Kemajuan teknologi yang semakin canggih juga membuat Anda lebih mudah untuk melihat bakat hanya dengan melalui tes salah satunya tes minat bakat. Metode dan langkah tes seperti ini bisa dilakukan dimanapun, karena bisa diakses melalui smartphone.

Tes ini sangat penting sekali untuk diketahui, terutama bagi kalangan anak yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Hal tersebut bisa dilakukan hanya dengan melalui handphone atau laptop saja. Tujuannya guna tahu dimana letak bakat Anda sendiri.

Kemajuan teknologi semakin canggih juga akan membuat semua orang, lebih mudah melihat bakat hanya dengan melalui sebuah tes saja. Selain itu cara ini juga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun jadi lebih menghemat waktu serta fleksibel.

Apa Itu Tes Minat Bakat Serta Jenisnya?

Tes minat bakat merupakan tes bisa menganalisa dan menggambarkan kemampuan kognitif. Selain itu, ini juga menjadi jalan pintas untuk Anda ketika nanti akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Karena biasanya akan dibingungkan dengan banyaknya tawaran kejuruan, sehingga harus mengikuti tes bakat terlebih dahulu.

Hal ini guna membantu supaya ketika akan melanjutkan kuliah nanti sudah tahu jurusan mana sesuai dengan bakat dimiliki. Ketika melakukan tes tersebut, maka nanti dapat melihat hasil karakteristik minat bakat.

Biasanya cara ini akan dilakukan oleh siswa, ketika akan melanjutkan studi perguruan tinggi. Langkah ini mempunyai tujuan untuk mengetahui, kemampuan, dan keterampilan seseorang dalam jangka waktu tertentu. Tes bakat ini juga terdapat berbagai jenis seperti dibawah ini.

1. Tes General yang Biasa Digunakan

Tes general ini dikembangkan dari tahun 1940-an dengan tujuan guna memenuhi kebutuhan tes tertentu. Hasil dari ujian tersebut bisa digunakan untuk memahami bakat dan kelemahan seseorang. Sering sekali dilakukan bagi anak SMA dengan tujuan supaya mereka tahu apa bakat yang dimiliki.

2. Tes Kemampuan Diferensial

Tes kemampuan diferensial mulai berkembang pada tahun 1981 dan sudah banyak menggunakan platform tes tersebut. Banyak juga siswa SMA menggunakan tes tersebut, karena bisa memberikan usul mengenai bakat dimiliki seseorang.

Tapi tidak hanya kalangan anak sekolah saja, tes tersebut juga biasa digunakan untuk menyeleksi karyawan baru.

3. Tes Differential Aptitude

Jenis tes minat bakat online ketiga ada differential aptitude. Ya, salah satu platform tes paling banyak digunakan baik dari pendidikan atau pekerjaan. Differential aptitude sendiri telah terbit pada tahun 1947, namun mengalami revisi selama 6 tahun.

Tujuan dan fungsi dari tes differential aptitude ini guna membantu Anda mengetahui bakat apa yang dimiliki. Hingga nanti ketika akan lanjut ke kuliah maka sudah tahu jurusan apa akan diambil. Tes tersebut terdiri dari 8 sub antaranya language usage 1, relation, language usage, dan masih banyak lagi.

4. Tes Flanagan Aptitude Classification

Tes flanagan aptitude classification dikembangkan oleh direktur American dan profesor psikologi JC Flanagan. Namun tes ini dikhususkan untuk seleksi penempatan kerja, keberhasilan kerja, dan konseling pekerjaan. Tes tersebut terdiri dari 14 atau 16 sub dimana hasilnya bisa menentukan seberapa besar potensi dalam pekerjaan.

Mengapa Harus Mengikuti Tes Minat Bakat?

Kenapa, sih, harus mengikuti tes minat bakat? Karena dengan mengikuti tes ini Anda akan memahami keadaan psikologis lebih lengkap khususnya mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, baik dari segi kepribadian dan akademis.

Jadi dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, bisa melakukan perencanaan masa depan. Hal ini sangat perlu sekali karena masa depan ditentukan oleh perencanaan karir Anda hari ini. Kesalahan dalam mengambil keputusan hari ini, akan berdampak pada masa depan diri sendiri baik dari segi karir atau target pekerjaan bahkan cita-cita.

Identifikasi Minat dan Bakat di NS Development!

NS Development menjadi salah satu cara untuk Anda guna melakukan tes minat jurusan kuliah terpercaya dan terbaik di Indonesia. Bahkan juga direkomendasikan dengan sangat, agar sebelum memilih jurusan kuliah, harus melakukan asesmen minat bakat terlebih dahulu ketika belum menentukan jurusan atau program studi.

Untuk waktu tes bakat online ini sekitar 90 menit hingga 120 menit. Namun apabila mengikuti sesi konseling akan mendapatkan penambahan waktu 60 menit. Jadi seluruhnya sekitar 180 menit.

Tes minat bakat harus Anda lakukan agar nanti bisa langsung memahami bakat diri sendiri ketika ingin memilih jurusan program studi.

Tes Minat Bakat Online Untuk Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi