Digital marketing memberikan manfaat bagi bermacam-macam bisnis dalam berbagai ukuran dengan memberikan akses ke sejumlah besar orang dengan harga terjangkau.

Tidak seperti TV atau iklan media cetak, pemasaran yang ditenagai advertising agency jakarta dapat dipersonalisasi. Meski demikian terdapat sejumlah tantangan pada digital marketing yang harus diatasi agar Anda dapat memperoleh manfaatnya secara penuh.

 

a. Manfaat Digital Marketing

Kelebihan utama digital marketing adalah target pasar Anda dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur ditambah kemudahan dalam meningkatkan loyalitas terhadap merek Anda serta menumbuhkan angka penjualan online.

Selain itu kelebihan-kelebihan lainnya adalah:

  • Personalisasi – Jika Anda memiliki database pelanggan yang terhubung dengan situs web Anda, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs, Anda dapat menyambut mereka dengan penawaran yang disesuaikan dengan profil orang tersebut. Semakin banyak mereka membeli produk Anda, semakin akurat profil pelanggan yang Anda miliki dan Anda semakin dapat memasarkan secara efektif.
  • Jangkauan berskala dunia – Anda dapat menjangkau pasar baru dan melakukan perdagangan secara global hanya dengan sejumlah kecil investasi finansial (dibanding era sebelum digital marketing) melalui situs web.
  • Biaya yang jauh lebih rendah – Sebuah kampanye digital marketing yang direncanakan dengan baik dan memiliki target yang jelas akan dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.
  • Keterbukaan – Keterlibatan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, Anda dapat membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi karena mudah terlibat dengannya.
  • Hasil yang dapat dilacak dan terukur – Angka-angka yang dihasilkan oleh laporan pemasaran digital akan mempermudah Anda menentukan seberapa efektif kampanye Anda. Anda dapat memperoleh informasi yang detail mengenai perilaku pengunjung saat menggunakan situs web Anda atau menanggapi iklan Anda.
  • Peningkatan tingkat konversi – Jika Anda memiliki situs web e-commerce, maka pelanggan Anda tidak perlu pergi jauh untuk membeli produk Anda. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk melakukan panggilan telepon atau pergi ke toko fisik, digital marketing memungkinkan terjadinya transaksi secara lebih mulus.

Semua kelebihan tersebut di atas meningkatkan potensi pertumbuhan angka penjualan sebuah bisnis.

 

b. Tantangan dalam Digital Marketing

Bersama manfaat yang diberikan, digital marketing memiliki beberapa tantangan yang harus Anda terobos:

  • Kompetisi yang ketat – Digital marketing tidak hanya memungkinkan Anda menjangkau seluruh dunia, namun juga mengekspos bisnis Anda pada persaingan tingkat global. Intensitas persaingan antar pemain-pemain global dalam memperebutkan perhatian dunia dapat menjadi tantangan tersendiri di tengah-tengah banjir informasi yang ditujukan untuk para pengguna internet.
  • Memakan waktu – Pekerjaan seperti optimasi kampanye iklan dan pembuatan konten pemasaran dapat memakan banyak waktu karena banyaknya uji coba yang harus dilakukan. Karena banyaknya investasi waktu yang diberikan maka sangatlah penting untuk memastikan bahwa hasil setiap kampanye dicatat agar dapat dianalisis. Inilah satu-satunya cara yang menjamin peningkatan performa kampanye Anda dari waktu ke waktu.
  • Keahlian dan pelatihan – Agar kampanye digital marketing Anda dapat berjalan dengan baik pastikan staf Anda memiliki pengetahuan dan keahlian yang tepat untuk menjalankan digital marketing dengan sukses. Ada banyak platform dan alat bantu dalam digital marketing yang semuanya berkembang dengan cepat. Belum lagi tren yang senantiasa berubah. Oleh karena itu sangat penting bagi staf Anda untuk tetap memperbarui pengetahuan mereka.
  • Keluhan dan masukan – Dengan adanya internet sangatlah sulit untuk membatasi peredaran informasi yang memojokkan merek Anda. Setiap keluhan atau kritik terhadap merek Anda dapat dilihat oleh orang-orang melalui media sosial dan situs berita. Hal ini menyebabkan layanan pelanggan yang efektif menjadi sebuah tantangan. Kegagalan untuk merespons komentar negatif secara efektif dapat merusak reputasi merek Anda.
  • Masalah keamanan dan privasi – Meskipun belum terlalu umum di Indonesia, pertimbangan hukum seputar pengumpulan dan penggunaan data pelanggan untuk tujuan pemasaran digital akan semakin berkembang. Pastikan Anda mengikuti perkembangan terakhir seputar hukum yang berkaitan dengan privasi dan aktivitas digital marketing serta mematuhi aturan yang ada.

By toha