Pengertian Dokumen Secara Lengkap

Kata document berasal dari bahasa Inggris dan Belanda dan berbentuk “document”. Pengertian dokumen menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah sesuatu yang tertulis atau tercetak yang dapat dijadikan sebagai bukti atau informasi.

Jumlah dan jenis dokumen yang umum digunakan umumnya sangat banyak. Maka tentunya kita perlu melakukan pencegahan yang baik terhadap dokumen-dokumen tersebut agar lebih mudah disimpan dan mudah ditemukan saat dibutuhkan.

Dokumen juga dapat diartikan sebagai surat atau benda berharga, termasuk catatan yang dapat dijadikan sebagai bukti informasi agar lebih meyakinkan.

Definisi dokumen menurut bentuk fisik

Pengertian dokumen secara singkat adalah bentuk catatan yang dapat dijadikan alat bukti. Pita ini memiliki bentuk yang berbeda, tetapi umumnya berbentuk huruf.

Jenis dokumen lainnya termasuk rekaman suara, video, atau menit. Dokumen digunakan untuk mendeskripsikan suatu situasi agar posisi situasinya lebih meyakinkan. Keberadaan dokumen menjadi sangat penting karena keterbatasan keterampilan manusia.

Nilai sebuah dokumen bisa sangat tinggi tergantung pada pentingnya informasi yang dikandungnya. Bentuk yang sangat penting dari dokumen tersebut adalah bukti kejahatan di pengadilan.

Dokumen ini dapat menahan atau memenjarakan seseorang seumur hidupnya. Dokumen ini juga secara tidak langsung menentukan panjang hukuman yang dapat dijatuhkan pada seseorang.

Kebutuhan dokumen saat ini semakin meningkat. Hal ini mengarah pada pengembangan lebih lanjut dari definisi dokumen.

Pengertian sebuah dokumen sebenarnya bergantung pada bentuk fisiknya. Dokumen yang dianggap dicetak, digambar, ditulis, atau direkam disebut dokumen sastra.

Dokumen-dokumen tersebut biasanya berupa majalah dan buku di perpustakaan. Jenis kedua adalah dokumen perusahaan. Dokumen yang satu ini berupa benda-benda bersejarah dan dikumpulkan di tempat-tempat khusus seperti museum. Contoh dokumen perusahaan adalah patung dan peninggalan sejarah lainnya.

Jenis dokumen selanjutnya adalah dokumen pribadi. Dokumen pribadi berupa arsip atau surat ibarat dokumen. Jenis dokumen ini disimpan dalam sistem pengarsipan terpisah. Sistem pengarsipan ini membantu mengelola jumlah dokumen yang disimpan.

Selain itu, pengguna dapat dengan mudah menemukan dokumen yang dibutuhkan. Sistem pengarsipan digital digunakan dalam skala besar di berbagai bidang saat ini. Sistem digital untuk pengorganisasian dokumen sangat berguna karena mudah digunakan, efisien dan hemat tempat.

Penjelasan di atas telah memberikan arti penting sebuah dokumen yang tentunya sangat menarik untuk diketahui. Harapannya sekarang Anda dapat mengklasifikasikan dokumen yang berbeda berdasarkan ukuran dan kebutuhannya.

Diperlukan sistem yang terintegrasi dan aman untuk menyimpan dokumen-dokumen ini. Hal ini untuk menjaga keakuratan dan kerahasiaan informasi dalam dokumen agar tidak bocor.

Pengertian Dokumen Menurut Kamus Kepegawaian

Dokumen kamus pekerjaan didefinisikan sebagai semua catatan tertulis, baik dicetak maupun tidak. Dan semua objek dengan informasi pilihan yang akan dikumpulkan, diatur, disediakan atau didistribusikan.

Pengertian Dokumen Menurut Kamus Bahasa Inggris Webster

Kamus bahasa Inggris Webster mendefinisikan dokumen sebagai sesuatu yang dapat dibuktikan dengan informasi atau informasi lengkap dengan fakta. Dan dokumen melengkapi validitas informasi seperti sertifikat, deklarasi, lampiran untuk melengkapi buku atau karya.

Pengertian Dokumen menurut Ensiklopedi umum

Menurut ensiklopedia umum, dokumen berarti surat, akta, sertifikat, surat resmi, dan bahan pencatatan tertulis atau tercetak yang dapat memberikan informasi.

Pengertian Dokumen Menurut Ensiklopedi Administrasi

Pengertian dokumen menurut Ensiklopedia Administratif adalah dokumen asli yang digunakan sebagai alat bukti atau sebagai alat bantu untuk mendukung suatu kesaksian.

Lagi butuh jasa ketik dokumen? bisa kunjungi tautan tersebut, jasa pengetikan di rismanbro cukup berkualitas & hasil memuaskan.