Tips Membeli Laptop Sesuai Kebutuhan

Laptop kini menjadi alat yang sangat dibutuhkan di segala bidang, mulai dari sekolah hingga bekerja. Sebelum membeli laptop sebaiknya ada analisis kebutuhan yang artinya sebelum membeli laptop harus terlebih dahulu memahami tujuan penggunaan laptop, untuk pekerjaan rumah sekolah atau universitas yang membutuhkan laptop standar.

Namun, jika Anda membutuhkan laptop dengan spesifikasi tertentu, seperti laptop untuk mengedit video, gambar, membuat animasi, atau aplikasi khusus yang cukup berat di laptop. Apakah Anda memerlukan spesifikasi laptop khusus, berikut ini beberapa tips memilih laptop sesuai kebutuhan Anda.

Processor

Prosesor adalah otak dari komputer, dan data yang masuk akan diproses di dalam prosesor. Ada dua merek prosesor utama, AMD dan Intel. Mengenai spesifikasi prosesor Intel saat ini, Intel Celeron adalah yang paling rendah digunakan, dan Intel Pentium jarang digunakan karena kecepatan pemrosesan yang tidak cukup.

Prosesor ini juga harus dipilih saat membeli laptop. Jika hanya digunakan untuk tugas sekolah yang membutuhkan pengolah kata, presentasi atau excel, bisa juga menggunakan laptop yang dilengkapi dengan prosesor Intel Celeron, tetapi jika digunakan untuk aktivitas atau bekerja, itu sangat berat, misalnya mengedit video, grafik, animasi, pemrograman, atau game yang membutuhkan pemrosesan cepat.

Direkomendasikan untuk menggunakan prosesor dengan spesifikasi tinggi seperti Intel Core i5, Core i7 dan Core i9. Core i9 ini memberikan performa yang sempurna, dan kelas menengah dapat menggunakan Core i3. Ini juga bisa menjadi pilihan untuk prosesor tipe AMD itu sendiri, karena mereka memberikan kinerja yang hampir sama.

Ram (Random Access Memory)

Yang kedua adalah memori, memori ini akan mempengaruhi kecepatan laptop. Saat laptop dihidupkan atau menjalankan banyak aplikasi, RAM akan berperan di sini.

Jika kapasitas RAM besar, meskipun banyak aplikasi yang dibuka, proses di notebook akan sangat ringan, sebaliknya jika kapasitas RAM kecil, komputer notebook akan melambat ketika membuka beberapa aplikasi besar atau memakan jumlah besar. dari memori.

Misalnya saat mengedit video atau membuka aplikasi multimedia yang biasanya membutuhkan kapasitas memori yang cukup besar. Namun, untuk aplikasi entri data standar, memori sebesar 2 GB sudah cukup.

Jenis VGA

VGA sama pentingnya dan tergantung permintaan. Beberapa aplikasi desain grafis dan editing multimedia membutuhkan spesifikasi VGA yang tinggi, seperti Autocad, Adobe Premier, dll. Aplikasi ini membutuhkan komputer dengan kartu VGA GPU (graphics processing unit), seperti seri Intel, atau Nvidia Quadro.

Baterai

Sumber daya komputer notebook adalah energi listrik yang tersimpan dalam baterai.Masa pakai baterai komputer notebook rata-rata adalah 6-8 jam, tetapi juga tergantung pada penggunaannya.

Untuk itu, Anda harus mengecek kapasitas baterai sebelum membeli laptop.

Konektivitas

Konektivitas di sini seperti port pada laptop, yang dapat dihubungkan ke perangkat pendukung seperti port HDMI, port USB, dan port LAN. Saat ini port USB 3 (USB versi 3) digunakan untuk menggantikan port VGA.

Beberapa laptop yang tidak memiliki port USB 3 tidak akan dapat terhubung ke LCD yang tidak lagi menggunakan kabel HDMI. Jadi sebaiknya pilih yang portnya lengkap. Juga terhubung dengan wifi

Ukuran Laptop

Bagi yang suka dengan gaya simpel, tidak perlu repot untuk membawanya, disarankan untuk memilih notebook yang lebih kecil.

Namun bagi yang tidak suka menonton di lantai kecil, seperti yang terbiasa menonton film atau tidak puas saat terbiasa bekerja, maka bisa memilih laptop 14 inci.

Tentu saja, pilihlah laptop yang ringan agar mudah dibawa.

Kapasitas Hardisk

Hard disk digunakan untuk penyimpanan data, termasuk sistem operasi. Nantinya, harddisk akan dibagi menjadi beberapa bagian sistem operasi dan data pribadi.

Oleh karena itu perlu dipilih harddisk dengan kapasitas yang besar, dan harddisk dengan kapasitas 1 tera sudah banyak digunakan dan beredar di pasaran.

Dengan menggunakan hard disk berkapasitas besar, data yang dapat disimpan juga semakin banyak.

Sumber : lenovoku.com