saja dalam seminggu, bahkan hari libur. Namun, tidak seperti saham dan komoditas lainnya, perdagangan kripto tidak dilakukan di pasar/bursa yang teregulasi.

Meskipun dapat diperdagangkan kapan saja, mata uang ini memiliki beberapa periode yang sangat ramai untuk diperdagangkan. Mengingat bahwa Amerika Serikat, Rusia, dan Inggris adalah tiga negara terbesar untuk perdagangan kripto, tidak mengherankan bahwa pasar di wilayah ini akan lebih sibuk daripada wilayah lain. Di sisi lain, pasar Asia mungkin juga sangat aktif, bahkan di akhir pekan. Oleh karena itu, sangat umum untuk melihat fluktuasi besar pada harga cryptocurrency pada Minggu malam, yang akan mengganggu transaksi di pasar yang menggunakan zona waktu Eropa.

Fitur unik dari pertukaran cryptocurrency ini adalah perbedaan harga antara setiap pertukaran. Misalnya, di banyak bursa, harga transaksi Bitcoin berbeda, hingga $500. Hal ini biasanya disebabkan oleh perbedaan tingkat likuiditas antar bursa, dan biasanya disebabkan oleh perbedaan lokasi geografis dimana bursa tersebut berada.

Bagaimana Melakukan Trading Crypto?

Sebenarnya ada dua cara populer untuk memulai enkripsi perdagangan. Metode pertama adalah membeli cryptocurrency di banyak bursa yang tersedia, di mana Anda akan memiliki mata uang digital sendiri dan mungkin menunggu harga naik tajam, yang memotivasi Anda untuk menjual kembali mata uang tersebut agar ditentukan oleh perbedaan antara membeli dan menjual Profit .

Cara kedua adalah Anda dapat memperdagangkan CFD pada salah satu mata uang ini, seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Ripple. Seperti yang terlihat pada artikel kami sebelumnya tentang perdagangan CFD, CFD adalah produk derivatif di mana broker setuju untuk membayar pedagang selisih/selisih nilai keamanan yang mendasari antara dua tanggal (yaitu tanggal pembukaan dan tanggal penutupan).

Jika harga cryptocurrency diperkirakan akan naik, Anda dapat menahan posisi long di sini, dan jika harga diperkirakan turun, Anda dapat menahan posisi short. Misalnya, ketika Anda memperdagangkan Bitcoin CFD, Anda berspekulasi tentang pasangan BTC/USD di sini. Saat Anda membeli cryptocurrency, Anda akan menyimpannya di dompet Anda, tetapi jika Anda memperdagangkan CFD, posisinya akan disimpan di akun perdagangan Anda dan dipegang oleh broker yang diatur oleh lembaga keuangan.

Kunci Keberhasilan Trading Crypto

Banyak orang yang percaya bahwa kunci sukses dari trading crypto terletak pada strategi yang digunakan, dan tentunya keberuntungan. Kemudian, pedagang pemula menerapkan banyak strategi yang membingungkan mereka. Anggapan ini tidak selalu benar, karena ternyata ada dua hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan trading kripto tersebut, antara lain manajemen risiko dan psikologi trading yang tepat dan bijak.

Binomo VS Trading Crypto di Exchange

Kami akan menjelaskan secara singkat cara memperdagangkan cryptocurrency di Binomo. Sistem perdagangan terenkripsi dan metode kerja Binomo sangat sederhana.

Perlu dicatat bahwa ada jadwal untuk transaksi kripto di Binomo. Saat ini, Binomo menawarkan opsi perdagangan mulai dari 5 detik hingga 30 hari. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut penjelasan cara trading di Binomo, mari kita ambil contoh kepemilikan aset Bitcoin.

Lihatlah gambar di atas. Ini adalah tampilan akun demo, yang dapat digunakan untuk latihan trading pemula. Anda akan mendapatkan modal 14 juta rupiah di akun demo. Panah 1 adalah posisi terbuka. Dengan kata lain, berapa banyak dana yang digunakan dalam suatu transaksi. Panah 2 adalah tren harga Bitcoin. Kami menggunakan kerangka waktu 30 detik. Panah 3 terdiri dari tombol hijau (atas) dan tombol merah (bawah).

Kemudian kita klik tombol hijau dan posisinya menjadi Rp 14.000. Setelah berjalan selama 30 detik, ternyata harga Bitcoin lebih tinggi dari harga awal. Artinya kami mendapat untung Rp 14.000.