Media sosial saat kini sebagian mempunyai fitur fitur yang memudahkan pengguna untuk berbelanja online dari took maupun brand favorit melalaui sebuah aplikasi. Tiktok Shop ialah salah satu contoh dari beberapa aplikasi lain. Mungkin banyak yang belum tahu fitur ini, dimana seorang pengguna dapat melakukan pembelian barang hanya melalui aplikasi tanpa harus membuka apikasi marketplace.

Sebab dengan fitur ini pembeli dapat menggunakan dengan mudah untuk melakukan pembelian melalui media social tanpa perlu beralih ke aplikasi belanja lainnya. Ditambah pengguna dapat melakukan pembelian barang secara langusng dengan mendapatkan banyak promo diskon seperti gratis ongkir.

 

Keunggulan TiktokShop

Adapun keunggulan dari tiktokshop ialah brand atau pelaku usaha bisa dengan mudah memperluas pasarnnya. Dikarenakan sekarang pengguna aplikasi tiktok bisa dikatakan cukup banyak tapi selain itu masih banyak kelebihan lainnya dari fitur tiktok diantarnya :

     1.      Aplikasi Sosmed Plus Belanja

Sekarang ngga butuh lagi marketplace untuk berbelanja, dengan menggunakan aplikasi tiktok sudah memberikan pengalaman gabungan antara sebuah marketplace dengan socialmedia. Jadi sebagai pengguna cukup menggunakan satu platform saja untuk bermain media social dan berbelanja dengan lebih praktik dan tentunya menarik.

     2.      Banyak Pengguna Aktif

Aplikasi tiktok sendiri memiliki pengguna aktif yang kurang lebih 800 juta pengguan dan rata-rata hampir setiapa hari pasti ada untuk mereka membuka tiktok. Dengan itu aplikasi social media ini yang paling tinggi karena sering dikunjungi. Menggunakan platform tiktok dapat mempromosikan produk misalnya menggunakan hashtag yang sedang trend dan sesuai dengam brand kamu.

     3.      Bisnis Untuk Memperluas Pasar

Salah satu langkah bisnis untuk menjangkau pasar, ialah dengan memakai fitur dari platform tiktok, karena tiktok ialah media social dengan pengguna paling banyak yang sering dikunjungi.

Fitur tiktokshop ini sebenarnya lebih diperuntukkan bagi kalian yang memiliki small business maupun bisnis yang sudah besar agar lebih mudah menjagau konsumen.Tiktok juga sebuah Langkah untuk memaksimalakan jangkauan konten yang dibuat.

Langkah Daftar Menjadi Seller Di TiktokShop

Berminat untuk ikut berjualan di tiktok shop Bersama dengan beberapa keunggulan tadi? Ini dia langkh daftar menjadi seller di tiktok shop:

  • Buka aplikasi Tiktok
  • Setelah itu, lakukan Sign up terlebih dulu, jika memang belum memiliki akun resmi. Anda cukup masukan alamat email atau nomor handphone saja.
  • Kemudian, laman otorisasi akan muncul , bacalah dengan seksama lalu jika setuju dengan Syarat dan ketentuan dari Tiktok, ketika “otorisasikan”
  • Lanjutkan verifikasi lewat email. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode, lalu salin kode tersebut agar bisa melakukan verifikasi email
  • Setelah akun berhasil dibuat, saatnya untuk mempelajari akun Tiktok milik Anda
  • Lakukan beberapa hal dasar seperti mengedit profil, menambahkan produk yang akan dijual dan lain sebagainya
  • Jika sudah selesai, Anda sudah bisa mulai berjualan online lewat fitur ini.

Tips Berjualan Di Tiktok Shop

Apa saja yang harus dilakukan agar produk yang kita tawarkan melalui Tiktok Shop dapat laku keras? Yuk, simak tipsnya :

     1. Mengoptimalkan Katalog Produk

Tab Tiktok Shop di akunmu sama dengan etalase. Sehingga, pastikan tab tersebut dimaksimalkan untuk menarik pelanggan. Saat menambahkan gambar produk, ingat untuk fokus pada kualitas dan gaya. Foto produkmu harus mudah dikenali sebagai ciri khas brand milikmu. Sementara itu, nama produk juga harus sesuai dengan batas karakter, yaitu sebanyak 34 karakter dan wajib menyertakan informasi dasar tentang produk. Penjelasan yang lebih panjang mengenai produk dapat kamu tulis pada bagian deskripsi dengan detail sebanyak mungkin.

     2. Beri tahu audiens tentang TikTok Shop milikmu

        Setelah kamu mendapatkan akses ke TikTok Shop, jangan tunggu hingga audiens menemukan sendiri tab belanja di akunmu. Buat beberapa konten   TikTok khusus yang mengarahkan audiens untuk berbelanja di akunmu

    3. Jangan lupa promosikan produkmu

      Ya, jangan lupa untuk mempromosikan katalog produk setelah kamu memiliki TikTok Shop. Sesekali, sebutkan produkmu melalui konten di Tiktok milikmu. Jangan takut untuk berkreasi dengan gayamu sendiri, audiens tentu tidak akan bosan melihat produk dari katalogmu jika ada sentuhan humor dalam promosi.

     4.      Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan influencer

      Jika kamu tidak berpengalaman dalam mempromosikan produk, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan seseorang yang lebih berpengalaman, seperti influencer. Bekerja sama dengan influencer TikTok adalah cara tepat untuk menjangkau audiens baru. Pastikan agar  influencer yang diajak bekerja sama memiliki citra yang sesuai dengan brand milikmu.

 

Sekian pembahasan mengenai TikTok Shop, mulai dari cara daftar TikTok Shopcara jualan di TikTok Shop, keuntungan berjualan di TikTok Shop, tips berjualan di TikTok Shop. Dengan hadirnya fitur TikTok Shop, pengguna TikTok diharapkan bisa membangun bisnis dan memberi kemudahan berbelanja bagi pengguna yang menginginkan produk yang direkomendasikan oleh para influencer TikTok.

untuk info lebih lanjut, jangan lupa untuk kunjungi juga ukmdigital