tutorial seo terbaru

Tutorial SEO Terbaru yang Lengkap dan Cocok untuk Pemula

Ingin belajar SEO dari awal tapi bingung karena belum tahu bagaimana cara cepat memahmi teknik SEO bagi pemula ? Tenang saja, artikel ini akan mengarahkanmu untuk menguasai  dengan cepat tutorial SEO terbaru 2021.

Berbicara tentang SEO memang tidak ada habisnya. Terlebih menginjak akhir tahun seperti sekarang ini. Sebagian besar orang bertanya-tanya bagaimana teknik SEO di tahun 2021 yang masih layak digunakan. Jika sudah paham, pastinya bisa menjadi master SEO dengan mudah.

Seorang internet marketer yang memiliki website bisnis, tentu saja memiliki impian akan websitenya berada di ranking pertama pada mesin pencari. Jika kamu juga memiliki impian yang sama, kuasai terlebih dahulu tutorial SEO terbaru yang akan dibahas pada artikel ini.

Yang harus kamu ingat adalah tidak ada kata berhenti untuk belajar SEO. Hal ini dikarenakan algoritma Google yang selalu mengalami perubahan, strategi SEO pun juga harus ikut diperbarui. Jika tidak, maka sulit bagi website untuk muncul di halaman teratas pada SERP.

Nah, di artikel kali ini kamu akan menemukan bagaimana kamu bisa cepat memahami tentang SEO. Apa itu SEO, konsep dasar SEO dan teknik SEO terbaru yang bisa digunakan untuk pengoptimalan websitemu. Jadi, apa saja tutorial SEO terbaru ? Ini dia uraiannya.

Konsep Dasar SEO

Sebelum mempelajari SEO lebih dalam, ketahui dan pahami terlebih dahulu konsep dasarnya. SEO atau Search Engine Optimization ini merupakan sebuah upaya optimasi website supaya mendapatkan ranking teratas di halaman pencarian Google.

Website yang berhasil meraih posisi pertama pada mesin pencari, ia berpeluang lebih besar mendapatkan pengunjung potensial organik. Hal ini berpedoman pada fakta yang menyebutkan bahwa posisi nomor 1 mendominasi hasil klik 10 kali lipat !

Sayangnya, kita tidak mengetahui bagaimana cara Google bekerja dalam menentukan perangkingan website. Namun, kamu bisa mengintip beberapa indikator utama dari SEO. Apa saja itu ?

Pertama, Google menyukai website dengan loading yang cepat dan kedua Google lebih mengedepankan artikel atau konten yang relevan dan bermanfaat bagi para user. Dan masih banyak faktor lainnya yang bisa kamu ketahui dari tutorial SEO terbaru kali ini.

Optimasi Kecepatan Website

Langkah pertama dalam belajar teknik SEO, yang perlu kamu optimasi terlebih dahulu adalah kecepatan website. Secara umum, teknik SEO dimulai dari optimasi website agar lebih cepat. Karena ini adalah salah satu faktor penentu perankingan website oleh Google.

Bagaimana cara optimasi kecepatan website ? Jangan gunakan asumsimu ! SEO bukanlah hal main-main yang bisa dilakukan dengan perkiraan semata. Apalagi jika optimasi website ini berkaitan dengan bisnis besar yang saat ini sedang kamu jalankan.

Langkah tepatnya, coba lakukan pengecekan menggunakan berbagai tools seperti GTMetrix atau Google PageSpeed Insights. Nah, jika sudah mengetahui hasilnya, sekarang lakukan optimasi sesuai arahan dari tools tersebut.

Namun jika terjadi kendala pada server, alangkah baiknya memastikan kualitas dari hosting dan lokasi server. Jika semuanya optimal, namun masih terjadi kesalahan pada konfigurasi maka segera perbaiki.

Pastikan website sudah dioptimalisasi dengan baik. Sebab, ini adalah syarat utama untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Tutorial SEO terbaru langkah kedua sudah selesai. Jangan lupa pantau terus kecepatan websitemu agar bisa bersaing melawan kompetitor.

Tutorial SEO Terbaru dalam Optimasi Website Supaya Mobile Friendly

Seiring meningkatnya jumlah pengguna smartphone dan akses internet yang lebih banyak dilakukan melalui perangkat mobile, maka optimasi website supaya mobile friendly adalah sebuah keharusan jika kamu tidak ingin kehilangan banyak pelanggan.  

