Teks persuasif adalah sebuah teks yang bersifat mengajak, merayu, menyuruh, dan juga membujuk untuk melakukan sesuatu hal yang ada pada teks. Salah satu contoh teks persuasif adalah teks pidato dan juga makalah. Teks persuasif memiliki struktur teks sebagai berikut:

1. Pembukaan

Pembukaan pidato sendiri terdiri dari salam pembuka yang berfungsi untuk membuka pidato dan juga menyampaikan sambutan pada pendengar atau pembaca, ucapan penghormatan berfungsi untuk menyapa para pembaca atau pendengar, serta ucapan syukur yang berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Apabila salah satu diantara ketiganya tidak ada maka teks pidao tersebut dinyatakan cacat atau tidak sempurna. Pada bagian pembukaan berisi tentang pengenalan topik atau masalah yang akan dibahas. Hal ini bertujuan sebagai pengantar sebelum masuk ke bagian inti pidato. 

Tidak hanya itu pada bagian pembukaan ini juga berisi deskripsi singkat perihal topik pembahasan. Sehingga pembaca atau pendengar mendapat sedikit gambaran perihal topik yang akan dibawakan. 

2. Isi 

Pada bagian ini merupakan bagian penting karena mengandung inti dari topik yang hendak disampaikan. Dalam penyampaian isi harus secara detail agar pembaca atau pendengar bisa menerima dengan baik perihal inti dari topik yang tengah disampaikan. 

3. Penutup 

Pada bagian penutup berisi ajakan, berbagai saran, ataupun pertimbangan dan juga penguatan yang bersifat mempengaruhi pembaca atau pendengar. Hal ini bertujuan untuk pembaca atau pendengar percaya dan juga yakin dengan apa yang disampaikan oleh penulis atau pembicara. 

Tidak hanya pada teks pidato, tapi hal ini biasanya juga terdapat pada bagian penutup makalah yang terdiri dari kesimpulan, harapan, dan juga salam penutup. Kesimpulan membahas tentang ringkasan isi dari teks. Harapan berisi sebuah keinginan atau harapan kepada khalayak umum. 

Sedangkan salam penutup berisi ucapan salam untuk mengakhiri pidato. Tidak hanya memiliki struktur teks, tapi teks persuasif juga mmeiliki ciri-ciri kebahasaan. Berikut adalah ciri-ciri bahasa dalam teks persuasif:

  • Bersifat mempengaruhi dan membujuk atau mengajak
  • Terdapat ciri khas yaitu mendapat imbuhan –lah, ayo, dan juga mari. 
  • Karena kalimat bersifat ajakan maka diakhiri dengan tanda seru
  • Terdapat beberapa fakta yang juga disetai dengan pendapat
  • Lebih banyak menggunakan kata ganti
  • Memakai kalimat yang membangun
  • Kalimat persuasif disetai dengan intonasi yang baik
  • Pelafalan atau kalimat yang harus jelas. 

Di atas adalah struktur teks dan juga ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks persuasif yang bisa Anda jadikan referensi ketika Anda hendak membuat pidato. Namun dalam membuat teks persuatif perhatikan kaidah penulisan yang baik dan juga tidak menyinggung.  

By arief