Tips Beli Mobil Bekas Supaya Keuangan Tetap Terjaga – Jika Anda ingin membeli mobil bekas dengan harga yang murah, kami akan membagikan informasinya hari ini. Mulai dari harga Rp. 60 juta ke atas, bisa jadi pilihan yang direkomendasikan. Pertanyaannya sekarang, bijakkah membeli mobil bekas di masa pandemi yang masih belum usai seperti sekarang ini?

Membeli mobil bekas memang bisa menghemat biaya, hanya saja Anda perlu memperhatikan kekurangan mobil tersebut. Oleh karena itu, sebelum Beli Mobil Bekas, pastikan mesin dan fitur mobil tersebut masih bagus untuk digunakan. Kami membeberkan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas agar keuangan Anda tetap terjaga.

Tips Beli Mobil Bekas Supaya Keuangan Tetap Terjaga

Pilih Kendaraan yang Sesuai Dengan Kebutuhan dan Anggaran Anda

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas adalah fitur dan spek mobil yang ada di dalamnya. Jika fitur pada kendaraan tidak diperlukan untuk menunjang mobilitas sehari-hari, maka Anda dapat memilih mobil lain dengan merek terkenal dan kualitas yang baik, serta harga yang lebih terjangkau. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah ketersediaan dan harga suku cadang mobil.

Jangan Habiskan Budget untuk Beli Mobil

Katakan saja, Anda memiliki anggaran sebesar Rp. 120 juta untuk beli mobil bekas. Jadi jangan habiskan semuanya untuk membeli mobil. Mencari mobil yang harganya Rp100 juta sangat banyak, Anda tinggal dating ke showroom untuk memilih mobil mana yang ingin Anda beli.

Tetapi jika Anda ingin membeli mobil bekas pastikan dulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil tersebut. Jangan sampai Anda salah pilih nantinya. Oleh karena itu, carilah mobil bekas yang memiliki fitur bagus dan menarik. Membeli mobil bekas tentunya harus penuh kehati-hatian.

Pastikan Pajak Kendaraan Masih Hidup

Bagaimana jika ada denda pajak? Tentu pengeluaran Anda akan semakin besar. Perhitungan denda pajak kendaraan bermotor adalah:

Denda PKB = biaya PKB x 25% x n/12

Huruf “n” menunjukkan jumlah bulan keterlambatan. Anda dapat menghitung denda berdasarkan bulan keterlambatan.

Perhatikan Dokumen Mobil Harus Lengkap

Sebaiknya Anda membeli kendaraan bekas yang memiliki BPKB dan STNKnya masih hidup. Misalnya, penjual mungkin mengatakan bahwa BPKB tidak ada. Namun bagaimana jika BPKB ternyata di sita ke beberapa perusahaan yang ada saat ini? Mobil yang Anda beli dapat ditarik oleh pihak leasing setiap saat. Jika pajak Anda mati, maka Anda harus membayar denda yang bernilai cukup mahal. Nah, dari sini Anda harus bisa memilih mobil seperti apa yang nantinya akan Anda beli.

Jika Over Kredit, Lakukan Dengan Cara yang Benar

Pembelian ini sah, asalkan tidak curang saat membeli mobilnya. Namun cara ini sangat tidak bagus dari segi hukum, dan ini merupakan perbuatan yang dilarang oleh undang-undang.

Berikan Perlindungan Terbaik untuk Mobil Bekas yang Anda Beli

Jika Anda membelinya secara tunai, kemungkinan besar mobil bekas yang Anda beli tidak ditanggung oleh asuransi mobil. Oleh karena itu, sebagai pemilik baru Anda harus memberikan perlindungan terhadap kendaraan tersebut agar terhindar dari kerugian finansial dari risiko yang timbul sebagai akibatnya.

Untuk itu, Anda bisa memilih jenis asuransi mobil allrisk atau total lost only (TLO) sesuai dengan kebutuhan Anda. Segala risiko akan ditanggung oleh Anda sendiri. Karena mobil yang sudah di beli, akan menjadi tanggung jawab pembeli. Contohnya jika mobil Anda lecet, maka yang akan memperbaiki mobil tersebut adalah Anda.

Jika Anda Tidak Begitu Mengerti Mobil, Konsultasi ke Bengkel Resmi

Hal terakhir yang perlu Anda ketahui saat ingin membeli mobil bekas adalah dengan mengecek kondisi kendaraan. Tapi, bila Anda kurang memahami hal ini, maka bawalah penjual ke bengkel resmi. Dengan adanya laporan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk melakukan negosiasi harga dengan pemilik mobil. Itulah hal-hal yang harus Anda ketahui jika ingin membeli mobil bekas. Nah, pembahasan selanjutnya adalah Harga Avanza Bekas yang banyak orang cari.

Daftar Harga Mobil Avanza Bekas

  • Avanza All New G A/T 2014 Rp150.000.000,-
  • Avanza All New G A/T 2013 Rp.140.000.000,-
  • Avanza All New G A/T 2012 Rp.135.000.000,-
  • Avanza All New E A/T 2014 Rp.135.000.000,-
  • Avanza All New E A/T 2013 Rp.130.000.000,-
  • Avanza All New E A/T 2012 Rp. 125.000.000,-
  • Avanza All New A/T 2012 Rp.145.000.000,-

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang tips Beli Mobil Bekas supaya keuangan tetap terjaga, semoga bermanfaat.