Sejarah Singkat Printer

Seperti yang kita ketahui bersama, printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen, baik berupa teks maupun gambar, di atas kertas atau bahan lainnya.

Printer merupakan salah satu alat cetak yang sering kita jumpai di kantor atau instansi. Printer merupakan sebuah peripheral yang biasa kita gunakan setiap hari. Tetapi tahukah Anda bahwa model pertama perangkat ini berevolusi menjadi printer yang kita miliki saat ini?

Faktanya, teknik pencetakan secara konvensional dipraktekkan di Tiongkok pada abad ke-14. Inovasi Tiongkok dalam pembuatan tinta dan cetak blok memiliki dampak yang besar pada tradisi menulis.

Namun, perkembangan di China tidak sebaik di kawasan Eropa. Hal ini dikarenakan penulisan alfabet China mengandung ribuan ideogram tertentu, yang membuatnya sangat sulit untuk diterapkan pada media mesin ketik. Hasilnya, efisiensi produksi tidak banyak berubah di China seperti di Eropa.

Kisah penemuan printer dimulai dengan terobosan besar yang dicapai Johannes Gutenberg sekitar tahun 1440. Gutenberg adalah seorang pengusaha dari Mainz.

Gutenberg menemukan metode pengecoran huruf limbah dalam paduan logam yang terbuat dari timah. Memo ini dapat ditekan ke halaman teks untuk dicetak.

Proses pencetakan inventif Gutenberg secara keseluruhan bertumpu pada beberapa elemen yang dihasilkan dari integrasi beberapa teknologi Asia Timur seperti kertas, potongan kayu dan kemungkinan pencetakan mobile, penciptaan Bi Shen dan meningkatnya permintaan dari publik Eropa untuk harga buku yang lebih rendah. Buku kertas. Metode penulisan ini berlangsung sekitar 500 tahun.

Seiring waktu, teknologi printer akan berkembang untuk memenuhi permintaan pengguna.

Setelah Perang Dunia II pada awal 1950-an, terjadi evolusi budaya yang sangat pesat di Eropa yang mengakibatkan kebutuhan akan cara yang cepat dan murah untuk menghasilkan dokumen tertulis. Saat ini inovasi terbaru dalam dunia percetakan mulai berkembang.

Dimulai dengan IBM yang memperkenalkan printer dot matrix yang pertama. Printer inkjet pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dan diproduksi dalam skala besar pada tahun 1990.

Printer adalah printer (alat cetak) dalam bahasa Indonesia, dan printer disebut perangkat keluaran berupa perangkat keras yang dipasang pada komputer atau perangkat digital lainnya. Printer memiliki fungsi untuk mencetak teks, gambar dan tampilan digital lainnya pada berbagai media cetak seperti kertas dan sejenisnya.

Istilah yang biasa dikenal untuk resolusi printer adalah DPI (dots per inch), yaitu jumlah titik dalam area 1 inci yang dihasilkan printer. Semakin tinggi angka DPI sebuah printer, semakin bagus hasil cetaknya begitu pula sebaliknya.

Ada beberapa printer inkjet yang hanya menawarkan kapasitas maksimal hingga 1200 × 1200 DPI. Beberapa dapat mencetak gambar dengan resolusi 5760 × 1440 dpi.

Printer dalam perkembangannya telah berubah sangat pesat, seperti halnya perangkat output dan input komputer lainnya. Perkembangan printer terus berlanjut hingga saat ini.

Persaingan antar produsen printer terus meningkat karena masing-masing produsen terus menerus mengeluarkan inovasi dan produk terbaiknya. Sejak penemuan perangkat ini, perkembangan printer juga mengalami kemajuan yang signifikan dalam hal ukuran, kecepatan, harga, kualitas, kuantitas, dan teknologi operasional.

Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang disusun pada sebuah cakram. Operator dapat mengubah hard disk sesuai font yang diinginkan. Ia bekerja relatif lambat dan tidak lebih cepat dari mesin tik listrik konvensional. Namun kualitas font yang ditampilkan oleh printer jenis ini sangat baik.

Kekurangan lain dari printer jenis ini adalah tidak dapat digunakan untuk mencetak gambar atau grafik. Saat mencetak, mekanisme printer jenis ini memutar cakram sehingga posisi huruf yang Anda butuhkan bisa tepat di tempat Anda membutuhkannya.

Dalam posisi seperti itu, palu mendorong huruf yang bersangkutan sehingga menyentuh pita karbon lalu menandainya ke atas kertas di belakang karbon / pita, sehingga terjadi pencetakan huruf demi huruf.

Karena jenis printer ini dicetak huruf demi huruf, ini juga dikenal sebagai printer karakter. Kecepatan pencetakan relatif lambat pada 40 hingga 100 karakter per detik.

Teman-teman juga bisa baca selengkapnya mengenai printer drivers & epson driver pada tautan tersebut, semoga bermanfaat yaa.