Seiring dengan perkembangan waktu, teknologi tentunya akan terus berevolusi mengikuti kebutuhan manusia. Tidak terkecuali dengan Virtual Reality dan Augmented Reality. Kedua teknologi ini akhir-akhir ini mulai menarik banyak perhatian karena kepopuleran Metaverse. Kira-kira, apa saja prediksi VR & AR yang mungkin terjadi di masa depan, ya? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Perancangan Arsitektur

Selain dapat dipakai dalam dunia kerja, Stephen Hamil, Direktur Inovasi dari NBS, memberikan prediksi VR dan AR untuk industri arsitektur. Teknologi imersif ini dapat mempermudah arsitek memahami desain dibandingkan menggunakan desain tradisional 2 dimensi. VR dan AR dapat membantu segi teknis, terutama untuk rancangan pembangunan yang lebih rumit seperti sistem ventilasi dan pendingin ruangan pada gedung tinggi. Teknologi ini bisa meminimalisir kesalahan, menghemat waktu dan mengurangi biaya yang dibutuhkan. 

 

Gambar blueprint juga dapat dibentangkan secara virtual di dunia nyata untuk melihat hasil akhir dari suatu desain. VR dan AR bisa digunakan untuk mendemonstrasikan pemasangan produk, inspeksi dan juga pelatihan tertentu. Seluruh informasi yang dibutuhkan juga dapat ditampilkan secara virtual. Dengan semakin terjangkaunya perangkat teknologi, tingkat adopsi akan inovasi ini diperkirakan akan meningkat pula. 

Kecantikan 

CEO dari Perfect Corp, Alice Chang, menyampaikan bahwa efek virtual 3 dimensi yang realistis dapat memperluas industri kecantikan hingga mencakup kategori baru seperti kacamata, perhiasan, aksesori, perawatan pria dan lainnya. 

 

Produk-produk kecantikan bisa menggunakan strategi penjualan multi saluran dengan adanya bantuan teknologi yang terintegrasi. Kemajuan di bidang kecantikan juga mencakup kustomisasi pada merek tersebut. Pengalaman yang unik, interaktif, dan menarik dapat ditawarkan kepada konsumen melalui web resmi maupun social commerce.

 

Teknologi artificial intelligence (AI) dan AR dapat mendukung brand kecantikan dalam mencapai sustainable fashion dengan mengurangi proses pengujian, mempersingkat pengemasan dan mempercepat pengiriman.

 


 

 

Setelah mengetahui berbagai prediksi yang mungkin bisa digunakan dengan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality, apakah kamu tertarik untuk menggunakan teknologi ini? Kalau iya, kamu berada di tempat yang tepat! smarteye.id merupakan salah satu penyedia jasa VR & AR terbaik di Indonesia. Merupakan bagian dari Telkom Indonesia, smarteye.id telah melayani lebih dari 50 klien. Mau tahu lebih lanjut? Hubungi smarteye.id sekarang juga!