Di era digital saat ini, Google akan lebih mengedepankan website yang mobile friendly untuk dimunculkan di peringkat atas hasil pencarian. Inilah mengapa para pengembang web zaman sekarang lebih menyukai mengoptimasi web agar mobile friendly.

Bagaimana cara optimasinya ? Mudah saja, mulailah dengan memasang tema yang responsif, menggunakan font yang mudah dibaca, sediakan whitespace yang cukup, gunakan AMP (Accerelated Mobile Pages) dan sebagainya.

Tutorial SEO Terbaru dengan Meriset Keyword

Meriset kewyord atau kata kunci menjadi bagian yang tak kalah penting saat belajar SEO. Sebab, riset keyword sangat dibutuhkan saat hendak membuat konten. Membuat konten tanpa melakukan riset kata kunci adalah kesalahan fatal. Mengapa demikian ?

Sebab, dengan meriset keyword akan membantumu memahami apa yang dibutuhkan oleh pengguna. Saat melakukan riset keyword kamu perlu mmeilih keyword yang relevan dan harus memperhatikan beberapa hal seperti search volume, keyword difficulty dan lain-lain.

Lakukanlah riset keyword dengan baik agar kamu mendapat hasil yang lebih optimal nantinya. Dengan melakukan riset keyword berkualitas, kamu jadi mengetahui apa yang terbaik untuk konten website yang akan dimuat.

Membuat Konten dalam Tutorial SEO Terbaru

Setelah berhasil mendapat keyword yang berkualitas dari hasil riset keyword tadi, barulah kamu bisa membuat konten. Membuat konten berkualitas adalah salah satu bagian dari tuitorial SEO terbaru yang menjadi penentu perangkingan website.

Bagaimana bisa ? Sebab, Google akan mengutamakan konten berkualitas yang relevan dan bermanfaat bagi user. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat membuat konten dan penuhi syarat yang ditetapkan oleh Google.

Adapun syarat yang paling utama dan penting untuk dilakukan diantaranya yaitu memastikan konten sudah relevan dengan kebutuhan pengguna. Jika tidak, maka situs webmu tidak mungkin dikunjungi kembali.

Selain itu pastikan konten yang dibuat adalah konten yang unik dengan volume pencarian yang baik. Jangan lupa sertakan informasi yang valid dari sumber yang terpercaya. Buatlah konten yang bermanfaat dan berbeda dari yang lainnya untuk  menarik lebih banyak visitor

SEO On Page

Ini adalah langkah yang lebih mendalam lagi saat belajar SEO. Tutorial SEO terbaru yang harus terus dioptimasi adalah SEO on page. Kamu harus memahami bagian ini supaya lebih maksimal dalam mengoptimalkan website.

tutorial seo terbaru

SEO on page merupakan upaya optimasi yang menekankan pada perbaikan faktor internal atau faktor dari dalam sebuah situs web. Banyak hal yang harus dioptimasi dalam SEO on page ini.

Beberapa langkah SEO on page yaitu penggunaan permalink yang tepat, menuliskan meta title dan meta description yang relevan dengan website bisnsimu. Selain itu melakukan penataan heading dan subheading dengan benar serta penempatan keyword yang tepat.

SEO Off Page

Tutorial SEO terbaru yang terakhir adalah dengan melakukan optimasi off page. Ini berbeda dengan SEO on page, pada langkah SEO off page ini menekankan pada upaya di luar kendali sebuah website. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan optimasi off page yaitu ;

Memperoleh Brand Mention dengan Tutorial SEO Terbaru

Ini merupakan salah satu cara efektif untuk mendatangkan trafik berkualitas. Sebab, Google akan mempertimbangakn website mana yang memperoleh mention di media untuk ditempatkan pada posisi teratas di mesin pencarian

Membuat Profil Google Bisnisku

Upaya optimasi off page satu ini akan membantu bisnismu mudah ditemukan oleh customer yang mencakup informasi tentang deskripsi bisnis, jam operasional, alamat serta foto bisnismu

Melakukan Reviews dengan Tutorial SEO Terbaru

Melakukan Media Sosial Sharing

Demikianlah ulasan singkat tentang tutorial SEO terbaru 2020 yang masih sangat layak digunakan. Bagaimana ? Belajar SEO terbilang sangat mudah, bukan ? Walaupun dunia SEO cukup kompleks namun dengan melakukan langkah yang tepat sesuai tutorial diatas, kamu bisa menggunakan jasa SEO dengan cepat. Selamat belajar ya !