Sejarah perusahaan asus

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1989 ini telah berusia 33 tahun. Sosok yang berjasa pada berdirinya Asus yakni empat orang insinyur komputer handal bernama Wayne Hsieh, MT Liao, Ted Hsu, dan terakhir TH Tung. Keempat insinyur tersebut mendirikan Asus dengan tujuan untuk memajukan industri TI di negara asalnya, yakni Taiwan.

“Pegasus” ┬ámerupakan nama yang pertama kali diusulkan untuk perusahaan ini. Nama tersebut diambil dari sebutan untuk makhluk mitos Yunani. Namn seiring berjalannya waktu, nama “Pegasus” tersebut kemudian diubah menjadi “Asus” dengan maksud untuk membuatnya lebih pendek dan mudah disebutkan.

Tak hanya itu, pemilihan nama “Asus” juga memiliki maksud agar perusahaan ini dapat muncul di urutan awal sebuah alphabet.

Saat awal berdiri, Asus tidaklah berkantor di gedung tinggi seperti sekarang. Sebaliknya, sebuah apartemen kecil di Taipei menjadi kantor pertama Asus saat awal berdiri.

Sebelum akhirnya memproduksi hardware atau perangkat keras, Asus terlebih dahulu fokus di bidang konsultasi komputer.

Barulah di akhir dekade 80-an, Asus memproduksi motherboard untuk prosesor besutan Intel yaitu Intel 486 dan berhasil menjualnya. Dari sinilah Asus mulai beralih dari perusahaan konsultasi menjadi perusahaan konstruksi hardware.

Berkembang Pesat di Tahun 2009

Meski sudah berdiri pada tahun 1989, Asus baru benar-benar “go public” pada tahun 2005. Hal tersebut, membuat pertumbuhan Asus bisa dikatakan sangat pesat. Bagaimana tidak, seiring berjalannya waktu, semakin banyak komputer desktop yang telah menggunakan motherboard Asus dibandingkan brand lainnya.

Hal tersebut secara tidak langsung membuat pendapatan Asus bisa mencapai puluhan miliar.

Untuk membuat kinerja perusahaannya semakin efisien, Asus membagi perusahaannya menjadi tiga bagian berbeda di tahun 2007.

Ketiga perusahaan tersebut diantaranya yaitu Pegatron yang berfokus pada perangkat OEM dan produksi komponen PC, Unihan yang fokus pada manufaktur perangkat non PC, dan terakhir perusahaan Asus yang fokus pada sistem komputerisasi utuh hingga produksi notebook.

Tingkatkan Inovasi Perangkat Mobile

Tidak hanya berfokus pada perangkat laptop saja, Ternyata asus juga terus melakukan inovasi baru pada perangkat mobile yang dimiliki, lho.

Salah satu inovasi Asus yang bisa dibilang paling populer dan aconic adalah Eee PC. Produk ini yang dirilis pada tahun 2007.

Memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan notebook biasa. Beberapa orang menyabut Eeee PC dengan istilah “netbook”

Kembangkan Produk Gaming

Beralih ke sisi selanjutnya, tak hanya mengembangkan produk untuk orang-orang yang produktif, Asus juga memproduksi perangkat yang dikhususkan untuk para gamers.

Salah satunya yakni dirilisnya seri motherboard “Republic of Gamers” pada tahun 2006 lalu. Sesuai dengan namanya, seri motherboard ini memang dikhususkan untuk kalangan gamers. Tidak tanggung-tanggung, Asus menawarkan beragam fitur terbaik pada seri ini. Sebut saja salah satunya adalah adanya fitur dukungan konfigurasi multi-GPU hingga kemampuan overclocking tinggi.

Baca Juga : Cara Screenshot Hp Samsung Galaxy S4

By Drajad