Pengertian Dari SMA (Sekolah Menengah Atas)?

 

Sekolah Menengah Atas (disingkat SMA) adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah tamat Sekolah Menengah Pertama (SMP atau sederajat). Sekolah menengah atas ditempuh selama 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.

Baca Juga SMA Di Bali

Setelah lulus sekolah menengah pertama (SMP), maka kalian harus melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi ya teman-teman yaitu SMA atau SMA. Sebelum memilih SMA mana yang akan menjadi tempat kamu akan kembali belajar selama 3 tahun, tahukah kamu SMA itu apa? Mari kita bahas sekilas apa itu SMA (Sekolah Menengah Atas) secara sederhana.

Definisi SMA

Berdasarkan pengertian dalam Wikipedia, Sekolah Menengah Atas (disingkat SMA; bahasa Inggris: Sekolah Menengah Atas atau High School), adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah tamat sekolah menengah pertama (atau yang sederajat) (atau sekolah menengah pertama (atau sederajat). setara). SMA ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.

Pada saat pendaftaran masuk SMA dengan menggunakan sistem online, siswa dapat memilih sekolah yang diinginkan dan memilih jurusan yang diminati. Pada akhir tahun ketiga (yaitu kelas 12), siswa diwajibkan mengikuti Ujian Nasional Ujian (dahulu Ebtanas) yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan SMA dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau langsung bekerja.

Siswa SMA umumnya berusia 16-18 tahun. SMA bukan bagian dari program wajib belajar pemerintah – yaitu SD 6 tahun (atau sederajat) dan SMP 3 tahun (atau sederajat) – meskipun sejak tahun 2005 telah dilaksanakan program wajib belajar 12 tahun yang mencakup SMA di beberapa daerah, misalnya di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul.

SMA diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan sekolah menengah atas negeri di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi. Sedangkan Kemendiknas hanya berperan sebagai regulator di bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, sekolah menengah atas negeri merupakan unit pelaksana teknis dari dinas pendidikan provinsi.

 

setelah kamu lulus SMA, tujuan selanjutnya adalah kuliah alias kuliah. Memang, lulusan SMA dipersiapkan untuk masuk perguruan tinggi setelah mereka menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun. Pengetahuannya yang cukup umum memberikan lebih banyak kesempatan untuk ‘mengeksplorasi’ bidang yang disukainya saat kuliah nanti.

By roket