4 Ingredients untuk Meningkatkan Produksi Kolagen Kulit

Kolagen merupakan salah satu senyawa protein yang menyusun tubuh, antara lain otot, rambut, tulang, dan kulit. Kolagen sangat erat kaitannya dengan kesehatan kulit. Kolagen dapat menjaga kulit tetap kenyal dan elastis. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di tubuh saya menurun.

Bukan tidak mungkin, untuk awet muda, banyak yang berupaya meningkatkan produksi kolagen dengan berbagai cara. Dari menggunakan perawatan kulit hingga mengonsumsi suplemen kolagen.

Anda sedang membutuhkan alkes? Kami jual alat kesehatan berbagai alatnya.

Mengandalkan suplemen atau minuman kolagen tidak menjamin asupan kolagen yang dibutuhkan kulit tetap terjaga. Selain itu, manfaat yang ditunjukkan pada kulit tidak bertahan lama. Anda juga butuh komitmen untuk konsumsi rutin yang artinya banyak, ya.

Lalu, apa lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit?

Penggunaan produk yang dioleskan secara topikal, seperti perawatan kulit, akan lebih efektif meningkatkan produksi kolagen di kulit daripada menggunakan kolagen oral. Beberapa produk mengandung kolagen, baik dari kolagen yang diberi makan rumput (dari sapi atau babi) dan kolagen laut (dari hewan laut). Namun tidak hanya itu, beberapa bahan juga dapat merangsang produksi kolagen pada kulit.

Lantas, bahan apa yang bisa membantu merangsang produksi kolagen?

Vitamin C

Siapa yang tidak menyukai bahan yang satu ini? Tidak hanya efektif untuk kulit bercahaya. Penelitian (1,2) menunjukkan bahwa vitamin C (asam askorbat) juga berperan penting dalam memelihara jaringan kolagen dan meningkatkan sintesis Kolagen Tipe I.

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang baik untuk kulit, sehingga vitamin C juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas. yang menyebabkan sintesis kolagen menurun, seperti merokok.

Retinol

Champion adalah ramuan anti penuaan, tentu saja retinol! Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kolagen dalam tubuh, termasuk kulit, semakin tua. Namun, tak perlu khawatir. Retinol punya solusinya!

Penelitian yang dilakukan untuk mereka yang berusia 80 tahun ke atas menunjukkan bahwa retinol dapat membantu merangsang sintesis kolagen. Kemampuan meningkatkan kadar kolagen memungkinkan retinol mengurangi kerutan dan garis halus.

AHA dan BHA

Exfoliant kimiawi seperti AHA dan BHA juga mempengaruhi produksi kolagen. Baik AHA dan BHA mengurangi kerutan dan garis halus dengan merangsang produksi kolagen. Bukan tidak mungkin setelah pengelupasan kimiawi, efeknya akan tampak lebih cerah dan kulit lebih kencang.

Peptides

Peptida adalah salah satu bahan terbaik untuk anti penuaan. Peptida juga disebut “bahan komunikasi bergerak”. Artinya peptida akan memberi sinyal pada sel kulit untuk merangsang produksi kolagen. Tidak hanya meningkatkan produksi kolagen, peptida juga dapat membantu memulihkan jaringan, sehingga luka pada kulit dapat lebih cepat sembuh.

Yuk ketahui juga meja operasi yang sering dipakai untuk kesehatan apa aja sih.

Selain menggunakan perawatan kulit dengan bahan yang dapat merangsang produksi kolagen, Anda tetap perlu menjaga kulit agar tidak rusak yang menyebabkan kolagen saya cepat turun. Hindari rokok, konsumsi makanan tinggi gula, dan terkena sinar UV tanpa pelindung tabir surya, ya!